STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Mulut Bau Saat Bangun Tidur? Ini Dia Penyebabnya!

Rumaysha Milhania | Beautynesia
Minggu, 01 Nov 2020 07:30 WIB
Mulut Bau Saat Bangun Tidur? Ini Dia Penyebabnya!

Sudah menjadi hal yang biasa memang jika seseorang mendapatkan mulutnya bau dan terasa tidak nyaman saat bangun tidur. Namun, tahukah kamu jika itu sebenarnya bisa dihindari jika kamu bisa dengan baik menghindari penyebab bau mulut. Gaya hidup seseorang dapat meningkatkan risiko bakteri jahat saat kamu mengonsumsi makanan seperti bawang, obat-obatan, dan merokok. Ketika semua bakteri ini dibiarkan selama delapan jam saat tidur, mereka akan berubah menjadi bau mulut.

Jadi, jangan khawatir. Napas pagi yang bau itu normal. Tentu ini berbeda dengan halitosis, yang merupakan kondisi bau mulut kronis yang tidak dapat kamu atasi dengan sikat dan obat kumur yang baik. Melansir dari Everyday Health, berikut beberapa penyebab yang dapat membuat kamu bau mulut di pagi hari.

Makanan tertentu lebih memicu bau mulut daripada yang lain - seperti bawang merah, bawang putih, dan rempah-rempah lainnya.
Bau Mulut/ Sumber: Freepik.com

Makanan

Makanan tertentu lebih memicu bau mulut daripada yang lain - seperti bawang merah, bawang putih, dan rempah-rempah lainnya. Kamu dapat meningkatkan kemungkinan bau mulut dipagi hari jika memakan makanan ini menjelang waktu tidur.

Mulut kering

Air liur - atau ludah - adalah pembersih dan pewangi alami mulut Anda. Ini membantu memecah bakteri dan membersihkan partikel makanan yang tertinggal setelah makan. Produksi air liur menurun secara alami selama kamu tidur, bagi kamu yang memiliki mulut kering akan mengalami penurunan air liur yang lebih besar. Sedikitnya air liur yang ada untuk membersihkan mulut kamu, akan menyebabkan bakteri-bakteri akan berkembang biak.

Sebagian besar dari kita sadar bahwa menyikat gigi dua kali sehari sangat penting untuk perawatan mulut yang baik.
Penyebab Bau Mulut/ Sumber: Freepik.com

Kebersihan Mulut yang Buruk

Sebagian besar dari kita sadar bahwa menyikat gigi dua kali sehari sangat penting untuk perawatan mulut yang baik. Namun, tidak menyikat gigi - terutama sebelum tidur - dapat meninggalkan partikel makanan di mulut yang akan menambah bau mulut. Tanpa rajin menyikat dan membersihkan gigi, tentu kamu dapat mengembangkan masalah bau mulut dan penyakit gusi.

Obat-obatan

Beberapa obat menyebabkan mulut kering hingga dapat menyebabkan bau mulut. Selain itu, obat-obatan tertentu yang dicerna di dalam tubuh dapat mengeluarkan bau ke mulut.

Pernapasan Melalui Mulut

Ini merupakan penyebab mulut kering lainnya. Jika kamu bangun dengan mulut atau lidah yang sangat kering, atau tenggorokan yang teriritasi, kamu mungkin bernapas melalui mulut. Penyakit seperti sinus dan gangguan tidur seringkali membuat kamu bernapas melalui mulut.

Jika kamu merokok itu berarti kamu menyimpan partikel asap di paru-paru dan tenggorokan. Selain itu, bahan kimia dalam tembakau dari rokok juga dapat bertahan di mulut  beberapa jam hanya dengan satu kali merokok.
Merokok Menyebabkan Bau Mulut/ Sumber: Freepik.com

Rokok

Jika kamu merokok itu berarti kamu menyimpan partikel asap di paru-paru dan tenggorokan. Selain itu, bahan kimia dalam tembakau dari rokok juga dapat bertahan di mulut  beberapa jam hanya dengan satu kali merokok. Merokok juga meningkatkan kemungkinan terkena penyakit gusi. Selain bahayanya sendiri, penyakit gusi menambah bau mulut.

Itulah beberapa penyebab masalah bau mulut yang harus kamu antisipasi. Semoga informasi ini bermanfaat, ya!

(arm2/arm2)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE