sign up SIGN UP

Minum Air Dingin Vs Air Panas, Mana yang Paling Baik Untuk Pencernaan?

Shinta Khoiru Nikmah | Beautynesia
Sabtu, 07 May 2022 13:30 WIB
Minum Air Dingin Vs Air Panas, Mana yang Paling Baik Untuk Pencernaan?
caption

Diantara banyaknya temanmu yang suka memesan minuman dingin saat nongkrong, kamu mungkin menjadi satu-satunya yang selalu memesan minuman panas atau hangat.

Jika ditanya, kamu memiliki dalih bahwa minuman panas lebih baik untuk tubuh terutama organ pencernaan. Namun benarkah anggapanmu tersebut, bahwa air panas lebih bagus untuk pencernaan dibandingkan dengan air dingin?

Simak ulasannya berikut ini ya.

Air Panas Bagus Untuk Pencernaan

Air panas
Air panas/ Foto: freepik.com/freepik

Anggapan bahwa air panas bagus untuk proses pencernaan memang benar adanya, Beauties. Hal tersebut dilansir dari laman Medical News Today, bahwa minum air panas membantu memecah makanan lebih cepat daripada minum air dingin atau air hangat. Minum air panas juga bisa mengurangi risiko sembelit dengan mendukung buang air besar secara teratur.

Tidak hanya itu, minum air panas juga mendatangkan manfaat lain bagi tubuh. Manfaat tersebut antara lain meningkatkan sirkulasi dalam tubuh, membantu memerangi flu, mengurangi rasa sakit, bahkan membantu menurunkan berat badan.

Apakah Air Dingin Buruk Untuk Pencernaan?

Air dingin
Air dingin/ Foto: freepik.com/azerbaijan_stockers

Faktanya, belum banyak penelitian yang bisa membuktikan bahwa air dingin berdampak buruk untuk pencernaan. Hal tersebut dikutip dari laman Eat This, Not That! bahwa belum ada cukup bukti ilmiah untuk membuat klaim bahwa air es dingin buruk bagi kamu.

Pun kabar bahwa air dingin bisa membekukan lemak pada tubuh sehingga membuatmu mudah gemuk, hanyalah mitos belaka. Sebab tubuh akan menyesuaikan suhu air dingin yang masuk ke dalam sistem pencernaan. 

Terkait bertambahnya berat badan, baik air putih hangat dan dingin tetap nol kalori, Beauties.

Waktu Terbaik Minum Air Dingin

Minum air dingin
Minum air dingin/ Foto: freepik.com/jcomp

Beberapa orang mungkin sedikit khawatir untuk minum air dingin karena bisa memicu beberapa kondisi seperti pilek. Padahal, asalkan kondisi tubuh sehat dan tidak memiliki riwayat migrain atau kondisi kronis lain yang berkaitan dengan pencernaan, kamu tetap diperbolehkan untuk minum air dingin. 

Melansir dari laman Healthline, air dingin memiliki manfaat yang sama dengan air biasa dengan suhu kamar. Salah satu waktu terbaik yang bisa kamu pilih untuk minum air dingin adalah ketika kamu selesai berolahraga, di mana air dingin bisa membantu menurunkan suhu tubuh dan segera menggantikan cairan tubuh yang hilang selama berolahraga.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id