STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Dikira Sehat, 5 Kebiasaan Ini Justru Bisa Bikin Berat Badan Naik! Apa Saja?

Nadya Quamila | Beautynesia
Selasa, 29 Mar 2022 16:30 WIB
Dikira Sehat, 5 Kebiasaan Ini Justru Bisa Bikin Berat Badan Naik! Apa Saja?

Beauties, apakah kamu sudah berusaha keras untuk menurunkan berat badan namun belum mendapatkan hasil yang maksimal? Padahal mungkin kamu sudah menjalankan segala kebiasaan sehat yang dinilai bisa membantu menurunkan berat badan. Well, bisa jadi titik kesalahannya ada di 'kebiasaan sehat' ini, Beauties!

Semakin canggih teknologi, semakin berkembang pula metode sains dan penelitian. Hal ini berdampak pada semua aspek kehidupan, termasuk kesehatan. Apa yang mungkin kamu pikir sehat beberapa dekade yang lalu, kini bisa saja sudah tidak berlaku lagi.

Sama halnya ketika berbicara soal berat badan. Mungkin kamu sudah makan sehat, namun berat badan tak kunjung turun. Bisa jadi karena 'sehat' yang kamu lakukan sebenarnya salah.

Untuk mendapat pemahaman yang jelas, berikut beberapa kebiasaan yang dianggap sehat namun sebenarnya bisa bikin berat badan naik. Dihimpun dari Eat This, Not That!, yuk simak!

Terlalu Sering Olahraga

Ilustrasi olahraga/ Foto: Freepik.comIlustrasi olahraga/ Foto: Freepik.com

Olahraga memegang peranan penting ketika kamu sedang diet. Adalah hal yang baik jika kamu rutin berolahraga, namun terlalu sering berolahraga juga bukan hal yang baik.

Jika kamu menghabiskan seluruh waktu luang untuk berolahraga, kamu tidak memberikan cukup waktu bagi tubuh untuk pulih dan dapat meningkatkan risiko cedera. Pakar kebugaran dan nutrisi Jay Cardiello, menyarankan untuk memberi waktu istirahat untuk tubuh. Misalnya dengan libur olahraga satu atau dua hari per minggu.

Mengonsumsi Camilan 'Sehat'

Kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan berbagai jenis camilan sehat yang kini tersedia di pasaran. Biasanya, mereka menjual kalimat seperti "mengandung gandum utuh", "bebas gluten", atau "rendah lemak".

Kamu mungkin mengandalkan camilan 'sehat' tersebut untuk mengganjal perut demi tubuh langsing. Padahal, makanan tersebut sebenarnya mengandung lebih banyak pemanis, lho. Oleh karena itu, ada baiknya kamu ubah konsumsi camilan tersebut dengan camilan yang memang alami dan menyehatkan, contohnya seperti buah-buahan.

Melewatkan Waktu Tidur untuk Olahraga di Pagi Hari

Stop BegadangIlustrasi tidur/Foto: Pexels.com/Miriam Alonso

Berolahraga di pagi hari adalah cara yang baik untuk meningkatkan energi dan memulai hari dengan sehat. Namun, jika kamu bangun di pagi hari, misal pukul 5 pagi, namun tidak tidur sampai tengah malam, kamu bisa kehilangan waktu tidur yang penting. Singkatnya, kamu kekurangan tidur.

Jika sedang diet dan tidur kurang dari lima jam, kemungkinan kamu akan memiliki lemak perut lebih banyak, menurut penelitian dari Wake Forest. Jadi, jika kamu ingin berolahraga di pagi hari, pastikan kamu tidak begadang dan mendapatkan tidur yang cukup minimal 8 jam.

Makan Makanan Sehat dalam Porsi Berlebih

Penuhi kebutuhan nutrisi tubuh untuk meningkatkan daya ingat, perbanyak konsumsi sayur, buah dan gandum utuh/Foto: pexels.com/Karolina GrabowskaIlustrasi makan sayur/Foto: Pexels.com/Karolina Grabowska

Hanya karena makanan kamu adalah makanan sehat, bukan berarti kamu bisa mengonsumsinya secara berlebihan ya, Beauties! Harus diingat, bahkan makanan yang sehat pun bisa memiliki kalori.

Contohnya, jika kamu makan alpukat, oatmeal, dan ayam secara berlebihan, tentu bisa menambah berat badan. Oleh karena itu disarankan untuk mengisi setengah dari piring dengan sayuran, porsi protein tanpa lemak seukuran ponsel, porsi biji-bijian seukuran kepalan tangan, dan sedikit lemak seukuran jari telunjuk.

Tidak Mengonsumsi Makanan Manis Sama Sekali

Kepribadian penyuka makanan manisIlustrasi camilan manis/Foto: Freepik.com/ wayhomestudio/

Ketika diet, kamu mungkin akan menolak menyantap dessert atau makanan manis kesukaan. Tidak mengonsumsi makanan manis memang akan menghindarkan kamu dari kalori dan gula berlebih.

Namun, jika kamu terus-menerus menolak menyantap makanan manis, dikhawatirkan suatu hari kamu akan 'meledak' dan menyantapnya secara berlebihan, di mana bisa berakibat pada penambahan berat badan. Atau mungkin, kamu lebih memilih 'versi sehat' dari dessert favorit, namun itu akan membuatmu kurang puas saat menyantapnya.

Jadi, tidak apa jika sesekali kamu memakan dessert favorit. Namun, jangan berlebihan dan jangan terlalu sering ya, Beauties!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE