sign up SIGN UP

Tanpa Disadari, 6 Ritual Simpel Pagi Ini Ternyata Efektif Menurunkan Berat Badan Lho, Beauties!

Ratih Dewi | Beautynesia
Rabu, 13 Apr 2022 07:45 WIB
Tanpa Disadari, 6 Ritual Simpel Pagi Ini Ternyata Efektif Menurunkan Berat Badan Lho, Beauties!
caption

Menjaga berat badan tetap ideal bukanlah hal yang mudah. Beberapa dari kita ada yang perlu menurunkan atau meningkatkan berat badan. Diperlukan kerja keras, dedikasi, dan komitmen untuk mempertahankan berat badan yang kita inginkan.

Tidak harus melakukan diet ketat atau pola makan tertentu, faktanya beberapa ritual yang kita lakukan di pagi hari dapat membantu menurunkan berat badan yang sering kali tidak kita sadari. Penasaran ritual pagi apa yang dapat menurunkan berat badan? Yuk, kita simak artikel di bawah ini.  

1. Minum Banyak Air 

Minum Banyak Air
Minum Banyak Air/Foto : pexels.com/Andrea Piacquadio

Mengutip dari laman Food NDTV, minum banyak air di pagi hari terutama air hangat dapat membantu membersihkan sistem pencernaan dan meningkatkan metabolisme tubuh. Satu atau dua gelas air putih sebelum sarapan dapat berpengaruh pada penurunan berat badan, Beauties.

Air putih dinilai tidak memiliki kalori yang terkandung di dalamnya, namun dapat mempengaruhi nafsu makan. Jadi, mengkonsumsi banyak air putih memungkinkan kita tidak ingin sarapan besar setelahnya serta dapat membantu membakar kalori. 

2. Berjemur Sinar Matahari 

Berjemur Sinar Matahari
Berjemur Sinar Matahari/Foto : pexels.com/Anna Nekrashevich

Selain meningkatkan imunitas tubuh, berjemur di bawah sinar matahari juga berpengaruh pada penurunan berat badan lho, Beauties. Sinar matahari dapat menyeimbangkan energi dan hormon yang membuat kita sering lapar. 

Hal ini pula yang membantu membakar lemak dan menurunkan berat badan dengan mudah. Cobalah untuk berjemur di bawah sinar matahari selama 10 - 15 menit per harinya. Demikian yang dilansir dari laman First Post.

3. Bermeditasi dengan Rutin

Bermeditasi dengan Rutin
Bermeditasi dengan Rutin/Foto : pexels.com/Valeria Ushakova

Ketika kita sedang stres, tubuh akan melepaskan hormon kortisol yang merupakan hormon stres. Kortisol cenderung dapat menyebabkan penambahan berat badan, seperti yang dilansir dari laman Health Shots.

Menurut American Psychological Association, meditasi dapat membantu mengurangi stres, meningkatkan energi, daya ingat, dan membuat kita lebih fokus ketika beraktivitas. 

Hindari juga sarapan sambil menonton televisi atau bermain ponsel, cobalah untuk menikmati sarapan dengan tenang. Hal ini dapat membantu kita makan lebih sedikit dan menurunkan berat badan. 

4. Sarapan Berprotein Tinggi

Sarapan Berprotein Tinggi
Sarapan Berprotein Tinggi/Foto : pexels.com/Jill Wellington

Tidak ada alasan untuk melewatkan sarapan ketika kita sedang menurunkan berat badan ya, Beauties! Sarapan merupakan hal penting untuk mengisi energi dan mengatur aktivitas tubuh sampai jam makan siang nanti.

Dilansir dari laman Healthline, sarapan berprotein tinggi dapat membantu menurunkan berat badan dan mengurangi keinginan mengidam makanan lainnya setelah sarapan. Selain itu, protein juga berperan dalam meningkatkan nafsu makan. 

Telur, yogurt, kacang-kacangan, merupakan sumber makanan berprotein tinggi yang bisa Beauties olah menjadi menu sarapan yang enak dan bergizi. 

5. Olahraga Sebelum Sarapan

Olahraga Sebelum Sarapan
Olahraga Sebelum Sarapan/Foto : pexels.com/mentatdgt

Olahraga dengan perut yang kosong dapat membantu kita mendapatkan hasil yang lebih baik dan lebih cepat membakar lemak tubuh, seperti yang dilansir dari laman WebMD. Lakukanlah olahraga ringan seperti berjalan santai, jogging, bersepeda, atau gerakan senam yang mudah secara konsisten.

6. Konsumsi Secangkir Teh atau Kopi

Konsumsi Secangkir Teh atau Kopi
Konsumsi Secangkir Teh atau Kopi/Foto : pexels.com/cottonbro

Mengkonsumsi teh, terutama teh hijau di pagi hari dapat mengurangi lemak dalam tubuh dan berpengaruh pada penurunan berat badan. Hal ini dikarenakan teh hijau mengandung katekin yang merupakan senyawa antioksidan. Demikian yang dilansir dari laman Fiton.

Selain kaya akan antioksidan, teh hijau juga dapat mengurangi risiko obesitas dan penyakit jantung. Buat Beauties yang terbiasa minum kopi di pagi hari juga tidak perlu khawatir. Kafein pada kopi dapat meningkatkan metabolisme tubuh. 

Namun perlu diperhatikan kandungan gula pada kopi, ya. The American Heart Association, menyarankan tidak lebih dari 9 sendok gula per hari. 

----------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id