sign up SIGN UP

Selain Nggak Perlu Keluar Banyak Duit, 5 Manfaat Ini Bisa Kamu Dapatkan Saat Skipping!

Nur Amalina Izzati | Beautynesia
Senin, 16 May 2022 09:30 WIB
Selain Nggak Perlu Keluar Banyak Duit, 5 Manfaat Ini Bisa Kamu Dapatkan Saat Skipping!
caption

Meski sibuk, sebenarnya ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk tetap berolahraga, lho, Beauties. Salah satunya adalah skipping atau lompat tali. Jenis olahraga ini termasuk kelompok olahraga pliometrik, yaitu olahraga ringan yang dapat meningkatkan kekuatan tubuh.

Nah, apa saja, sih, manfaat skipping untuk kesehatan? Berikut 5 manfaat olahraga skipping untuk kesehatan yang telah dirangkum dari Healthline. Yuk, simak!

Meningkatkan Keseimbangan Tubuh

Melakukan skipping dapat meningkatkan keseimbangan tubuh/foto: freepik.com/marymarkevich
Melakukan skipping dapat meningkatkan keseimbangan tubuh/foto: freepik.com/marymarkevich

Skipping secara rutin dapat membantu untuk meningkatkan keseimbangan tubuh. Selain itu, gerakan skipping juga melibatkan koordinasi lengan, kaki, dan dada sambil menjaga ritme yang konstan. Kamu bisa memutuskan seberapa cepat untuk melompat dan memutar tali, sehingga perlahan dapat membangun koordinasi dan keseimbangan berdasarkan kebutuhan.

Membakar Kalori

Melakukan skipping dapat membakar kalori/foto: freepik.com/freepic.diller
Melakukan skipping dapat membakar kalori/foto: freepik.com/freepic.diller

Jumlah kalori yang terbakar selama latihan sangat tergantung pada durasi latihan, intensitas, dan berat badan seseorang. Semakin banyak melakukan gerakan lompat tali, maka tubuh akan menghasilkan energi panas untuk membakar kalori. Melakukan skipping selama 20 menit dapat membakar sebanyak 200–300 kalori dalam tubuh.

Membangun Tulang Lebih Kuat

Skipping untuk meningkatkan kekebalan tubuh di saat pandemi Covid-19/foto:freepik.comIlustrasi skipping/Foto: Freepik.com

Melakukan skipping akan berdampak besar pada kesehatan tulang. Saat kamu melompat, tubuh merespon tekanan sementara pada tulang yang disebabkan oleh gaya reaksi tanah, sehingga akan membangun tulang lebih kuat dan lebih padat.

Memperkuat Otot

Melakukan skipping membantu memperkuat otot/foto: freepik.com/freepic.diller
Melakukan skipping membantu memperkuat otot/foto: freepik.com/freepic.diller

Selain membangun tulang lebih kuat, gerakan skipping bergantung pada otot tubuh bagian bawah (misalnya betis, paha, dan bokong), tubuh bagian atas (misalnya bahu dan bisep), dan otot perut. Hal itu tidak hanya membantu meningkatkan kekuatan otot saja, tetapi juga daya tahan otot, memungkinkan otot untuk berolahraga lebih lama, dan meningkatkan gerakan cepat.

Meningkatkan Kardio

Melakukan skipping dapat meningkatkan kardio/foto: freepik.com/freepik
Melakukan skipping dapat meningkatkan kardio/foto: freepik.com/freepik

Skipping atau lompat tali sangat baik untuk meningkatkan kebugaran kardiorespirasi. Ketika melompat terus menerus, maka akan membutuhkan lebih banyak darah dan oksigen untuk dipompa ke otot-otot yang bekerja. Sehingga meningkatnya detak jantung dan laju pernapasan akan mengakomodasi kebutuhan tersebut.

Hal itu dapat memperkuat jantung dan meningkatkan kapasitas paru-paru. Sehingga memungkinkan kamu untuk berolahraga lebih lama.

Nah, itulah beberapa manfaat dari olahraga skipping atau lompat tali untuk kesehatan. Siap berolahraga, Beauties?

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id