sign up SIGN UP

Wajib Tahu! Ini 4 Rahasia Sehat Makan Burger Agar Berat Badan Tetap Terjaga

Riswinanti Pawestri Permatasari | Beautynesia
Rabu, 13 Apr 2022 07:15 WIB
Wajib Tahu! Ini 4 Rahasia Sehat Makan Burger Agar Berat Badan Tetap Terjaga
caption
Jakarta -

Selama ini burger memang identik sebagai junk food yang nyaris tidak memiliki nilai gizi, dan justru memicu obesitas. Anggapan itu memang tidak sepenuhnya salah karena kebanyakan burger mengandung kalori, lemak, dan garam yang tinggi, tanpa dibarengi dengan vitamin dan mineral yang cukup.

Selain itu, berdasarkan penelitian yang dilakukan University of Michigan dan New York Obesity Research Center, burger menimbulkan efek kecanduan yang membuat seseorang ingin menikmatinya terus-menerus. Dalam jangka panjang, hal ini akan menimbulkan berbagai penyakit, mulai dari gangguan jantung, stroke, darah tinggi, dan lain-lain.

Namun kabar baiknya, burger ternyata bisa memberikan manfaat untuk tubuh jika dikonsumsi dengan benar, lho, Beauties! Sebagaimana dilansir dari My Green Growers, ada beberapa rahasia makan burger yang bisa membantumu tetap sehat tanpa khawatir terserang penyakit berbahaya. Berikut ulasannya!

Perhatikan Waktu Makan

Tips Makan Burger/Foto: Pexels.com/Polina Tankilevitch
Tips Makan Burger/Foto: Pexels.com/Polina Tankilevitch

Waktu yang kamu pilih untuk makan burger ternyata membawa pengaruh besar. Sebagaimana diketahui, makanan ini sangat tinggi kalori sehingga kamu disarankan menyantapnya saat tubuh sedang aktif, misalnya saat makan siang. Pada waktu tersebut rata-rata seseorang masih melakukan banyak aktivitas sehingga memberikan kesempatan tubuh untuk membakar kalori dan menghindari penumpukan lemak.

Memakan burger saat jam makan malam sangat tidak disarankan karena pada waktu tersebut kebanyakan orang sudah tak lagi aktif, sehingga pembakaran kalori juga tak lagi efektif. Karenanya, tumpukan lemak akan terbentuk sehingga memicu obesitas.

Padukan dengan Sayur dan Makanan Bebas Gula

Tips Makan Burger/Foto: Pexels.com/Jodie Louise
Tips Makan Burger/Foto: Pexels.com/Jodie Louise

Sayuran yang ada dalam burger bukan sekedar hiasan. Lettuce atau kol yang ada di dalamnya memiliki fungsi untuk mengimbangi asupan lemak di dalam burger. Meski demikian, agar lebih sehat, kamu tetap harus menyantap makanan ini dengan menu sehat lain misalnya salad, serta makanan dan minuman rendah gula.

Hindari Bahan yang Digoreng

Tips Makan Burger/Foto: Pexels.com/Jens Mahnke
Tips Makan Burger/Foto: Pexels.com/Jens Mahnke

Beberapa jenis burger yang umum ditemukan di restoran cepat saji antara lain adalah beef burger, chicken burger, atau ada pula olahan ikan yang lezat. Namun demi kesehatan, coba hindari yang pengolahannya dengan digoreng, misalnya isian ayam dan ikan. Pasalnya, minyak yang meresap ke dalam makanan akan menyumbangkan kalori dan lemak untuk tubuh.

Saat ini, para ahli kesehatan menyarankan untuk menggunakan soy meat, yaitu olahan kedelai yang dibuat sangat mirip dengan daging. Kamu juga bisa memilih beef yang diolah tanpa proses penggorengan. Jika kamu sedang ingin atau terpaksa makan yang digoreng, coba padukan dengan kol yang memiliki kemampuan menetralkan lemak.

Pilih Roti yang Tepat

Tips Makan Burger/Foto: Pixabay.com/RitaE
Tips Makan Burger/Foto: Pixabay.com/RitaE

Jenis roti burger juga menentukan seberapa besar pengaruhnya untuk tubuh. Jangan sembarangan makan, pilihlah roti dari gandum yang mengandung vitamin, mineral, dan serat. Dengan demikian, kamu bisa mengimbangi kalori yang ada di dalamnya. Roti putih kurang disarankan karena terbuat dari bahan tepung yang memicu berbagai masalah kesehatan.

Itulah beberapa tips agar kamu tetap sehat walau gemar menyantap burger. Kesimpulannya, kamu bisa memakan makanan ini dengan tenang jika telah memadukannya dengan sayuran, buah, atau hidangan lain yang bisa mengimbangi tingginya kalori. Jadi enggak takut lagi deh makan burger!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id