sign up SIGN UP

Nggak Banyak Disukai, Ternyata Ini 5 Manfaat Jantung Pisang untuk Kesehatan

Natasha Riyandani | Beautynesia
Rabu, 06 Jul 2022 08:00 WIB
Nggak Banyak Disukai, Ternyata Ini 5 Manfaat Jantung Pisang untuk Kesehatan
caption

Buah pisang kerap dikonsumsi sebagai buah yang dapat mengenyangkan saat diet. Tak hanya buahnya yang dapat dikonsumsi, ternyata jantung pisang juga bisa dimakan.

Jantung pisang dapat memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan dan mengobati berbagai penyakit. Namun, tak banyak yang mengetahui manfaat dari bagian pohon pisang satu ini. Untuk mengonsumsinya, Beauties dapat mengolahnya menjadi masakan yang lezat lho.

Jantung pisang sendiri merupakan calon dari buah pisang yang belum mekar. Terdiri dari kulit luar yang berwarna merah gelap dan dalamnya yang berwarna putih kekuningan. Serta memiliki beberapa kandungan yang bermanfaat untuk tubuh.

Mengutip dari berbagai sumber, salah satunya Healthline, berikut adalah manfaat dari jantung pisang untuk kesehatan tubuh yang jarang diketahui. Simak yuk!

1. Menurunkan Kadar Kolesterol dan Gula Darah

Jantung pisang berguna untuk menurunkan kadar kolesterol
Ilustrasi Kadar Kolesterol Rendah/ Foto: Freepik.com/author/senivpetro

Jantung pisang memiliki beberapa senyawa di dalamnya yang dapat membantu menurunkan kolesterol tinggi dan kadar gula darah. Senyawa sterol pada tumbuhan yang dipercaya dapat membantu mencegah penyerapan kolesterol dari usus. Sehingga, mengolah jantung pisang menjadi hidangan lezat dapat dilakukan untuk kesehatan ya, Beauties.

2. Membantu Kesehatan Usus dan Pencernaan

Jantung pisang berguna untuk melancarkan pencernaan
Ilustrasi Pencernaan Lancar/ Foto: Freepik.com/author/wayhomestudio

Kaya akan serat yang tak larut air, jantung pisang dapat meningkatkan kesehatan pencernaan. Asupan serat dapat meningkatkan mikrobioma usus agar terhindar dari bakteri, virus dan jamur.

Selain itu, serat mampu untuk membantu meningkatkan jumlah bakteri baik di usus yang dapat mencegah penyakit pencernaan seperti sembelit, maag, maupun kanker usus.

3. Mencegah Pengeroposan Tulang

Jantung pisang berguna untuk mengatasi pengeroposan tulang
Ilustrasi Sakit Punggung/ Foto: Freepik.com/author/yanalya

Diolah secara tradisional, jantung pisang dipercaya dapat digunakan untuk meringankan ketidaknyamanan sendi yang diakibatkan oleh pengeroposan tulang. Jantung pisang juga memiliki sumber seng yang tinggi dan dapat membantu mencegah keropos pada tulang.

4. Sebagai Anti Depresi

Jantung pisang berguna sebagai makanan peningkat mood
Ilustrasi Seseorang Sedang Tidak Mood/ Foto: Freepik.com/author/jcomp

Mengonsumsi jantung pisang dipercaya dapat menjadi obat anti-depresi alami, lho. Hal tersebut karena jantung pisang kaya akan magnesium dan antioksidan yang dapat meningkatkan mood dan menurunkan tingkat stres.

Wah, tertarik untuk cobain nggak nih, Beauties?

5. Menangkal Radikal Bebas

Jantung pisang berguna untuk menangkal radikal bebas
Ilustrasi Paparan Sinar UV/ Foto: Freepik.com/author/freepik

Radikal bebas dapat menyerang sel-sel sehat dan merusaknya yang menyebabkan berbagai penyakit pada tubuh seperti jantung, kanker, dan penuaan kulit. Namun, kandungan antioksidan pada jantung pisang berguna untuk menangkal radikal bebas dan mencegah perusakan pada kulit.

Beauties, itu dia deretan manfaat jantung pisang untuk kesehatan. Bagaimana, kamu tertarik mencobanya setelah ini?

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id