BILLBOARD
970x250

Nggak Usah Takut Gemuk! Ternyata 6 Minuman Buka Puasa Ini Terbukti Sehat dan Cocok Buat Diet, Mau Coba?

Pratitis Nur Kanariyati | Beautynesia
Sabtu, 25 Mar 2023 15:00 WIB
Nggak Usah Takut Gemuk! Ternyata 6 Minuman Buka Puasa Ini Terbukti Sehat dan Cocok Buat Diet, Mau Coba?

Puasa Ramadan sering membuat perut dan lidah mudah tergoda dengan aneka minuman. Apalagi minuman manis. Terasa segar di tenggorokan, bukan? 

Tanpa disadari mengonsumsi minuman manis terus-menerus bisa menaikkan berat badan, Beauties loh. Bayangkan jika 30 hari berpuasa dan mengonsumsi minuman buka puasa yang manis-manis. Niat nurunin berat badan, malah sebaliknya.

Ada loh minuman buka puasa yang tetap bisa membantu diet sehat, Beauties. Minuman ini rendah kalori dan gula. Penasaran apa aja? Yuk simak ulasannya.

1. Es Kacang Merah Kurma

minuman buka puasa adalah es kacang merah kurma
Salah satu olahan kurma adalah es kacang merah kurma/Foto: pexels.com/Riki Risnandar

Biasa konsumsi kurma langsung telan? Coba kombinasikan kurma dengan kacang merah, Beauties. Es kacang merah kurma cocok untuk program diet loh.

Kacang merah merupakan sejenis biji-bijian yang mengandung protein, serat larut, dan karbohidrat kompleks. Kandungan tersebut ternyata mampu mengendalikan nafsu makan, Beauties. Selain itu, kacang merah juga mengandung antioksidan yang tinggi, bahkan melebihi antioksidan dalam sayuran dan buah-buahan tertentu.

Antioksidan yang tinggi ini mampu membantu meremajakan tubuh. Di antara jenis kacang lainnya, kacang merah juara dalam hal mencegah penuaan dini. Hal ini dikarenakan semakin gelap warna kacang, semakin tinggi kandungan antioksidannya. 

Lalu, buah kurma sendiri merupakan buah dengan rasa manis alami serta memiliki indeks glikemiks rendah.

Cara membuatnya cukup mudah kok. Beauties tinggal memasukkan satu cup kecil kacang merah rebus, ½ sdm pasta kurma, dan seduhan krimer non-dairy ke dalam gelas. Guna menambah sensasi lezatnya, dinginkan terlebih dahulu sebelum diminum.

2. Susu Kurma

Kurma memang berjuta olahan. Tak hanya cocok dípadukan dengan kacang merah, kurma bisa dibuat menjadi susu. 

Tentang cara pembuatannya, Beauties tinggal memblender susu, kurma yang telah disisihkan bijinya, dan madu. Setelah itu, saring dan susu kurma siap disantap.

Nah untuk Beauties yang lagi menjalankan diet sehat, disarankan menggunakan susu nabati yang rendah kalori. Susu tersebut meliputi susu almond, susu kedelai, susu oat, hingga susu beras. Bukan hanya rendah kalori, susu nabati juga menyehatkan jantung, tulang, dan gigi.

3. Air Kelapa

minuman buka puasa adalah air kelapa
Air kelapa, salah satu minuman rendah gula/Foto: pexels.com/Mikhail Nilov

Siapa sih yang nggak suka minuman satu ini. Air kelapa merupakan minuman buka puasa yang menyegarkan sekaligus menyehatkan. Apalagi jika diseduh tanpa tambahan gula alias air kelapa murni.  

Air kelapa memiliki rasa yang khas, rendah gula, dan kalori. Selain itu, kaya akan antioksidan. Antioksidan di sini mampu membantu Beauties dalam menunda penuaan dini loh. 

Mengutip detikjabar, menurut United States Department of Agriculture (USDA) dalam satu gelas air kelapa (245 gram) mengandung 44 kalori, 10,4 gram karbohidrat, 9,6 gram gula, dan 0,5 gram protein. Selain itu, juga bebas lemak dan serat. 

Air kelapa mampu mengganti cairan tubuh yang hilang setelah sehari berpuasa. Beauties bisa mengonsumsinya tanpa takut berat badan naik. Asalkan tetap pada porsi sewajarnya.

Minuman Buka Puasa: Khasiat dan Nikmatnya Teh Hijau hingga Lemon Pepaya, Sudah Pernah Coba?

4. Teh Hijau

Minuman selanjutnya yang bisa jadi rekomendasi diet sehat Beauties adalah teh hijau. Mengonsumsi teh hijau hangat tanpa gula menjadi pilihan terbaik. Sebab, bisa membantu meningkatkan metabolisme tubuh.

Teh hijau juga mengandung antioksidan yang tinggi. Mengonsumsi teh hijau secara rutin mampu menurunkan kadar lemak tubuh, lingkar perut, dan lingkar pinggang yang cukup signifikan. Namun, manfaat ini tentu akan lebih optimal jika diimbangi dengan diet sehat dan olahraga rutin.

Buat Beauties yang sedang menjalankan diet sehat, pastikan minum teh hijau setelah minum air putih. Hal ini bertujuan agar terhindar dari rasa lemas karena tubuh kekurangan cairan.

5. Es Timun Suri

Setelah berpuasa seharian, enaknya minum es timun suri. Minuman satu ini kerap jadi pilihan minuman buka puasa loh.

Dalam penelitian yang diterbitkan Journal of Young Pharmacist, buah yang tergolong dalam Cucurbitaceae termasuk timun suri, diklaim memiliki kandungan antioksidan yang baik dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, timun suri juga kaya nutrisi karbohidrat, protein, serat, dan vitamin C. Tentunya nutrisi tersebut berperan penting dalam program diet. 

Saat membuat es timun suri, pastikan tidak menambahkan sirup instan. Guna menambahkan rasa manis, Beauties bisa menambahkan stevia yang lebih aman dibandingkan gula biasa.

6. Lemon Pepaya

minuman buka puasa adalah lemon pepaya
Bahan-bahan membuat lemon pepaya/Foto: pexels.com/Alleksana

Minuman lemon pepaya memang menjadi minuman diet sehat yang bisa Beauties coba.

Diketahui pepaya memiliki kandungan nutrisi yang rendah kalori dan kaya serat. Nutrisi tersebut akan menekan nafsu makan, Beauties. Serat alami yang ada di dalam pepaya dapat mendetoksifikasi dan membersihkan tubuh, serta menjaga tubuh tetap sehat dan bugar.

Saat meramu lemon pepaya tetap perhatikan kadar penggunaan lemon ya, Beauties. Sebab, menurut American Dental Association (ADA), air lemon dapat mengikis email gigi, bahkan lebih buruk daripada soda dan minuman olahraga. 

Itulah 6 minuman buka puasa yang bisa Beauties coba di rumah! Meskipun puasa Ramadan, pastikan diet sehat tetap berjalan ya, Beauties. 

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI

(ria/ria)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE