sign up SIGN UP

Sering Sakit Perut Setelah Makan? Waspada, Penyakit Ini Mungkin Bersarang di Tubuhmu!

Riswinanti Pawestri Permatasari | Beautynesia
Senin, 12 Sep 2022 07:30 WIB
Sering Sakit Perut Setelah Makan? Waspada, Penyakit Ini Mungkin Bersarang di Tubuhmu!
caption

Sakit perut setelah makan bisa disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari kebanyakan makan hingga adanya masalah kesehatan. Meski demikian, sebagaimana dilansir dari Women’s Health, rasa tidak nyaman ini sebagian besar disebabkan oleh kondisi pencernaan yang sedang tidak baik-baik saja.

Rasa nyeri yang ditimbulkan pastinya membuat penderita tidak nyaman, bahkan mengganggu aktivitas. Walaupun umumnya tidak berlangsung lama, namun kondisi ini bisa saja menjadi pertanda adanya masalah serius dalam tubuhmu. Untuk lebih jelasnya, yuk simak ulasan berikut ini!

Gejala Sakit Perut Setelah Makan

Penyebab Sakit Perut Setelah Makan/Foto: Unsplash.com/Towfiqu barbhuiya
Penyebab Sakit Perut Setelah Makan/Foto: Unsplash.com/Towfiqu barbhuiya

Melansir lama Healthline, ada beberapa gejala yang umumnya timbul setelah mengonsumsi makanan. Beberapa di antaranya adalah mual, diare, refluks asam lambung, kembung, kram perut, rasa penuh pada perut, rasa cepat kenyang, rasa sakit pada perut bawah, rasa terbakar pada perut bawah, dan muntah.

Penyebab Sakit Perut Setelah Makan

Penyebab Sakit Perut Setelah Makan/Foto: Pexels.com/Sora Shimazaki
Penyebab Sakit Perut Setelah Makan/Foto: Pexels.com/Sora Shimazaki

Sebagaimana disebutkan di atas, banyak hal yang bisa memicu sakit perut setelah makan. Untuk lebih jelasnya, melansir Women's Health, berikut ini daftarnya:

  • Refluks Gastroesofageal (GERD). Merupakan kondisi ketika asam lambung mengiritasi lapisan kerongkongan, dan menciptakan rasa mulas dan sakit pada perut. GERD biasanya muncul karena kamu mengonsumsi makanan secara berlebihan atau makan makanan pedas.
  • Iritasi Usus Besar (IBS). Iritasi usus besar merupakan gangguan yang dapat menyebabkan rasa sakit di perut dan mengakibatkan gas, diare, dan sembelit. Jika perut terus-menerus sakit setelah makan dan kamu mengalami sembelit atau diare, sebaiknya periksakan diri ke dokter untuk menjalani tes IBS.
  • Penyakit Celiac. Penyakit ini merupakan reaksi kekebalan terhadap makan gluten, seperti gandum, barley dan gandum hitam, yang dapat berdampak pada penderitanya dengan cara berbeda. Penyakit ini bisa menyebabkan kerusakan pada lapisan usus kecil yang ditandai dengan sakit perut.
  • Sakit Maag. Jika setelah makan kamu mengalami anemia, muntah, kesulitan menelan, atau terdapat darah dalam kotoran, itu bisa menjadi tanda maag. Jika hal ini terjadi, sebaiknya segera hubungi dokter.
  • Gastroparesis. Penyakit gastroparesis biasanya menyebabkan kelumpuhan sebagian otot perut. Alhasil, makanan menumpuk sehingga perut tidak dapat menampung dan mencerna lebih banyak lagi. Hal inilah yang menyebabkan rasa sakit dan mual pada perut.

Selain itu, masih ada penyebab lain yang mungkin menyebabkan rasa tidak nyaman setelah makan, misalnya gangguan pada pankreas, penyakit Crohn, atau adanya bakteri. Agar lebih aman, sebaiknya kamu segera memeriksakan diri ke dokter.

Cara Mencegah Sakit Perut Setelah Makan

Penyebab Sakit Perut Setelah Makan/Foto: Pexels.com/Andrea Piacquadio
Penyebab Sakit Perut Setelah Makan/Foto: Pexels.com/Andrea Piacquadio

Jika kamu mengalami beberapa gejala di atas, tenang dulu, Beauties. Karena ternyata sakit perut setelah makan bisa dicegah dengan beberapa cara, seperti tidak makan terlalu cepat, serta menghindari makanan yang merangsang pencernaan seperti makan pedas, berminyak, dan bersantan, memenuhi kebutuhan serat harian, dan memperbanyak minum air putih.

Nah, sekarang sudah tahu, kan, apa saja yang menyebabkan sakit perut setelah makan. Jika kamu mengalami gejala-gejala yang sudah disebutkan tadi, jangan ragu memeriksakan diri ke dokter agar masalah pencernaan kamu cepat teratasi, ya!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id