sign up SIGN UP

Punya Kadar Air Tinggi, 4 Buah Ini Cocok Dikonsumsi untuk Hadapi Cuaca Panas Seperti Sekarang Ini

Friska Nindi Rianti | Beautynesia
Jumat, 13 May 2022 16:00 WIB
Punya Kadar Air Tinggi, 4 Buah Ini Cocok Dikonsumsi untuk Hadapi Cuaca Panas Seperti Sekarang Ini
caption

Cuaca yang semakin terasa panas belakangan ini membuat tubuh menjadi mudah lemas dan dehidrasi. Untuk itu, kamu perlu menjaga asupan cairan yang cukup agar tubuh tetap bugar dan terhidrasi dengan baik. 

Tidak hanya lewat konsumsi air putih, kamu juga bisa mendapatkan asupan cairan lewat buah-buahan yang memiliki kandungan air tinggi. Mengutip dari laman Egypt Today, berikut deretan buah kaya air yang bisa kamu andalkan untuk melawan cuaca panas!

1. Semangka

buah kaya kadar air
Buah semangka/Foto: Freepik/Valeria Aksakova

Memiliki kandungan air hingga 92%, buah semangka menjadi salah satu buah yang paling cocok dikonsumsi saat cuaca panas. Sebab tidak hanya menyegarkan, buah ini juga dapat membantu mengganti kadar air yang berkurang di dalam tubuh.

Selain itu, semangka juga kaya kandungan nutrisi, seperti serat, vitamin C, vitamin A hingga likopen dan citrulline yang bermanfaat untuk menurunkan resiko penyakit jantung dan menjaga kekebalan tubuh.

2. Melon

buah kaya air
Buah melon/Foto: Freepik/Kamranaydinov

Melon merupakan buah rendah kalori yang memiliki kandungan air hingga 90%. Cocok dinikmati saat cuaca terik, buah ini juga kaya kandungan serat, vitamin A dan C, serta zat flavonoid sebagai antioksidan yang dikenal baik untuk menjaga kesehatan tubuh dan kulit.

3. Nanas

buah kaya air
Buah nanas/Foto: Freepik/8photo

Buah nanas tidak hanya menyegarkan dengan kandungan airnya yang mencapai 87%, namun juga memiliki rasa manis dan asam membuatnya nikmat dikonsumsi saat cuaca panas.

Untuk kandungan nutrisinya, buah ini kaya akan vitamin C yang baik untuk menjaga kekebalan tubuh, serat untuk memperlancar sistem pencernaan, serta mangan yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang.

4. Mangga

buah kaya air
Buah mangga/Foto: Freepik/Boyarkinamarina

Buah tropis yang satu ini juga ternyata memiliki kandungan air yang cukup tinggi, yakni mencapai 83%. Selain dapat membantu menghidrasi tubuh, buah ini juga baik untuk meningkatkan kesehatan mata karena mengandung carotenoid, lutein dan zeaxanthin, serta dapat membantu melancarkan pencernaan dan menurunkan kadar kolesterol dengan kandungan seratnya yang tinggi.

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id