STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600

4 Kebiasaan Minum yang Bikin Kamu Kelihatan Lebih Awet Muda, Sudah Pernah Coba?

Aqida Widya Kusmutiarani | Beautynesia
Senin, 04 Jul 2022 08:45 WIB
4 Kebiasaan Minum yang Bikin Kamu Kelihatan Lebih Awet Muda, Sudah Pernah Coba?

Seiring bertambahnya usia, tanda-tanda penuaan akan mulai terlihat pada kulit. Namun, bukan hal yang mustahil untuk memiliki penampilan yang awet muda. Sebab, ada banyak cara yang bisa kamu lakukan. 

Selain menggunakan skincare secara rutin, melakukan perawatan kulit di klinik kecantikan, memperbanyak konsumsi makanan kaya antioksidan, dan berolahraga, kebiasaan minum juga bisa membantu kulit kamu agar kelihatan lebih awet muda. 

Mengutip dari Eat This, yuk intip empat kebiasaan minum yang bisa bikin kulit jadi lebih awet muda. 

Perbanyak Minum Air Putih

Perbanyak minum air putih
kebiasaan minum/Foto: pexels.com/Andrea Piacquadio

Banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dari memperbanyak minum air putih. Salah satunya adalah menjaga kulit agar tetap sehat dan awet muda. 

Seorang ahli diet sekaligus penulis buku Rock Your Midlife: 7 Steps to Transform Yourself and Make Your Next Chapter Your Best Chapter, Ellen Albertson, RD, PhD,  menyarankan untuk minum air putih setengah dari berat badan setiap harinya. Misalnya, berat badan kamu 68 kg, berarti jumlah air yang harus kamu minum setiap hari kurang lebih 2,2 liter.

Hal ini dilakukan untuk mencegah tubuh dehidrasi. Dehidrasi kronis dapat menyebabkan kulit menua. Kamu juga disarankan untuk berhenti mengonsumsi minuman beralkohol karena juga bisa membuat kulit kelihatan menua lebih cepat. 

Menambahkan Perasan Lemon ke Dalam Air

Minum perasan lemon
minum air lemon dapat menghambat penuaan dini/Foto: pexels.com/Ksenia Chernaya

Menambahkan perasan lemon ke dalam air dan meminumnya di pagi hari juga bisa membuat kulit kelihatan lebih awet muda sekaligus menjaga kesehatan tubuh. 

Seorang ahli diet, Ronald Smith, RD mengungkapkan bahwa air lemon dapat membantu melancarkan pencernaan, menurunkan berat badan, membuang racun, dan menjaga kesehatan metabolisme tubuh yang semakin melambat seiring bertambahnya usia. 

Hindari Minuman Manis

Kurangi minuman manis
kurangi kebiasaan minum minuman manis/Foto: pexels.com/Pixabay

Rasanya yang manis terkadang membuat kita tergoda untuk meminumnya. Namun, kebiasaan minum yang satu ini harus kamu hindari jika ingin kulit tetap sehat dan awet muda.

Hal ini dikarenakan, minuman manis cenderung tinggi gula sehingga terjadinya penumpukan molekul tidak sehat yang disebut advanced glycation end products (AGEs). Penumpukan molekul ini akan menyebabkan kerusakan kolagen dan elastin yang berujung pada penuaan dini pada kulit. 

Sebagai gantinya, kamu bisa membiasakan diri dengan minum air putih atau jus buah alami kaya antioksidan, tanpa tambahan gula maupun pengawet. 

Minum Teh Hijau

Teh hijau mengandung antioksidan tinggi
minuman untuk mencegah penuaan dini/Foto: pexels.com/Maria Tyutina

Jika bosan minum air putih dan jus buah, kamu juga bisa menggantinya dengan teh hijau. Apalagi, teh hijau dikenal dengan kandungan antioksidannya yang tinggi sehingga dapat menghambat tanda-tanda penuaan dini.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fer/fer)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE