sign up SIGN UP

Duh Bukannya Sehat, 3 Kebiasaan Saat Olahraga Ini Justru Bisa Bahayakan Kesehatan!

Zeyra Haya | Beautynesia
Rabu, 08 Jun 2022 08:00 WIB
Duh Bukannya Sehat, 3 Kebiasaan Saat Olahraga Ini Justru Bisa Bahayakan Kesehatan!
caption

Menjaga kebugaran tak hanya dapat dilakukan dengan diet saja. Namun, perlu juga diimbangi dengan pola hidup sehat dan olahraga rutin.

Selain memerhatikan kebiasaan makan, tentunya kita perlu melakukan olahraga untuk menyeimbangkan kesehatan tubuh. Ada banyak manfaat dari olahraga, mulai dari menjaga kebugaran tubuh sampai dapat membantu kita menjaga berat badan.

Namun perlu diketahui, ada beberapa kebiasaan buruk olahraga yang justru tidak sehat dan membahayakan tubuh. Parahnya, beberapa dari kesalahan olahraga ini sering dinormalisasikan lho!

Ini Kebiasaan Olahraga Tidak Sehat yang Harus Dihindari

Menurut sebuah penelitian di Jepang, terlalu banyak berolahraga setiap hari tidak akan menjamin tubuh kamu lebih sehat. Hal yang paling penting justru adalah konsistensi.  

Melansir dari Eat this, Not That ada tiga kesalahan saat olahraga yang mungkin sering kita tidak sadari. Berikut tiga kebiasaan olahraga tidak sehat yang kerap terjadi.

1. Mengabaikan Latihan Kardio

Punya segudang manfaat baik bagi tubuh, jangan abaikan olahraga kardio/Foto: pexels.com/Jonathan Borba
(Punya segudang manfaat baik bagi tubuh, jangan abaikan olahraga kardio/Foto: pexels.com/Jonathan Borba)

Jika tujuan olahraga kita bukan untuk menurunkan berat badan, biasanya kita kerap menyepelekan latihan kardio. 

Padahal, mengutip dari detikHealth, olahraga kardio justru banyak memiliki manfaat baik bagi tubuh. Mulai dari membangun basis aerobic, meningkatkan fungsi mitokondria, mengatur detak jantung, dan menurunkan tekanan darah.

Melewatkan bahkan menghapus kardio dari jadwal olahraga menjadi salah satu kebiasaan olahraga tidak sehat yang harus kita hentikan.

2. Mengabaikan Hari Pemulihan

Olahraga berlebihan juga tidak baik. Ini pentingnya mengatur waktu pemulihan untuk tubuh-Mu/Foto: pexels.com/Kevin Malik
(Olahraga berlebihan juga tidak baik. Ini pentingnya mengatur waktu pemulihan untuk tubuh-Mu/Foto: pexels.com/Kevin Malik)

Pernah merasa olahraga kita tidak menghasilkan kemajuan apapun? Kala ini, tubuh kita mengisyaratkan agar kita istirahat sejenak. Hal ini bisa terjadi karena olahraga tidak sehat, dimana kita terlalu intens berolahraga hingga mengabaikan pemulihan tubuh.

Saat berolahraga, kita harus menyeimbangkan intensitas tubuh dengan jadwal latihan. Rencanakan satu, dua hari dimana kita hanya melakukan peregangan atau sesi ringan untuk memberi waktu tubuh beristirahat.

3. Melakukan Olahraga Ketahanan yang Berlebihan

Perhatikan porsi olahraga-Mu. Jangan lakukan latihan ketahanan berlebihan/Foto: pexels.com/The Lazy Artist Gallery
(Perhatikan porsi olahraga-Mu. Jangan lakukan latihan ketahanan berlebihan/Foto: pexels.com/The Lazy Artist Gallery)

Kebiasaan buruk saat olahraga yang terakhir adalah berlebihan dalam olahraga ketahanan. Melakukan latihan kekuatan yang berlebihan justru dapat menimbulkan kerusakan pada jantung.

Seperti menyebabkan fibrilasi atrium dan masalah kesehatan jantung lainnya. Sebaiknya, ukurlah kemampuan tubuh kita tanpa melakukan dengan berlebihan dan tetap berpegang pada rutinitas dan konsistensi.

Beauties, itulah beberapa kebiasaan buruk dan kesalahan saat olahraga yang justru dapat membahayakan kesehatan tubuh. Bagaimana menurutmu?

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id