sign up SIGN UP

Sering Diabaikan, 5 Kebiasan Buruk di Rumah Ini Harus Segera Ditinggalkan Demi Kesehatan!

Niky Yunniarty Dermawan | Beautynesia
Selasa, 28 Jun 2022 22:00 WIB
Sering Diabaikan, 5 Kebiasan Buruk di Rumah Ini Harus Segera Ditinggalkan Demi Kesehatan!
caption

Beauties, saat berbicara tentang menjaga kesehatan, kebanyakan orang mungkin hanya akan berpikir mengenai mengurangi aktivitas merokok, tidak mengkonsumsi minuman beralkohol, dan memperbanyak olahraga. Namun, tahukah Beauties jika ada beberapa kebiasaan sederhana namun buruk yang sering terabaikan dan berdampak bagi kesehatan?

Dilansir dari Eat This, Not That!, Gabby Martin,  seorang supervisor di Bio Recovery mengungkapkan kebiasaan buruk yang sering dilakukan di rumah tapi bisa membahayakan kesehatan. Ia pun mengurutkan berdasarkan toksisitasnya.

Apa saja kebiasaan buruk itu? Ini dia penjelasan lengkapnya, Beauties!

Terlambat Mengganti Spons Cuci Piring

Terlambat Mengganti Spons Cuci Piring/freepik.com/freepik
Terlambat Mengganti Spons Cuci Piring/freepik.com/freepik

Beauties, aktivitas mencuci piring biasanya dengan spons pencuci biasanya digunakan secara berkali-kali sebeum akhirnnya diganti jika dirasa sudah rusak parah. Ternyata hal ini sangat berbahaya, lho!

Gaby menuturkan, ahli mikrobiologi telah menemukan bahwa dalam spons cuci ternyata mengandung lebih banyak bakteri berbahaya. Nah, mulai sekarang harus sering mengganti spons cuci piring kalian di rumah ya, minimal ganti seminggu sekali.

Merendam Piring Kotor di Wastafel

Merendam Piring Kotor di Wastafel/freepik.com/peoplecreations
Merendam Piring Kotor di Wastafel/freepik.com/peoplecreations

Beauties, apa kamu sering merendam piring atau cucian kotor bekas makanan di wastafel? Jika iya, alangkah lebih baiknya hentikan sekarang demi kesehatan.

Memang kebanyakan orang akan berpikir bahwa dengan merendam piring kotor dapat membersihkan piring tersebut. Ternyata itu keliru, Beauties. Jika kamu merendam piring kotor lebih dari 15 menit, maka kamu harus membersihkannya dua kali lebih teliti lagi. Sebab, merendamnya dalam waktu yang lama akan membuat piring-piring tersebut menghasilkan koloni bakteri baru, dan bahkan berpotensi lebih berbahaya daripada toilet di rumah!

Tidak Pernah Membersihkan Remote TV

Lupa dan Tidak Pernah Membersihkan Remote Control – TV/freepik.com/tirachardz
Tidak Pernah Membersihkan Remote Control – TV/freepik.com/tirachardz

Kebanyakan orang melupakan remote TV, sampai suatu saat mereka perlu untuk mengganti channel TV atau mengganti volumenya. Kemudian, biasanya kamu juga memindahkan remote TV saat akan membersihkan ruangan, sehingga kamu lupa membersihkannya.

Beauties, ternyata jika remote TVtidak dibersihkan, benda tersebut juga memiliki peluang untuk pertumbuhan bakteri yang berbahaya, lho! Mulai sekarang, jangan lupa membersihkan remote TV secara rutin, ya!

Menggunakan Handuk yang Sama

Menggunakan Handuk yang Sama/freepik.com/freepik
Menggunakan Handuk yang Sama/freepik.com/freepik

Kebiasaan buruk yang sering diabaikan dan dapat mempengaruhi kesehatan selanjutnya adalah menggunakan handuk yang sama berkali-kali. Menggunakan handuk yang sama berkali-kali tanpa mencucinya di sela-sela penggunaan dapat menyebarkan bakteri yang berbahaya. Maka dari itu, sangat disarankan untuk mencuci handuk dan menggantinya secara berkala.

Menggunakan Terlalu Banyak Produk Pembersih

Menggunakan Terlalu Banyak Produk Pembersih/freepik.com/wayhomestudio
Menggunakan Terlalu Banyak Produk Pembersih/freepik.com/wayhomestudio

Gaby Martin menegaskan bahwa menggunakan produk pembersih akan menodai dan meninggalkan residu yang sulit untuk dihilangkan. Seperti yang Beauties ketahui, bahwa produk pembersih tentunya menggunakan deterjen yang kuat untuk menghilangkan patogen umum.

Akan tetapi penggunaan bahan kimia yang kuat dan banyak ternyata dapat membahayakan. Maka Beauties, gunakanlah produk pembersih secukupnya, sehingga penumpukan produk tidak sulit untuk dihilangkan.

Nah, Beauties itu dia beberapa kebiasaan buruk yang sering disepelekan akan tetapi berbahaya untuk kesehatan. Semoga bermanfaat!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id