sign up SIGN UP

Pilihan Makanan, Minuman dan Menu Sehat Diet Keto untuk Pemula

Dian Aprilia | Senin, 30 Nov 2020 22:00 WIB
Pilihan Makanan, Minuman dan Menu Sehat Diet Keto untuk Pemula
caption
Jakarta -

Diet Keto adalah salah satu diet yang populer dan banyak dipilih oleh kalangan anak muda. Hal ini dikarenakan metode diet keto cukup mudah, yakni dengan menghindari konsumsi karbohidrat dan gula berlebihan serta menggantinya dengan makanan yang mengandung lemak sehat, protein dan makanan bernutrisi lainnya.

Panduan nutrisi saat diet keto standar ialah konsumsi 75% lemak, 20% protein, dan 5% karbohidrat. Sedangkan untuk diet keto tinggi protein maka konsumsi protein harus lebih banyak. Paduannya bisa dengan 60% lemak, 5%karbohidrat dan 35% protein.

Lantas apa saja pilihan menu untuk diet keto bagi pemula?

Bagi kamu yang masih pemula, bisa mulai mengurangi konsumsi karbohidrat dan makanan mengandung gula tinggi secara perlahan. Seperti hanya mengurangi konsumsi nasi, roti, minuman manis atau kemasan dan lainnya.

Pilihan makanan yang dianjurkan

Telur
Telur/pexels.com

Pilihan makanan yang dianjurkan dalam diet keto adalah makanan yang kaya dengan protein dan juga lemak. Utamakan untuk memilih kandungan lemak yang tak jenuh agar bagus untuk tubuh.  

  • Telur
  • Daging merah, ayam, kalkun, sosis, steak dan olahan daging lainnya
  • Mentega, krim dan keju
  • Ikan salmon, tuna, mackarel, dan sarden
  • Buah alpukat dan stroberi
  • Kacang dan biji-bijian seperti almond, biji chia, kenari, dan biji labu
  • Sayur hijau, seperti paprika, tomat, bawang, cabai, dan lainnya
  • Yoghurt full fat dan susu full fat
  • Rempah alami, garam dan juga merica
  • Dark chocolate hingga 90%

Pilihan makanan yang harus dihindari

Sweet potato
Sweet potato/pexels.com

Pilihan makanan yang harus dihindari adalah makanan yang kaya kandungan karbohidrat dan juga gula. Sehingga harus benar-benar dihindari agar diet keto bisa berhasil.

  • Makanan dan minuman yang mengandung gula, seperti jus buah, permen, es krim, teh manis, soda, dan lainnya
  • Semua jenis buah kecuali alpukat dan stroberi
  • Gandum, sereal, pasta, nasi, dan lainnya
  • Kacang-kacangan seperti kacang merah, kacang polong, buncis, dan lainnya
  • Umbi-umbian seperti, wortel, kentang, ubi jalar, singkong, dan lainnya
  • Produk rendah lemak yang kaya karbohidrat baik minuman atau makanan
  • Mayones
  • Minuman alkohol

Pilihan menu untuk diet keto

Pexels.com
Steak/pexels.com

Berikut adalah pilihan menu yang bisa dikonsumsi saat kamu

  1. Sarapan: daging merah dengan paprika dan tomat, yoghurt, susu full fat, yoghurt full fat, milkshake, telur rebus, dark chocolate.
  2. Makan siang: salad dengan ikan tuna dan udang, dada ayam dibumbui rempah-rempah, olahan udang, balado telur, sarden.
  3. Makan malam: ikan laut segar, salad dengan daging, buah-buahan seperti apel, alpukat, stroberi, sup daging sapi dan lainnya.

Itulah pilihan bahan makanan dan juga menu harian untuk diet keto bagi pemula. Selamat mencoba, ladies!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id