sign up SIGN UP

Sering Merasa Cemas dan Tercekam Akibat Pandemi Covid-19 Belum Usai, Ini Cara Mengatasinya

Justina Nur | Selasa, 27 Jul 2021 07:30 WIB
Sering Merasa Cemas dan Tercekam Akibat Pandemi Covid-19 Belum Usai, Ini Cara Mengatasinya
caption

Pandemi Covid-19 yang telah melanda berbagai belahan dunia termasuk Indonesia, sejak awal tahun 2020 hingga kini tampaknya belum menunjukkan tanda-tanda akan mereda. Tentu saja, pandemi ini telah menimbulkan dampak besar pada kehidupan banyak orang.

Banyak orang yang merasa stres dan ketakutan, takut terkena infeksi akibat virus COVID-19, takut kehilangan orang yang dicintai, hingga takut kehilangan mata pencaharian. Tak hanya itu, tindakan pencegahan Covid-19 seperti social distancing ternyata juga dapat menimbulkan perasaan terisolasi dan kesepian, yang dapat meningkatkan stres dan kecemasan.

Untuk kamu yang sedang stres, sebaiknya belajarlah mengatasinya dengan cara yang sehat, sehingga dapat membuatmu, dan orang-orang yang kamu sayangi menjadi pribadi yang lebih tangguh. Kamu juga bisa menerapkan cara mengatasi stres dan kecemasan saat pandemi Covid-19 dengan tips berikut ini. Simak yuk, Beauties!

Beristirahat dari Menonton dan Membaca Berita

Kurangi melihat media sosial
Kurangi melihat media sosial/Pexels.com/Cottonbro

Kamu bisa mengambil jeda waktu untuk terpapar dari informasi mengenai pandemi yang sering dikabarkan salah satunya di media sosial. Informasi tersebut memang penting, akan tetapi kesehatan mental dan jiwamu juga tidak kalah penting untuk dijaga. Oleh karena itu, pertimbangkan untuk membatasi waktu melihat media sosial atau berita untuk sementara waktu.

Kurangi Perilaku yang Memicu Kecemasan

Saat pandemi seperti sekarang, tentu kamu kerap merasa khawatir mengenai gejala-gejala yang timbul pada tubuh, apakah termasuk positif Covid-19 atau tidak. Akan tetapi, jika terlalu sering berfokus pada gejala tubuh, maka hal ini justru dapat membuat kamu makin cemas dan panik. Oleh karena itu, sebaiknya kurangi perilaku tersebut agar kecemasanmu tidak semakin bertambah ya, Beauties!

Fokus Menjalani Hari Ini

Fokus menjalani hari ini
Fokus menjalani hari ini/Pexels.com/Ivan Samkov

Banyak yang membandingkan kondisi sekarang dengan masa lalu, di mana kita bisa hidup tenang tanpa dibayangi ketakutan akan terkena virus Covid-19. Akan tetapi, memikirkan dan membandingkan keadaan tersebut tidak akan membawamu menuju ke kondisi yang baik. Cobalah untuk fokus menjalani hal yang sekarang harus dilakukan, dan tidak perlu memikirkan secara berlebihan mengenai masa lalu dan masa depan.

Tetap Jaga Kesehatan Tubuh

Tidur yang cukup, olahraga, konsumsi makanan bergizi, dan menghindari kebiasaan buruk juga dapat membantumu melindungi kesehatan mental dan sistem kekebalan tubuh. Berusahalah untuk selalu jaga kesehatan tubuh ya, Beauties. Karena terkadang kecemasan dapat membuatmu menjadi lalai akan dirimu sendiri.

Tetap Terhubung dengan Orang Lain

Tetap terhubung dengan orang lain
Tetap terhubung dengan orang lain/Pexels.com/Nastya_gepp

Cobalah untuk menghubungi orang-orang yang sekiranya dapat membantumu mengurangi kecemasan yang kamu alami, dan membuatmu tidak terlalu merasa kesepian. Kamu bisa menggunakan fitur video call dari beberapa aplikasi chat yang dapat memudahkanmu terhubung dengan orang terdekatmu.

Tarik Napas Sejenak

Ketika kamu merasa kewalahan, cobalah untuk ambil napas dalam-dalam beberapa kali untuk menenangkan diri. Kamu juga dapat mendengarkan musik favoritmu atau berjalan-jalan agar lebih merasa santai. Buatlah suasana rileks dan nyaman ketika rasa cemas menghampiri.

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id