sign up SIGN UP

Punya Kebiasaan Malas Ganti Sarung Bantal dan Seprei? Catat, 4 Bahaya Ini Rentan Mengintaimu Lho!

Aqillah Diaz | Beautynesia
Selasa, 26 Jul 2022 07:15 WIB
Punya Kebiasaan Malas Ganti Sarung Bantal dan Seprei? Catat, 4 Bahaya Ini Rentan Mengintaimu Lho!
caption
Jakarta -

Tanpa disadari, bantal menjadi salah satu benda yang cukup sering kita temui yang dapat membuat tidur menjadi lebih nyenyak. Namun, banyak orang sering lupa untuk mengganti dan membersihkan sarung bantal dan seprei.

Hal ini sering terlewat karena kesibukan yang menumpuk. Padahal sarung bantal yang sudah lama tidak diganti dapat menjadi sumber makanan tungau dan membuat penumpukan debu pada bantal.

Oleh karena itu, kamu harus lebih rajin untuk mengganti sarung bantal maupun seprei agar tidurmu lebih nyaman dan terhindar dari jerawat. Dilansir dari CNN Indonesia, berikut bahaya dari kebiasaan malas ganti sarung bantal yang harus diketahui. Check 'em out!

1. Dapat Mengalami Masalah Kulit

Female with acneDapat Mengalami Masalah Kulit/ Foto: Getty Images/iStockphoto/bymuratdeniz

Bakteri akan menumpuk apabila kamu jarang mengganti sarung bantal. Kebiasaan ini dapat menyebabkan inflamasi hingga infeksi kulit pada wajah. Apalagi jika kamu juga tidak rajin untuk membersihkan makeup sebelum tidur, makeup tersebut bisa berakhir dengan menempel pada bantal.

Hal ini tentu akan menyebabkan berbagai masalah pada kulit wajah, seperti timbul jerawat atau breakout. Jadi, jangan sampai kamu pergi tidur tanpa membersihkan makeup dan tidak mengganti sarung bantal, ya! Usahakan untuk rutin menggantinya seminggu sekali dan menggunakan kain sarung bantal dengan bahan katun atau linen.

2. Dapat Menyebabkan Bersin-bersin dan Asma

Ilustrasi bersin di pagi hari karena cahaya.Dapat Menyebabkan Bersin dan Asma/Foto: pexels.com/andrea piacquadio

Tungau debu banyak ditemukan di sudut rumah, terutama barang yang dilapisi kain, seperti, kasur, sarung bantal, furniture yang berlapis kain, dan lainnya. Tungau yang menempel pada barang tersebut dapat menyebabkan kita menjadi bersin-bersin.

Bahkan, sisa sel kulit mati yang menempel pada sarung bantal pun dapat menjadi tempat nyaman bagi tungau debu dan bisa berbahaya apabila kamu hirup. Lama-kelamaan, ini bisa menyebabkan berbagai penyakit, termasuk asma.

3. Dapat Membuat Tidur Tidak Nyaman

Kunci utama untuk atasi susah tidur dan overthinking adalah dengan mencari ketenangan.Bikin Tidur Tidak Nyaman/Foto: freepik.com/karlyukav

Apabila kamu tidur dan terbangun terasa gatal pada badan dan panas pada kulit, bisa jadi salah satu penyebabnya adalah karena kamu jarang mengganti sarung bantal. Jarang mengganti sarung bantal dapat memicu hewan-hewan tak kasat mata, seperti tungau debu dan kutu busuk yang tinggal dengan nyaman di sarung bantal dan seprai yang jarang diganti.

Hewan ini biasanya dapat tumbuh dengan cepat dan menyebar ketika di sarung yang kotor. Jika kamu menemui hewan ini, segeralah ganti sarung bantal dan cuci menggunakan air panas, agar bakteri yang menempel bisa mati dan tidurmu terasa lebih nyaman. Jangan sampai kamu tidur dengan hewan-hewan tersebut ya!

4. Dapat Menimbulkan Alergi, Iritasi Kulit, dan Bintil

Ilustrasi gatalIlustrasi gatal/ Foto: Getty Images/iStockphoto

Dilansir dari Detik Health, tungau debu yang ada pada sarung bantal dapat memicu munculnya alergi. Hal ini dikarenakan adanya penumpukan bakteri dari hewan tak kasat mata tersebut yang dapat membuat tubuh menjadi iritasi, dan gatal-gatal hingga tubuh menjadi merah.

Tak hanya gatal dan iritasi, bintil pun dapat terjadi di sela jari atau di pergelangan, di siku, daerah lipatan tubuh, dan lainnya. Apabila kamu mengalami bintil di beberapa bagian tubuh segeralah untuk ke dokter dan diperiksa. Untuk menghindari hal ini, kamu harus rajin mengganti seprei dan sarung bantal seminggu sekali karena kuman akan semakin bertambah di tempat yang jarang dibersihkan.

Itulah beberapa deretan bahaya dari kebiasaan malas mengganti sarung bantal. Kini kamu sudah tahu, apakah masih malas menggantinya?

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id