sign up SIGN UP

Praktis dan Lezat, Ini 4 Ide Kombinasi Makanan Sehat yang Bisa Kamu Coba untuk Bantu Turunkan Berat Badan

Putri Rizki Aulika | Beautynesia
Sabtu, 17 Sep 2022 09:30 WIB
Praktis dan Lezat, Ini 4 Ide Kombinasi Makanan Sehat yang Bisa Kamu Coba untuk Bantu Turunkan Berat Badan
caption

Tantangan dalam menjalani program diet umumnya adalah memilih makanan yang tepat. Terkadang, godaan mengonsumsi berbagai makanan cepat saji dan tinggi kalori sulit dihindari.

Salah satu solusi agar kamu konsisten untuk menurunkan berat badan dengan berkreasi di dapur. Memadukan makanan yang penuh nutrisi dan rendah kalori dalam satu piring dapat meningkatkan metabolisme tubuh.

Tak hanya bernutrisi, dilansir dari Eat This, Not That!, beberapa kombinasi makanan sehat untuk diet di bawah ini juga membuatmu tidak mudah lapar. Check this out!

Pisang + Selai Kacang

Pisang dan selai kacang/Foto: Freepik.com/freepik
Pisang dan selai kacang/Foto: Freepik.com/freepik

Kombinasi pisang dan selai kacang bisa kamu jadikan menu sarapan, makan makan, atau camilan sehat. Pisang sebagai sumber karbohidrat kompleks, sementara selai kacang sebagai sumber protein dan lemak sehat.

Keduanya berperan memperlambat pencernaan gula dalam tubuh dan membantu menjaga gula darah agar tidak melonjak. Dengan mengonsumsi pisang dan selai kacang juga dapat membuat kamu merasa kenyang lebih lama.

Oatmeal + Buah Beri

Oatmeal dan buah beri/Foto: Freepik.com/jcomp
Oatmeal dan buah beri/Foto: Freepik.com/jcomp

Mengontrol rasa lapar dengan mengonsumsi oatmeal dan buah menjadi salah satu pilihan baik. Serat yang terkandung dalam oatmeal membantu menurunkan kadar ghrelin, yaitu hormon yang mengontrol rasa lapar sehingga dapat mengurangi nafsu makan. Selain itu, kandungan serat yang tinggi dalam buah beri juga dapat membantu mencegah sembelit, meningkatkan penurunan berat badan dan menjaga saluran pencernaan tetap sehat. 

Sayuran Hijau + Minyak Zaitun

Salad/Foto: Freepik.com/timolina
Salad/Foto: Freepik.com/timolina

Membuat salad dari sayuran hijau dengan menambahkan sedikit minyak zaitun biasanya menjadi menu makanan diet favorit banyak orang. Minyak zaitun kaya akan lemak tak jenuh tunggal yang membantu menangkal rasa lapar.

Sayuran hijau rendah kalori seperti bayam, sawi, selada, brokoli dan lainnya secara umum mengandung serat, lutein, zeaxanthin, klorofil, kalsium, folat, vitamin C, dan beta karoten yang kaya nutrisi untuk melengkapi kebutuhan tubuh. Kamu bisa variasikan sayuran hijau berbeda setiap hari agar tidak mudah bosan mengonsumsinya.

Jagung + Kacang-kacangan

Jagung dan kacang-kacangan/Foto: Freepik.com/wirestock
Jagung dan kacang-kacangan/Foto: Freepik.com/wirestock

Jagung mengandung protein yang sehat dan dapat mengurangi rasa lapar atau membantu tubuh membakar kalori ekstra. Kacang-kacangan terindikasi bebas kolesterol dan bebas lemak, sebab indeks glikemik yang rendah menjadikan perut merasa lebih cepat kenyang.

Kamu bisa memasak resep sederhana seperti salad. Rebus jagung dan kacang, lalu bumbui dengan merica bubuk dan ketumbar. Tambahkan campuran sayuran hijau dan minyak zaitun, dan buat saus (dressing) kesukaanmu.

Nah, itulah beberapa ide kombinasi makanan yang bisa kamu coba untuk bantu menurunkan berat badan, Tertarik mencoba, Beauties?

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id