sign up SIGN UP

Sering Disebut Menu Diet Efektif, 5 Makanan Ini Justru 'Jebakan' Karena Sumbang Kalori Tinggi

Zeyra Haya | Minggu, 24 Oct 2021 07:30 WIB
Sering Disebut Menu Diet Efektif, 5 Makanan Ini Justru 'Jebakan' Karena Sumbang Kalori Tinggi
caption

Memilih menu makanan saat diet tentu menjadi hal yang penting untuk dilakukan. Menu diet perlu disesuaikan dengan pola makan yang kita terapkan selama menjalani program diet.

Meski sedang menjaga berat badan, kita tetap harus memperhatikan pilihan makanan yang akan dikonsumsi. Makanan diet yang sehat tentunya harus mengandung nutrisi yang lengkap sehingga kebutuhan energi bagi tubuh tetap akan terpenuhi.

Banyaknya pilihan makanan kerap membuat kita sulit untuk menentukan mana yang baik untuk dikonsumsi dan mana yang tidak. Kita juga perlu mewaspadai makanan-makanan yang kelihatannya sehat namun ternyata justru seharusnya dihindari.

Jangan Tertipu! 5 Makanan Ini Ternyata 'Jebakan' Untuk Diet

Sering disebut menu diet efektif, ternyata beberapa makanan ini justru seharusnya dihindari saat diet karena mengandung kalori yang tinggi. Beauties, berikut adalah menu diet jebakan yang harus kita hindari.

1. Daging Olahan

Meski terlihat sehat, daging olahan justru jadi menu
Daging Olahan/Foto: pexels.com/Pixabay

Makanan dari daging olahan seperti sosis dan kornet memang terlihat memiliki protein yang tinggi. Namun ternyata, menu daging olahan justru seharusnya masuk ke dalam daftar makanan yang dihindari saat menjalani diet. Daging olahan cenderung memiliki kalori yang tinggi sebab saat proses pembuatannya banyak sekali dicampurkan lemak dan garam.

2. Kacang Almond

Sering dimakan sebagai camilan diet, ternyata kacang Almond justru memiliki kalori yang besar/Foto: pexels.com/Karolina Grabowska
Kacang Almond/Foto: pexels.com/Karolina Grabowska

Memang benar jika pada kacang Almond terkandung berbagai macam nutrisi seperti protein, serat, magnesium hingga Vitamin E dan Vitamin B. Namun saat diet, ada baiknya hindari memakan terlalu banyak kacang Almond karena kacang ini juga memiliki kalori yang besar. 7 buah kacang Almond diperkirakan mengandung 50 kalori.

3. Olive Oil

Memakai Olive Oil sebagai pengganti minyak goreng saat diet, efektif kah?/Foto: pexels.com/RODNAE Production
Olive Oil/Foto: pexels.com/RODNAE Production

Olive oil kerap digunakan sebagai pengganti minyak goreng. Ternyata, ini termasuk menu jebakan diet. Meski memiliki sejumlah nutrisi baik untuk tubuh, nyatanya olive oil juga cukup mengandung banyak kalori yakni sekitar 50 kkal per satu sendok teh.

Solusinya adalah mengubah cara memasak goreng menjadi menumis dan gunakan olive oil secukupnya.

4. Madu

Ternyata menu jebakan diet, madu memiliki kalori yang sama dengan gula/Foto: pexels.com/Adonyi Gabor
Madu/Foto: pexels.com/Adonyi Gabor

Sama halnya dengan olive oil, madu kerap digunakan sebagai pengganti gula. Faktanya, kalori dalam satu sendok madu hampir setara dengan kalori dalam satu sendok gula. Maka, menggunakan madu saat makan pancake atau minum teh untuk menggantikan gula sebenarnya bukan pilihan yang tepat.

5. Bumbu Kacang

Awas jebakan! bumbu kacang justru banyak mengandung kalori/Foto: food.detik.com
Bumbu Kacang/Foto: food.detik.com

Salah besar jika kita berpikir bahwa gado-gado adalah menu diet yang efektif. Menu tersebut memang terlihat sehat karena terdiri dari sayur-sayuran. Namun bumbu kacang justru adalah jebakannya. Saus kacang adalah makanan yang seharusnya dihindari saat diet karena berkalori besar. Satu sendok bumbu kacang mengandung sekitar 65 kalori.

Beauties, itulah beberapa makanan 'jebakan' saat diet. Teliti kembali pola makan dan asupan nutrisi makananmu agar diet dapat berjalan efektif dan maksimal.

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id