sign up SIGN UP

5 Kebiasaan Buruk Ini Jadi Penyebab Wajah Terlihat Cepat Tua, Duh Kamu Sering Lakukan?

Cynthia Claudia | Beautynesia
Jumat, 03 Jun 2022 08:00 WIB
5 Kebiasaan Buruk Ini Jadi Penyebab Wajah Terlihat Cepat Tua, Duh Kamu Sering Lakukan?
caption

Tanpa kita sadari, beberapa kebiasaan yang sering dilakukan dapat menyebabkan kulit kita cepat tua. Kebiasaan yang dimaksud adalah seperti kurang tidur, mengonsumsi makanan yang kurang sehat, dan masih banyak lagi. 

Maka dari itu, penting untuk menghindari melakukan kebiasaan buruk ini lagi, untuk menjaga agar kulit wajah kita tetap awet muda. Mari kita simak apa saja kebiasaan buruk yang menyebabkan wajah cepat tua berikut ini. 

1. Mencuci Muka dengan Sabun yang Mengandung Scrub Setiap Hari

kebiasaan buruk yang menyebabkan wajah cepat tua
kebiasaan buruk yang menyebabkan wajah cepat tua/ Foto: Pexels.com/ Shiny Diamond

Melansir detikHealth, sabun cuci muka yang mengandung scrub cenderung membuat kulit wajah menjadi iritasi hingga terkikis. Sehingga, kulit akan terlihat lebih tua. Padahal, banyak dari kita yang mengira bahwa sabun berbahan dasar scrub bisa mengangkat kotoran di kulit wajah dengan lebih efektif. 

Beauties, sebaiknya menggunakan sabun cuci muka tanpa scrub. Pilihan lainnya adalah bisa menggunakan sedikit baking soda yang dicampur dengan air hangat, sebagai pembersih muka untuk mengangkat sel kulit mati. 

Namun, jika ingin menggunakan pembersih muka dengan scrub, jangan sampai menggunakannya setiap hari ya. Cukup gunakan 1-2 kali dalam seminggu saja.

2. Kurang Tidur 

kebiasaan buruk yang menyebabkan wajah cepat tua
kebiasaan buruk yang menyebabkan wajah cepat tua/ Foto: Pexels.com/ Engin A

Tubuh kita pada dasarnya memang memerlukan waktu tidur selama 7-8 jam per harinya, untuk menjaga kesehatan yang optimal. Kurang tidur biasanya berdampak buruk pada kesehatan, sekaligus membuat kulit wajah kita keriput dan terlihat tua. 

Ini terjadi karena proses regenerasi kulit di malam hari tidak maksimal ketika kamu kurang tidur, Beauties. Keriput jadi cepat muncul di kulit wajah ketika proses ini tidak maksimal.

3. Mengonsumsi Alkohol Secara Berlebihan 

kebiasaan buruk yang menyebabkan wajah cepat tua
kebiasaan buruk yang menyebabkan wajah cepat tua/ Foto: Pexels.com/ Prem Pal S.

Kebiasaan buruk lainnya yang menyebabkan wajah kita cepat tua adalah mengonsumsi alkohol secara berlebihan. Alkohol bisa membuat kulit wajah kita cepat kering. 

Menurut ahli dermatologi Justin Hextall, ketika kulit kita kering, kulit menjadi semakin sensitif dan cenderung mulai pecah-pecah. Sebaiknya Beauties juga menjaga kelembapan kulit wajah agar tidak cepat kering. 

4. Mengonsumsi Makanan Tidak Sehat

kebiasaan buruk yang menyebabkan wajah cepat tua
kebiasaan buruk yang menyebabkan wajah cepat tua/ Foto: Pexels.com/ Engin A

 

Melansir CNN Indonesia, mengonsumsi makanan yang berminyak dan manis dalam jumlah besar dapat memengaruhi kulit dalam jangka panjang. Selain itu, mengurangi asupan makanan juga merupakan kebiasaan buruk yang bisa membuat kulit wajah kita cepat tua. 

Volume wajah akan menghilang dengan lebih cepat jika kalian kekurangan asupan gizi yang tepat, Beauties. 

5. Memakai Bahan Sarung Bantal yang Kurang Tepat 

kebiasaan buruk yang menyebabkan wajah cepat tua
kebiasaan buruk yang menyebabkan wajah cepat tua/ Foto: Pexels.com/ Mariam Alonso

Sarung bantal yang berbahan baik dan lembut di kulit pada umunya terbuat dari sutera. Menurut pendapat Skin Repair Expert, Lorena Oberg, sarung bantal yang cenderung berbahan sintetis dapat membentuk lipatan kecil pada kulit, sehingga memicu munculnya kerutan pada kulit wajah. 

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id