sign up SIGN UP

Mana Lebih Baik untuk Kulit, Vitamin C Dioles atau Diminum? Temukan Jawaban di Sini!

Cica Rahmania | Beautynesia
Selasa, 05 Apr 2022 08:45 WIB
Mana Lebih Baik untuk Kulit, Vitamin C Dioles atau Diminum? Temukan Jawaban di Sini!
caption
Jakarta -

Kulit adalah bagian terluas di tubuh manusia. Hal ini membuat banyak orang menaruh perhatian lebih padanya, terutama pada kulit bagian wajah, yang lebih sering terekspos dan ter-notice oleh orang lain.

Beberapa orang mengambil perawatan rutin dengan vitamin C yang tinggi oksidan untuk membuat kulit cerah, bersih, dan sehat. FYI, antioksidan kuat pada vitamin C penting untuk merangsang produksi kolagen dan dipercaya membantu mematikan radikal bebas.

Bicara soal vitamin C, ada dua tipe orang yang mengonsumsi vitamin ini. Pertama, orang-orang yang mengonsumsi dengan cara topikal atau serum yang dioleh ke wajah, dan mereka yang mengonsumsi dengan cara oral atau diminum.

Kandungan Skincare untuk Menghidrasi Kulit selama Puasa/pexels.com/SHVETS productionIlustrasi serum vitamin C. (Foto: pexels.com/SHVETS production)

Lantas, cara konsumsi vitamin C mana yang lebih baik untuk kesehatan kulit? Simak penjelasannya di bawah ini dihimpun dari situs Mind Body Green.

Vitamin C untuk Perawatan Kulit

Baik oral maupun topikal, vitamin C memiliki kelebihannya masing-masing. Menurut Debbie Kung, DAOM, LAc, dokter bersertifikat pengobatan Tiongkok dan ahli akupunktur berlisensi, vitamin C juga berfungsi sebagai skin barrier karena dibutuhkan untuk produksi kolagen atau protein yang paling tersebar luas di tubuh, seperti di kulit, usus, pembuluh darah, persendian, dan lainnya.

Kandungan yang tidak cocok dengan vitamin cIlustrasi vitamin C serum. (Foto: Pexels/cottonbro)

Dengan demikian, konsumsi vitamin C yang cukup memiliki kaitan dengan kulit yang kencang, awet muda, dan terhidrasi. Sementara mereka yang kekurangan vitamin C kemungkinan besar memiliki kulit kering dan kusam.

Vitamin C Dioles

Menurut Joshua Zeichner, M.D., direktur penelitian kosmetik dan klinis di bidang dermatologi di Rumah Sakit Mount Sinai di New York, sebagai antioksidan yang dioles, vitamin C mampu melindungi kulit dari radikal bebas, menghalangi produksi pigmentasi abnormal, dan bertindak sebagai kofaktor untuk produksi kolagen baru.

Serum dengan Kandungan Vitamin ASerum dengan Kandungan Vitamin C. (Foto : pexels.com/Ron Lach)

Sayangnya, ketika terkena udara, panas, atau cahaya, vitamin C bisa berkurang efektivitas pada kulit. Namun, penelitian menunjukkan bahwa menyampurkan vitamin C dengan antioksidan lain bisa meningkatkan kestabilan vitamin C pada produk topikal.

Ulasan yang muncul di The Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology pada 2017 menunjukkan, mengombinasikan vitamin C dengan asam ferulat dapat membantu menstabilkan molekul vitamin C.

Vitamin C Diminum

Setelah mengetahui manfaat vitamin C yang dioles, lantas bagaimana efektivitas vitamin C yang diminum? Menurut Gary Goldenberg, M.D. dari New York's Goldenberg Dermatology, memanfaatkan vitamin C baik secara internal maupun eksternal adalah pilihan terbaik.

Suplemen Kalsium, Vitamin B12 dan Omega 3 dibutuhkan oleh Vegetarian dan VeganIlustrasi suplemen vitamin C. (Foto: pexels.com/ ready made)

Kepada Mind Body Green, Goldberg merekomendasikan vitamin C oral kepada pasien untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan dan vitamin C topikal untuk kesehatan kulit secara khusus. Ketika digunakan bersama, keduanya bisa meningkatkan penampilan dan fungsi kulit.

Kesimpulan

Jika kamu ingin memiliki tampilan dan fungsi kulit yang sehat, penting untuk mengonsumsi dan memenuhi angka yang disarankan oleh dokter kamu. Pakar kesehatan dan kecantikan sama-sama merekomendasikan penggunaan vitamin C, baik dioles maupun diminum untuk mengoptimalkan manfaat kesehatan kulit luar dan dalam.

Kendati penting bagi tubuh, terutama kulit, tapi kalau kamu sedang hamil, menyusui, atau minum obat, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kamu sebelum mengonsumsi suplemen vitamin C, ya, Beauties. Konsumsi juga sayur dan buah tinggi vitamin C untuk mendapat asupan terbaik dari sumbernya.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fer/fer)

Our Sister Site

mommyasia.id