STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600

Sajian Makanan Wajib Masyarakat Korea Selatan Saat Merayakan Hari Seollal

Dina Natasya | Beautynesia
Senin, 23 Jan 2023 21:30 WIB
Sajian Makanan Wajib Masyarakat Korea Selatan Saat Merayakan Hari Seollal
Potret jajanan tradisional Korea untuk merayakan Seollal. (Foto: instagram.com/hami.mommy)

Pada minggu ke-empat Januari mulai dari (22/1), hampir seluruh penjuru dunia merayakan Tahun Baru Imlek 2023. Tahun Baru Imlek disebut sebagai Seollal oleh masyarakat Korea Selatan yang juga turut merayakannya.

Dalam memperingati awal tahun dalam kalender lunar tersebut, masyarakat Korea akan menghabiskan waktu untuk berkumpul bersama keluarga dengan ditemani oleh hidangan lezat tradisional yang jarang disajikan di hari biasa. Jadi, berikut ini adalah sederet makanan khas untuk merayakan Tahun Baru Imlek di Korea Selatan.

Simak yuk, Beauties!

1. Galbi-jjim

Potret Galbi-jjim
Potret Galbi-jjim/ Foto: instagram.com/bini_sictac

Olahan daging sapi tak terlewatkan oleh masyarakat Korea dalam merayakan peringatan hari besar, termasuk Seollal. Galbi-jjim menjadi menu utama yang wajib ada di meja makan saat berkumpul bersama keluarga pada peringatan Tahun Baru Imlek.

Galbi-jjim sendiri merupakan iga sapi yang diolah menggunakan kecap asin dan bumbu tradisional. Biasanya penyajian Galbi-jjim disertai dengan taburan wijen, potongan lobak, kentang, dan wortel sehingga cita rasanya semakin kaya.

2. Japchae

Potret Japchae
Potret Japchae/ Foto: myplantifulcooking.com

Japchae adalah makanan favorit saat Tahun Baru Imlek di Korea Selatan. Mie sebagai bahan makanan yang dicintai oleh sejuta orang akan ditingkatkan cita rasanya dalam kemewahan resep Japchae. Pada umumnya, mie yang digunakan dalam olahan Japchae adalah sohun.

Sohun kemudian dimasak bersama aneka sayuran, tahu, rempah-rempah, minyak wijen, dan kecap asin. Hidangan Japchae pada Tahun Baru Imlek ini juga telah diterapkan oleh masyarakat Korea sejak zaman kerajaan.

3. Kimchi

Potret Kimchi
Potret Kimchi/ Foto: instagram.com/hami.mommy

Dalam kehidupan sehari-hari, Kimchi seolah menjadi lauk yang sering melengkapi sajian masakan rumah khas Korea. Namun hidangan Kimchi akan diolah menjadi lebih istimewa di perayaan Seollal.

Jika biasanya makanan fermentasi sayur tersebut dihadirkan dengan bumbu yang pekat, Kimchi di Tahun Baru Imlek akan disajikan dengan bumbu kental yang tidak meninggalkan cita rasa pedas dan segar. Sayuran yang dimasak dalam satu hidangan Kimchi pun bervariasi mulai dari lobak, kubis, wortel, timun, dan daun bawang.

4. Jeon

Potret Jajanan Tradisional Korea
Potret Jajanan Tradisional Korea/ Foto: instagram.com/sera._.lee

Camilan yang akan menemani kebersamaan keluarga dalam kehangatan rumah di perayaan Tahun Baru Imlek adalah jajanan tradisional. Korea Selatan memiliki banyak jenis jajanan tradisional dan paling populer di hari Imlek adalah Jeon atau panekuk.

Panekuk dapat dihidangkan dengan berbagai bentuk dan warna yang menarik sesuai beberapa jenisnya yaitu ge matsal jeon (panekuk berbentuk hati), pyogo beoseot jeon (panekuk jamur shitake), hobak jeon (panekuk zukini), sanjeok (panekuk daging dan sayur) dan masih banyak lagi.

5. Sweet Rice

Potret Sweet Rice
Potret Sweet Rice/ Foto: instagram.com/hami.mommy

Jajan rumahan Sweet Rice seringkali tersaji tepat pada bulan purnama pertama di tahun baru Imlek. Sweet Rice adalah hidangan yang dibuat dengan cara memasak beras ketan beserta buah dan kacang-kacangan seperti kurma, jujube, kastanya, kranberi, dan kismis.

Semua bahan tersebut dicampur hingga warnanya menjadi kemerahan serta menguarkan aroma manis yang siap melengkapi kebahagiaan dalam merayakan tahun baru Imlek.

Beauties, itulah sederet makanan bercita rasa lezat yang wajib disajikan dalam perayaan hari Seollal di Korea. Bagaimana Beauties, tertarik untuk membuat masakan khas Korea di hari Imlek?

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(sim/sim)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE