sign up SIGN UP

Meski Terkenal Bikin Berat Badan Naik, 5 Dessert Ini Juga Ada Manfaatnya Bagi Kesehatan, lho!

Salsabila Pratiwi | Beautynesia
Kamis, 02 Jun 2022 23:30 WIB
Meski Terkenal Bikin Berat Badan Naik, 5 Dessert Ini Juga Ada Manfaatnya Bagi Kesehatan, lho!
caption

Lezat dan manis, dessert terkenal menjadi salah satu makanan pantangan, terutama untuk kamu yang sedang berusaha menurunkan berat badan. Sebab, walaupun lezat, dessert dikenal memiliki lemak dan kalori yang berlebih. 

Tapi sekarang, beberapa pilihan dessert yang mungkin kamu takuti, tetap bisa kamu nikmati tanpa rasa khawatir, Beauties! Dengan catatan, makan dengan porsi kecil dan yang mengandung campuran protein, lemak sehat dan rendah gula.

Jangan lagi merasa bersalah karena dessert berikut ini ternyata jauh lebih sehat dari yang kamu bayangkan. Penasaran? Dirangkum dari Health Digest, yuk simak ulasannya!

Ice Cream Sandwich

Terkenal Bikin Berat Badan Naik, 5 Makanan Manis Ini Ada Manfaatnya Bagi Kesehatan, lho!
Sandwich Ice Cream/Foto: pexels.com/Karolina Grabowska

Sandwich es krim memang mengandung dua bahan tinggi lemak yaitu es krim dan wafer kuenya. Tetapi menggabungkan keduanya ternyata memiliki manfaat besar daripada memakan hanya salah satunya dalam porsi besar, lho!

Es krim yang digunakan dalam sandwich juga berperan penting. Es krim rendah kalori dan gula mengandung 50 persen lebih sedikit lemak atau 33 persen lebih sedikit kalori daripada es krim biasa. 

Lalu, dikutip dari Healthy Digest, ahli diet Sarah Haas merekomendasikan untuk mengambil langkah lebih sehat dengan membuat sandwich es krim sendiri di rumah karena memungkinkan kamu untuk mengontrol bahan-bahan ukuran dan porsi yang tepat.

Es Buah Beku

Terkenal Bikin Berat Badan Naik, 5 Makanan Manis Ini Ada Manfaatnya Bagi Kesehatan, lho!
Es Buah Beku/Foto: pexels.com/Snack Toronto

Sebagian besar buah mengandung gula alami dalam jumlah tinggi. Buah juga mengandung serat, yang membuatmu kenyang dan mencegah makan berlebihan. Bukan hanya itu, bahkan setiap buah memiliki kandungan berbagai vitamin, mineral, dan antioksidan.

Ahli diet menyarankan untuk memilih jenis es krim buah yang dibuat dengan air dengan buah ataupun puree buah. Sangat mudah membuatnya, hanya dengan mencampur dua cangkir buah beku dengan seperempat cangkir jus apel, beberapa sendok makan madu, dan perasan lemon. Tambahkan sejumput garam dan bekukan dalam cetakan es setidaknya selama lima jam.

Banana Split

Terkenal Bikin Berat Badan Naik, 5 Makanan Manis Ini Ada Manfaatnya Bagi Kesehatan, lho!
Banana Split/Foto: pexels.com/Piriyonel

Pisang memang kaya akan nutrisi, tetapi dalam konteks banana split mungkin akan sedikit membingungkan karena berisi es krim dan whip cream. Es krim vanila dan whip cream adalah makanan berlemak tinggi. Jadi, walaupun pisang memiliki nutrisi tinggi seperti  serat, potassium, dan vitamin C, topping dari banana split haruslah diganti. 

Alih-alih memilih topping pisang dengan topping ice cream dan whip cream yang memiliki lemak tinggi, coba gunakan yogurt rendah lemak, kepingan cokelat hitam, dan ceri segar. Tetap lezat namun juga sehat!

Frozen Yogurt

Terkenal Bikin Berat Badan Naik, 5 Makanan Manis Ini Ada Manfaatnya Bagi Kesehatan, lho!
Frozen Yogurt/Foto: pexels.com/Nicola Barts

Yogurt beku yang sehat bisa dibuat dengan susu murni atau bahkan susu skim, sehingga bebas lemak. Yoghurt beku ini juga cenderung memiliki lebih sedikit kalori dan mengandung probiotik bermanfaat yang tidak ditemukan dalam es krim pada umumnya. Agar semakin sehat, pilihlah topping seperti buah segar dan kacang-kacangan daripada menambah pilihan cokelat dan permen yang tinggi gula.

Cheese Cake

Terkenal Bikin Berat Badan Naik, 5 Makanan Manis Ini Ada Manfaatnya Bagi Kesehatan, lho!
Chesee Cake/Foto: pexels.com/Suzy Hazelwood

Dilansir dari media Health, satu potong cheese cake ala New York dengan saus stroberi mengandung 891 kalori, 60 gram lemak (33 di antaranya adalah lemak jenuh), dan 75 gram karbohidrat. Mungkin rasanya enak, tapi tidak terlalu baik untuk kesehatanmu, Beauties!

Untuk membuat cheese cake lebih sehat, pertama, pilihlah loyang yang lebih kecil seperti loyang muffin mini untuk menjaga kalori lebih rendah. Kemudian pembuatan cheese cake bisa dibuat dengan krim keju rendah lemak dan mengganti gula dengan stevia, pemanis bebas kalori serta menggunakan minyak kelapa sebagai pengganti mentega.

Ternyata makanan manis yang mungkin jadi favoritmu masih bisa kamu nikmati dengan aman karena kamu tetap menjaga kesehatan dengan cara yang telah dijelaskan di atas. Kamu juga perlu membatasi agar tidak makan dengan porsi yang berlebih, ya. Have a healthy life, have a good life! 

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id