STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Rekomendasi Jamu Tradisional, Kaya Manfaat dan Bantu Tingkatkan Imunitas Tubuh

Verticallya Yuri S.E Pratiwi | Beautynesia
Senin, 12 Jul 2021 10:15 WIB
Rekomendasi Jamu Tradisional, Kaya Manfaat dan Bantu Tingkatkan Imunitas Tubuh

Menjaga kesehatan tubuh terutama imunitas menjadi hal yang sangat penting. Terutama di masa pandemi Covid-19 yang membutuhkan perhatian extra demi menjaga tubuh dari paparan virus. Mulai dari kebersihan diri, asupan makanan, sampai perlindungan extra menggunakan masker.

Berbagai panganan bergizi sampai suplemen vitamin dikonsumsi demi menjaga daya tahan tubuh agar tidak turun. Indonesia sendiri sebagai negara yang kaya akan rempah-rempah, sayuran dan bahan pangan bergizi memiliki ragam makanan bergizi yang dapat meningkatkan imunitas tubuh terutama untuk menjaga diri dari Covid-19.

Salah atau panganan atau bahkan bisa disebut sebagai obat tradisional yang ada di Indonesia adalah jamu. Sebagai ramuan minuman yang telah ada sejak zaman dahulu, jamu tradisional memiliki penggemarnya tersendiri.

Beragam jamu dipercaya dapat menyembuhkan penyakit dan bahkan membentengi tubuh dari banyak penyakit. Tidak terkecuali untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Seperti deretan jamu berikut ini yang berkhasiat untuk meningkatkan daya tahan tubuh serta menjaga tubuh dari beragam penyakit. Simak rekomendasinya yuk!

1. Jamu dari Beras Kencur

Jamu beras kencur
Jamu beras kencur/Pinterest by dapurmiranti

Salah satu rempah yang biasa dibuat jamu adalah beras kencur. Selain sering dipakai sebagai olesan obat tradisional di saat keseleo atau bengkak dengan efek dinginnya, beras kencur juga dipercaya dapat membantu mengatasi nyeri badan, rasa mual sampai perut kembung.

Beras kencur juga dipercaya dapat meningkatkan nafsu makan. Dengan nafsu makan yang baik, maka tubuh akan lebih kuat dan tahan terhadap paparan penyakit. Hanya saja, harus dikonsumsi secara rutin dan sabar, agar khasiat dapat terlihat dengan baik.

2. Jamu dari Kunyit Asam

Jamu dari Kunyit Asam
Jamu dari Kunyit Asam/Pinterest by indojunkie

Merupakan campuran antara kunyit serta asam, jamu kunyit asam dapat digunakan sebagai penawar racun serta menetralisir racun yang ada di dalam tubuh. Kemudian jamu kunyit asam akan membantu membuang racun melalui urine dan keringat.

Manfaat lain dari jamu ini adalah dapat mengatasi pegal-pegal yang dirasakan setelah kerja berat dan kecapekan. Tak cukup sampai sana, terdapat kandungan Vitamin C yang cukup tinggi yang dapat membuat kulitmu jadi lebih cerah dan semakin sehat loh.

3. Jamu dari Brotowali

Brotowali
Brotowali/Pinterest by stylecraze

Pertama meminumnya mungkin kamu akan tidak suka dengan rasa pahit dari brotowali. Memiliki tampilan yang hitam pekat, juga tidak menggugah selera.

Tapi tahukah kamu? Di balik semua itu, brotowali memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Brotowali mengandung zat fitokimia, yaitu alkaloid, flavonoid, flavon glikosida, triterpen, diterpen, diterpen glikosida, firoditerpen, lakton, sterol, dan lignan.

Brotowali dipercaya dapat menjaga kadar gula darah dalam tubuh, mencegah aterosklerosis, menurunkan tekanan darah tinggi, serta mengatasi beberapa permasalahan kulit. Tetapi, dalam mengkonsumsinya kamu harus hati-hati dan jangan sampai berlebihan. Karena mengkonsumsi brotowali secara berlebihan dapat mengganggu fungsi hati dan ginjal.

4. Jamu dari Temulawak

Temulawak
Jamu temulawak/pinterest by simpleveganblog

Kamu mungkin sering dengar soal temulawak yang memiliki banyak khasiat dan kerap masuk ke dalam beragam produk vitamin atau minuman energi. Tetapi mengonsumsinya sebagai jamu akan jadi pengalaman baru yang patut dicoba.

Karena rasa dan khasiat yang kamu dapatkan akan berbeda dari mengonsumsinya hanya sebagai suplemen biasa. Manfaat dari temulawak sendiri sudah dikenal luas, di antaranya adalah untuk menambah nafsu makan, dapat mengobati gangguan pencernaan, menghilangkan kram perut saat menstruasi, mengatasi masuk angin, mempengaruhi metabolism dari lemak, membantu pengobatan kanker, sampai membantu dalam mengatasi radang sendi.

Dengan banyak manfaatnya tersebut, tak heran temulawak jadi salah satu rempah-rempah primadona di Indonesia.

Beauties, itu dia manfaat jamu tradisional. Bagaimana, tertarik untuk mencoba meminum jamu esok hari?

(ria/ria)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE