sign up SIGN UP

Nggak Hanya Makan Berlebih, Ternyata 5 Hal Ini Juga Bisa Bikin Berat Badan Naik Pasca Lebaran!

Niky Yunniarty Dermawan | Beautynesia
Jumat, 06 May 2022 19:30 WIB
Nggak Hanya Makan Berlebih, Ternyata 5 Hal Ini Juga Bisa Bikin Berat Badan Naik Pasca Lebaran!
caption
Jakarta -

Pasca Lebaran, salah satu hal yang menjadi sorotan adalah soal berat badan. Beberapa orang mengatakan bahwa berat badannya masih stabil, tapi tidak sedikit juga yang mengaku bahwa berat badannya ternyata sudah bertambah.

Berkumpul bersama keluarga saat Lebaran tentu saja tidak jauh dari acara makan-makan. Biasanya kita sering kalap dan porsi makan pun bertambah. Bagi sebagian orang, kenaikan berat badan pastinya membuat frustasi, terlebih jika tidak tahu apa itu sebabnya.

Nah Beauties, ternyata selain makan berlebih, ada beberapa hal yang jadi penyebab timbangan naik pasca Lebaran. Penasaran? Berikut ini ulasan lengkapnya!

Mengonsumsi Makanan Tinggi Kalori

rawpixel.com/Karolina/Kaboompics
Makanan Tinggi Kalori/rawpixel.com/Karolina/Kaboompics

Lebaran identik dengan makanan yang mengandung kalori tinggi, seperti opor ayam, rendang, ketupat dan makanan lainnya. Makanan  khas Lebaran umumnya mengandung santan yang sangat tinggi lemak maupun kalorinya. Makan makanan berkalori tinggi dalam satu waktu tentunya menjadi penyebab berat badan naik pasca Lebaran.

Mengonsumsi Makanan yang Mengandung Banyak Gula

freepik.com/wayho
Makanan Tinggi Gula/freepik.com/wayho

Kue Lebaran yang beragam rupa adalah salah satu makanan yang mengandung banyak gula, seperti kue nastar, kue keju, dan kue semprit. Tidak lupa saat Lebaran pasti ada banyak minuman yang manis, seperti soda, es teh, atau bahkan es krim.

Hati-hati, ya, Beauties! Asupan gula yang terlalu banyak tidak hanya menyebabkan berat badan naik, tapi juga bisa meningkatkan risiko kesehatan kronis, seperti diabetes atau obesitas.

Kurangnya Jam Tidur

Kurangnya Tidur/Freepik.com/jcomp
Kurangnya Tidur/Freepik.com/jcomp

Berkumpul kembali bersama keluarga besar setelah dua tahun tidak bisa mudik terhalang pandemi tentu saja menjadi hal yang berkesan. Biasanya akan membuat kita lupa waktu karena terlalu asyik bercengkrama hingga begadang. Kurangnya waktu tidur ternyata meningkatkan hormon ghrelin yang bisa memicu bertambahnya nafsu makan.

Berkurangnya Aktivitas Fisik

Kurang Aktivitas Fisik/Freepik.com/snowing
Kurang Aktivitas Fisik/Freepik.com/snowing

Saat Lebaran, biasanya setelah bersilaturahmi dengan saudara atau tetangga sekitar, kebanyakan orang akan memilih untuk bersantai saja di rumah. Ini menyebabkan kurangnya bergerak, dan kalori yang masuk lebih banyak dibandingkan kalori yang dibakar.

Tentu saja kalori yang tidak terbakar itu akan menjadi lemak, dan akhirnya membuat berat badan meningkat drastis. Oleh karena itu, jangan sampai lupa untuk tetap beraktivitas aktif minimal 30 menit sehari agar berat badan tidak meningkat signifikan.

Mengalami Stres

stresStres/ Foto: freepik.com/rawpixel

Pasca Lebaran, sebagian orang harus kembali ke rutinitasnya, contohnya bekerja. Nah buat yang mudik, Indonesia identik dengan mudik dan arus balik yang mungkin akan mengalami kemacetan panjang dan pastinya membutuhkan waktu yang lebih lama untuk sampai di tempat tujuan.

Kemacetan panjang bisa memicu stres untuk sebagian orang, dan ternyata stres ini bisa juga menjadi penyebab meningkatnya berat badan pasca Lebaran, [email protected] Jadi, buatlah perjalanan menyenangkan agar tidak mengalami stres.

Itulah beberapa penyebab berat badan meningkat pasca Lebaran yang dilansir dari detikHealth. Tetap jaga kesehatan ya, Beauties!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id