sign up SIGN UP

5 Jenis Sayuran Hijau yang Baik Dikonsumsi Setiap Hari, Beauties Yuk Kreasikan!

Zeyra Haya | Beautynesia
Kamis, 30 Jun 2022 06:15 WIB
5 Jenis Sayuran Hijau yang Baik Dikonsumsi Setiap Hari, Beauties Yuk Kreasikan!
caption

Menjaga kesehatan tubuh harus kita lakukan dengan menjaga pola hidup kita. Yang terpenting salah satunya adalah kita harus mengawasi makanan yang kita konsumsi alias tidak boleh makan makanan sembarangan.

Untuk menjaga kesehatan tubuh, kita harus memilah makanan-makanan sehat untuk dikonsumsi. Yang paling utama adalah buah dan sayuran.

Sayuran hijau menjadi salah satu makanan sehat yang sangat direkomendasikan saat menerapkan pola makan sehat. Selain itu, manfaat makan sayur terutama sayuran hijau ini juga sangat banyak dalam membantu menjaga kebugaran tubuh.

Makan Sayur Itu Penting! Ini 5 Sayuran Hijau yang Baik Dikonsumsi Setiap Hari

Beauties, selain menjaga berat badan dan bentuk tubuh, motivasi diet yang terbesar adalah untuk menjaga kesehatan tubuh. Tak ayal, berbagai program diet sehat kerap melibatkan sayuran hijau sebagai menu makanan sehat yang baik dikonsumsi.

Nah, lalu apakah kita boleh mengkonsumsi sayuran hijau setiap hari? Melansir dari Eat This Not That, berikut ini adalah sayuran hijau yang punya segudang manfaat baik untuk tubuh dan aman dikonsumsi setiap hari.

1. Dandelion Hijau

Sayuran hijau yang baik dikonsumsi setiap hari - Dandelion hijau/Foto: shutterstock
(Sayuran hijau yang baik dikonsumsi setiap hari - Dandelion hijau/Foto: shutterstock)

Mengonsumsi sayuran setiap hari tentu baik untuk menghindari berbagai penyakit seperti gangguan pencernaan, kolesterol, hingga penyakit kronis seperti kanker dan tumor. Dandelion hijau menjadi salah satu sayuran hijau yang banyak mengandung antioksidan seperti beta karoten dan terbukti mampu melindungi tubuh dari kerusakan sel.

Ditambah sumber lutein dan zeaxathin yang kaya dapat membantu kesehatan mata. Dan kandungan vitamin C dan K mereka dapat meningkatkan kesehatan tulang.

"Salah satu kualitas superpower mereka yang sebenarnya adalah bahwa mereka kaya akan sumber prebiotik ramah usus, berkat inulin mereka," kata The Nutrition Twin.  

2. Pakcoy

Sayuran hijau yang baik dikonsumsi setiap hari - Bok Choy/Foto: Pexels.com/Cup of Couple
(Sayuran hijau yang baik dikonsumsi setiap hari - Pakcoy/Foto: Pexels.com/Cup of Couple)

Pakcoy adalah sayuran  sejenis dengan brokoli, kubis brussel, dan kubis. Selain vitamin dan mineral pembentuk tulang seperti kalsium, zat besi, fosfor dan lain lain, pakcoy juga kaya akan quercetin flavonoid yang membantu mengurangi peradangan dan penyakit kronis. 

Manfaat makan sayur lainnya adalah untuk mencegah penyakit kronis, salah satunya tumor. Nutrisian The Nutrition Twins juga mengungkapkan,

"Sayuran silangan mengurangi risiko kanker dan mengandung nutrisi penangkal karsinogen seperti vitamin C, E, beta-karoten, folat, dan selenium, yang telah terbukti memperlambat pertumbuhan tumor," katanya.

3. Brokoli Sprouts

Sayuran hijau yang baik dikonsumsi setiap hari - Brokoli sprouts/Foto: Pexels.com/Mikhail Nilov
(Sayuran hijau yang baik dikonsumsi setiap hari - Brokoli sprouts/Foto: Pexels.com/Mikhail Nilov)

Brokoli sprouts atau kecambah brokoli juga merupakan sayuran hijau yang baik kamu konsumsi setiap hari. Meskipun memiliki jumlah kalori dan makronutrien yang sama dengan brokoli per ons, sayuran ini mengemas sekitar 100 kali lebih banyak glukoraphanin.

Kecambah brokoli ini ketika dikunyah atau dipotong, kandungan glukoraphaninnya akan berubah menjadi sulforaphane yang memiliki efek anti-kanker yang kuat. Pun juga mampu meningkatkan enzim detoksifikasi di hati.

4. Selada air

Sayuran hijau yang baik dikonsumsi setiap hari - Selada air/Foto: shutterstock
(Sayuran hijau yang baik dikonsumsi setiap hari - Selada air/Foto: shutterstock)

Bagi kamu yang sedang menjalankan diet, selada air bagus lho untuk kamu konsumsi. Karena selada air banyak mengandung nutrisi dengan jumlah kalori yang sedikit.

Selain itu, ahli pangan juga mengatakan bahwa selada air mengandung serat yang meningkatkan pencernaan, vitamin C yang mendukung kekebalan tubuh, glukosinat pencegah penyakit. The Nutrition Twins juga merekomendasikan untuk menambahkan selada air ke salad, sup, atau tumisan.

5. Bayam

Sayuran hijau yang baik dikonsumsi setiap hari - Bayam/Foto: Pexels.com/Jacqueline Howell
(Sayuran hijau yang baik dikonsumsi setiap hari - Bayam/Foto: Pexels.com/Jacqueline Howell)

Pasti sudah tidak asing lagi kita dengar, bayam juga termasuk dalam sayuran hijau yang bagus untuk kita konsumsi. Bayam mengandung karotenoid yang bisa membantu menghilangkan radikal bebas.

Penelitian telah menunjukkan sayuran berdaun hijau ini melindungi kita terhadap kanker perut, usus besar, mulut, dan kerongkongan. Disamping itu, mengutip dari detikHealth, bayam memiliki sederet manfaat lainnya seperti dapat mengatur tekanan darah, meningkatkan kognitif otak dan meningkatkan kesehatan mata.

Beauties, itulah beberapa sayuran hijau yang direkomendasikan untuk dikonsumsi setiap hari. Apakah salah satunya sayuran favoritmu?

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id