sign up SIGN UP

Pola Makan Berubah Lagi, Ini 5 Cara Diet 'Anti Kaget' Pasca Ramadan

Riswinanti Pawestri Permatasari | Beautynesia
Jumat, 06 May 2022 09:30 WIB
Pola Makan Berubah Lagi, Ini 5 Cara Diet 'Anti Kaget' Pasca Ramadan
caption

Idulfitri adalah momen kemenangan bagi umat Islam yang telah berjuang melawan hawa nafsu selama bulan Ramadan. Namun lebih dari sekedar selebrasi, ada banyak penyesuaian yang mungkin harus kamu hadapi, salah satunya pola makan.

Faktanya, kebanyakan orang gagal beradaptasi sehingga menimbulkan berbagai gangguan kesehatan, mulai dari GERD, mudah lemas, kenaikan berat badan, dan lain-lain. Bagi kamu yang sedang diet, perubahan ini juga menjadi tantangan tersendiri.

Lalu bagaimana caranya agar diet tetap lancar dan anti kaget pasca Ramadan? Simak beberapa tips yang dikutip dari laman India berikut ini.

Hindari Makanan yang Tidak Sehat

Doyan Burger tapi Ogah Nunggu Lama? Ke 5 Restauran Cepat Saji Ini AjaIlustrasi makan burger/ Foto: beautynesia

Ketika Lebaran tiba, pastinya kamu bakal berhadapan dengan ragam makanan lezat dan menggugah selera. Makanan berminyak, junk food, dan lain-lain akan "menggoda imanmu" untuk mempertahankan pola hidup sehat. Dengan banyaknya orang terkasih yang berkumpul, ancaman makanan tidak sehat seolah tak terhindarkan.

Sebenarnya boleh saja kamu sesekali menyantap hidangan yang disebutkan di atas, selama masih dalam batas wajar. Meski demikian, jangan kalap memakannya secara berlebihan karena hal ini bisa meningkatkan risiko kenaikan berat badan, hingga berbagai penyakit seperti kolesterol, gangguan jantung, asam lambung, dan lain-lain.

Rekomendasi Makanan dan Minuman

Diet Anti Syok Pasca Ramadan/Foto: Pixabay.com/JerzyGorecki
Diet Anti Syok Pasca Ramadan/Foto: Pixabay.com/JerzyGorecki

Daripada makan makanan yang terlalu pedas atau berminyak, sebaiknya kamu memperbanyak konsumsi asupan yang lebih sehat. Makanan dari gandum utuh, salad, sayuran, buah, dan lain-lain lebih disarankan karena dapat membantumu memperolah nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Selain itu, kamu juga bisa meminum air kelapa, jus lemon, jus buah, dan lain-lain yang diolah dengan cara yang sehat.

Makan Secukupnya

Diet Anti Syok Pasca Ramadan/Foto: Unsplash.com/Farhad Ibrahimzade
Diet Anti Syok Pasca Ramadan/Foto: Unsplash.com/Farhad Ibrahimzade

Salah satu kebiasaan yang sering muncul saat Lebaran adalah keinginan untuk menghabiskan semua makanan enak di depan mata. Seolah lepas dari belenggu, banyak orang yang makan dengan jumlah tidak terkontrol baik dari segi jumlah maupun nutrisi. Hal ini tak hanya bisa memicu gangguan kesehatan, namun juga berpotensi meningkatkan berat badan.

Pastikan Tubuh Tetap Terhidrasi

Diet Anti Syok Pasca Ramadan/Foto: Unsplash.com/engin akyurt
Diet Anti Syok Pasca Ramadan/Foto: Unsplash.com/engin akyurt

Selain nutrisi cukup, tubuh yang terhidrasi juga menjadi kunci utama dalam pola hidup sehat. Jangan lupa minum air putih dalam jumlah yang cukup (1.5-2 liter sehari) agar kinerja organ tubuh tetap lancar dan mencegah timbulnya masalah kesehatan. Cairan yang cukup juga membantu detoksifikasi tubuh sehingga kotoran dan racun dengan mudah dikeluarkan dari dalam tubuh.

Kembali Berolahraga

Jenis Olahraga yang Bantu Turunkan Berat Badan Usai LebaranIlustrasi olahraga/ Foto: Freepik/Freepik

Apakah kamu mengurangi atau bahkan tidak melakukan olahraga selama Ramadan, Beauties? Jika demikian, sekarang adalah saatnya untuk kembali turun ke lapangan. Mulai lakukan lagi gerakan tubuh yang selama ini sudah jadi rutinitas gaya hidup sehatmu. Bahkan jika sebelumnya kamu jarang berolahraga, kenapa tak mulai melakukannya dari sekarang?

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk beradaptasi dengan pola makan baru saat Lebaran. Hal ini mungkin tidak mudah kamu lakukan, karena kamu perlu sedikit waktu untuk membiasakan diri. Namun dengan usaha yang tekun, kamu akan tetap berada di jalur sehat. Selamat mencoba, Beauties!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id