sign up SIGN UP

Hati-Hati, Beberapa Jenis Sayur dan Buah Ini Justru Bisa Memicu Perut Buncit

Sierra Muktisari | Beautynesia
Rabu, 20 Apr 2022 08:30 WIB
Hati-Hati, Beberapa Jenis Sayur dan Buah Ini Justru Bisa Memicu Perut Buncit
caption
Jakarta -

Dalam mengonsumsi makanan sehari-hari, sayur-sayuran dan buah-buahan menjadi salah satu jenis makanan yang tak boleh dilewatkan. Selain mengandung banyak vitamin hingga mineral, sayuran pun bisa diolah menjadi berbagai santapan yang lezat seperti salad, tumisan, hingga menjadi bahan campuran bersama bahan baku lainnya.

Sementara, buah kerap dijadikan berbagai minuman yang menyegarkan hingga menyehatkan seperti jus, sebagai topping saat memakan yogurt, dan masih banyak lagi.

Sayur dan buah memang identik dengan kata 'sehat', namun ternyata beberapa jenis sayur dan buah ada yang bisa memicu perut menjadi buncit, lho. Kok bisa? Simak ulasan lengkapnya berikut ini yuk, Beauties!

Apel dan Pir

Ilustrasi buah apel dan pirIlustrasi buah apel dan pir/ Foto: pexels.com/PlatoTerentev

Beauties, siapa di antara kamu yang suka mengonsumsi buah apel dan pir? Melansir Medical News Today, apel dan pir dikenal sebagai buah yang mengandung banyak vitamin, fiber, dan antioksidan. Namun, apel dan pir juga dikenal sebagai buah yang menyebabkan perut menjadi bucit atau kembung.

Hal ini dikarenakan kedua buah tersebut mengandung fruktosa yang merupakan gula yang sulit dicerna oleh sebagian orang. Selain itu, buah pir juga mengandung sorbitol yang bisa memicu perut kembung bagi beberapa orang.

Untuk menghindari perut kembung hingga buncit, kamu bisa mengganti buah apel dan pir dengan buah lainnya yang tak menyebabkan hal tersebut seperti pisang, anggur, strawberry, blueberry, hingga blackberry.

Brokoli dan Sayuran Silangan Lainnya

Brokoli / foto : pexels.com/CatsComingIlustrasi Brokoli/ foto: pexels.com/CatsComing

Untuk kamu yang belum tahu, sayuran silangan atau cruciferous vegetables merupakan sayuran yang masuk ke dalam jenis brassicaceae, misalnya seperti brokoli, kembang kol, hingga kubis melansir dari Healthline.

Jenis sayuran tersebut kerap ditemukan sehari-hari dalam masakan dan mudah diolah, Beauties. Selain itu, terdapat pula berbagai nutrisi di dalamnya seperti fiber, kalium, hingga vitamin C dan K.

Namun, brokoli dan jenis sayuran silangan lainnya juga memicu beberapa gejala tak menyenangkan dalam proses pencernaan, salah satunya kembung yang memicu perut jadi terlihat lebih buncit.

Alternatifnya, kamu bisa mengganti sayuran tersebut ke jenis lainnya yang tak menyebabkan kembung seperti bayam, zucchini, wortel, hingga asparagus.

Bawang Bombay

foto: Bawang bombay/freepik.comIlustrasi Bawang bombay/ Foto: freepik.com

Bawang bombay termasuk ke dalam sayuran jenis umbi bawah tanah yang kerap menjadi bumbu pelengkap dalam masakan. Kamu pastinya kerap menemukan bawah bombay dalam berbagai olahan tumisan, pasta, teriyaki, dan masih banyak lagi.

Melansir Healthline, meskipun bawang bombay biasanya dikonsumsi hanya dalam jumlah kecil, namun jenis sayuran yang satu ini mengandung fruktan yang dapat menyebabkan perut kembung.

Terlebih, beberapa orang memiliki kondisi tubuh yang cukup sensitif sehingga tidak dapat mencerna senyawa yang terkandung dalam bawang bombay, terutama yang masih mentah.

Namun, kamu bisa mengatasinya dengan memasak bawang bombay hingga matang untuk mengurangi pemicu masalah pencernaan. Alternatif lainnya, kamu juga bisa menggunakan bumbu atau rempah-rempahan yang masih segar untuk menggantikan bawang bombay.

---------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(sim/sim)

Our Sister Site

mommyasia.id