STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Nggak Selalu Tanda Nggak Waras, Kebiasaan Suka Ngomong Sendiri Ternyata Ada Manfaatnya Loh, Beauties!

Ika Nur Amalia | Beautynesia
Kamis, 24 Nov 2022 04:30 WIB
Nggak Selalu Tanda Nggak Waras, Kebiasaan Suka Ngomong Sendiri Ternyata Ada Manfaatnya Loh, Beauties!
Berbicara sendiri bukan selalu soal gangguan mental /Foto: Pavel Danilyuk/Pexels

Pernah memergoki temanmu ngomong sendiri? Atau bahkan Beauties sering melakukannya? Kebiasaan berbicara sendiri seringkali dicap sebagai bentuk gangguan mental.

Padahal secara psikologi kebiasaan ini wajar dan malah bermanfaat. Self talk merupakan komunikasi seseorang dengan dirinya sendiri atau suara hatinya. Biasanya orang-orang melakukannya dalam hati atau bisa berbicara dengan lantang. Demikian yang dilansir pada laman Medical News Today.

Self talk dapat mendukung dan bermanfaat karena bisa memotivasi diri, tapi sekaligus juga dapat merusak kepercayaan diri. Sehingga self talk dapat dibedakan menjadi self talk positif dan negatif. Demikian yang dilansir pada laman Health Direct.

Self talk baik untuk kesehatan mental
Self talk baik untuk kesehatan mental /Foto: Andrea Piacquadio/Pexels

Beauties perlu berfokus pada self talk positif yang dapat memotivasi diri dan bermanfaat dalam hidup. Apa saja sih manfaatnya?

1) Meningkatkan Nilai Diri dan Manajemen Stres

Self talk dapat mendorong dan memotivasi seseorang untuk terus maju. Ini karena self talk positif membantu melihat diri dari "sisi baiknya," dan menempatkan segala sesuatunya ke dalam perspektif.

Contoh self talk positif adalah, "Saya benar-benar bahagia untuk diri saya sendiri." Bisa juga dengan mengatakan pada diri sendiri "Saya baik-baik saja."

2) Mengurangi Gejala Depresi, Kecemasan dan Gangguan Kepribadian

Self talk mengurangi gejalan depresi
Self talk mengurangi gejalan depresi /Foto: Engin Akyurt/Pexels

Sebuah studi tahun 2020 dalam Iranian Journal of Psychiatry mengungkapkan bahwa self talk bisa memengaruhi cara orang mengatasi kecemasan selama pandemi COVID-19. Orang yang melaporkan menggunakan self talk positif memiliki lebih sedikit kecemasan tentang kematian dan lebih sedikit gejala gangguan obsesif-kompulsif (OCD). Demikian yang dilansir pada laman Medical News Today.

3) Memotivasi untuk Bisa Optimis Mengatasi Rintangan

Self talk positif yang dilakukan para atlet dapat memotivasi dan meningkatkan kinerja mereka. Manfaat ini tentu dapat diadopsi bagi semua orang di segala lini, dalam menghadapi tantangan hidup masing-masing.

4) Membantu Menenangkan Diri

Self talk membantu menenangkan diri
Self talk membantu menenangkan diri /Foto: Andrea Piacquadio/Pexels

Saat mengalaminya emosi dan kecemasan berlebih, self talk bisa menjadi alat yang ampuh untuk meningkatkan kontrol diri  dan mengekang emosi negatifmu. Sehingga lebih mudah bagi Beauties untuk menenangkan diri. Demikian yang dilansir pada laman Healthline.

Kebiasaan berbicara sendiri nggak berarti gila, karena merupakan proses kognitif alami. Namun jika kamu merasa self talk yang dilakukan mulai mengganggu keseharianmu, terutama yang negatif talk jangan ragu untuk berkonsultasi ke profesional ya!

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE