sign up SIGN UP

Cara Mengurangi Rasa Cemas yang Terkadang Datang Melanda, Sederhana Saja Kok!

Iftifani Sayyida Asausan | Beautynesia
Selasa, 28 Jun 2022 22:30 WIB
Cara Mengurangi Rasa Cemas yang Terkadang Datang Melanda, Sederhana Saja Kok!
caption

Semua orang pasti merasa cemas, apalagi ketika orang tersebut menghadapi sebuah situasi yang menegangkan. Hari pertama sekolah, hari pertama bekerja, melakukan presentasi, atau wawancara kerja merupakan situasi yang bisa menyebabkan seseorang merasa cemas.

Dilansir dari Healthline, rasa cemas yang normal akan hilang ketika situasi menegangkan tersebut selesai. Apabila rasa cemas tersebut selalu muncul tanpa alasan dan mengganggu aktivitasmu, bisa jadi itu adalah gejala gangguan kecemasan.

Untuk membantu mengatasi rasa cemas dan mulai menguranginya, kamu bisa melakukan beberapa hal di bawah ini. Yuk simak selengkapnya ya, Beauties!

1. Meditasi dan Melatih Pernafasan

Cara Mengurangi Kecemasan
Meditasi dan melatih pernafasan/Foto: pexels.com/Oleksandr Pidvalnyi

Meditasi adalah salah satu bentuk latihan untuk memfokuskan pikiran, meditasi diharapkan bisa membantumu untuk menjerninhkan dan menenangkan pikiran. Melalui meditasi, kamu bisa belajar untuk mindful. Mindfulness adalah fokus dengan hidup dan situasi saat ini, tanpa khawatir berlebihan dengan masa depan ataupun masa lalu.

Kamu juga bisa belajar mengatur pernafasan ketika melakukan meditasi. Salah satu teknik yang umum adalah teknik pernafasan 4 4 4, caranya kamu mengambil nafas perlahan selama 4 detik, menahannya selama 4 detik, dan menghembuskannya perlahan selama 4 detik.

Jika kamu kesulitan memulai meditasi, kamu bisa mencari panduan meditasi di YouTube atau aplikasi di smartphonemu.

2. Beraktivitas di Luar Rumah

Cara Mengurangi Kecemasan
Menghabiskan waktu diluar rumah/Foto: pexels.com/Ron Lach

Membuat tubuhmu bergerak dan berganti suasana juga bisa membantu mengurangi rasa cemas. Kamu bisa berolahraga dengan jogging, atau hanya sekedar berjalan kaki dan bersepeda.

Menurut Headspace, berjalan-jalan mampu membantu mengalihkan pikiran dan mengurangi otot yang tegang. Setiap hal kecil yang membuat tubuhmu bergerak akan sangat berarti untuk memperbaiki suasana hati. Meskipun hanya 10 menit, ini tetap bisa membuat perbedaan untuk rasa cemasmu.

3. Menghabiskan Waktu Bersama Teman Dekat dan Keluarga

Cara Mengurangi Kecemasan
Menghabiskan waktu dengan orang terdekat/Foto: pexels.com/Mental Health America

Dikutip dari Healthline, sebuah penelitian yang dilakukan pada mahasiswa Amerika Latin yang menerima sedikit dukungan dari teman dan keluarganya cenderung menunjukkan perasaan kesepian dan gejala depresi. Maka memiliki dukungan dari lingkungan sekitarmu dapat membantu meningkatkan kesehatan mentalmu dan mengurangi rasa cemas yang muncul.

Kamu bisa bercerita tentang kecemasanmu tapi pastikan kamu memilih orang yang tepat ya Beauties. Pilihlah teman atau keluarga yang kamu percaya dan aware dengan kesehatan mental dan sekiranya bisa memberikan respon positif untuk hal yang kamu ceritakan. Kamu juga bisa mencari grup komunitas tentang kesehatan mental.

4. Mengurangi Asupan Kafein

Cara Mengurangi Kecemasan
Mengurangi kafein/Foto: pexels.com/Andrea Piacquadio

Mengonsumsi terlalu banyak kafein juga bisa membuat rasa cemasmu makin menjadi lho, Beauties. Menurut Dr. Rashmi Goyal, seorang dokter spesialis Pusat Medis Universitas Toledo melalui Prevention menyatakan bahwa 400mg kafein atau sekitar 4 cangkir kopi dapat memunculkan gejala kecemasan.

Selain kopi, kafein juga dapat didapatkan dari teh. Salah satu teh yang baik dikonsumsi adalah teh chamomile. Menurut Insider, teh chamomile mengandung apigenin yang memiliki efek seperti benzodiazepines, sebuah obat untuk anti-anxiety.

Apabila rasa cemas yang kamu rasakan terjadi terus menerus dalam waktu yang lama, sebaiknya kamu segera mencari pertolongan profesional. Sehat selalu ya, Beauties!

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id