STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Stop Lakukan Kebiasaan Berikut! Jangan Buang Waktu & Energimu Buat Hal yang Sia-sia Ini

Anindya Milagsita | Beautynesia
Rabu, 01 Jun 2022 13:30 WIB
Stop Lakukan Kebiasaan Berikut! Jangan Buang Waktu & Energimu Buat Hal yang Sia-sia Ini

Beauties, tahukah kamu kalau ternyata ada berbagai kebiasaan yang dilakukan secara berulang-ulang dan tanpa disadari justru nggak baik bagi kesehatan? Bukan hanya kesehatan fisik, tapi juga mental. Seperti rasa lelah tak berkesudahan, stres, sampai mengganggu produktivitas harian.

Anehnya berbagai kebiasaan ini justru sering dianggap remeh dan nggak jarang diabaikan. Padahal saat melakukannya bisa buang waktu percuma sampai energi habis secara sia-sia. Jangan dibiarkan, kebiasaan buang energi dan waktu secara percuma bisa menghambat kamu buat meningkatkan kualitas diri, lho.

Biar nggak kejadian, yuk kenali kebiasaan buruk yang harus dihilangkan. Simak informasinya lewat artikel berikut ini, ya!

Terlalu Khawatir

Terlalu khawatir secara berlebihan jadi kebiasaan buruk yang membuang-buang energi dan waktu.
Sederet kebiasaan yang bisa buang-buang energi jadi sia-sia/freepik/cookie_studio

Khawatir menjadi salah satu perasaan yang wajar dialami oleh setiap orang. Tapi kamu harus mulai waspada kalau perasaan itu justru seringkali muncul secara berlebihan. Apalagi kalau sampai khawatir dengan berbagai hal kecil hingga sepele yang sebenarnya hanya wujud dari rasa takut akan hal yang belum tentu terjadi. 

Perasaan terlalu khawatir menjadi salah satu kebiasaan yang sebenarnya harus dikurangi, Beauties. Ini seperti dikutip dari Health Shorts, seorang dokter umum bernama Vikrant Shah mengungkap khawatir tidak akan menyelesaikan masalah. Justru dapat membuang-buang energi. Saat ada sesuatu yang dapat dilakukan, cobalah untuk berhenti khawatir dan ambil tindakan segera.

Sering Mengeluh

Suka mengeluh menjadi kebiasaan buruk yang membuang energi dan waktu percuma.
Sederet kebiasaan yang bisa buang-buang energi jadi sia-sia/freepik/diana.grytsku

Selain khawatir, suka mengeluh juga menjadi kebiasaan yang sebaiknya mulai dihindari sejak saat ini. Sama seperti perasaan khawatir, mengeluh juga tak dapat menyelesaikan masalah, Beauties. Suka mengeluh justru juga dapat memproyeksikan hal-hal yang negatif, lho.

Masih dikutip dari laman yang sama, Dokter Shah juga menekankan janganlah menjadi bagian dari masalah. Tapi justru jadilah bagian dari solusi. Dibandingkan menghabiskan waktu dan juga energi untuk mengeluh, cobalah melakukan sebuah hal atau produktivitas sebagai gantinya.

Overthinking

Kebiasaan overthinking yang membuang energi dan waktu jadi sia-sia.
Sederet kebiasaan yang bisa buang-buang energi jadi sia-sia/freepik/rawpixel.com

Istilah overthinking belakangan menjadi sebuah tren yang biasa dipakai anak muda hingga dewasa untuk menggambarkan kebiasaan memikirkan berbagai hal dengan rumit. Bahkan nggak jarang, perilaku overthinking dapat terjadi saat seseorang memikirkan kejadian yang sudah berlalu, Beauties.

Kebiasaan ini bisa menguras energi dan waktu, hingga menimbulkan kecemasan yang tak perlu. Terlalu banyak berpikir juga ternyata nggak membantu kamu bisa mendapatkan hasil yang lebih baik, lho.

Cobalah untuk berpikir sejenak dan membuat keputusan apa yang harus dilakukan dengan mempertimbangkan risiko. Lakukan dengan hati-hati tapi jangan berlarut-larut.

Hubungan Toxic

Mempertahankan hubungan toxic jadi kebiasaan buruk yang membuang-buang energi dan waktu.
Sederet kebiasaan yang bisa buang-buang energi jadi sia-sia/freepik/yanalya

Hubungan toxic biasanya digunakan sebagai istilah untuk pasangan kekasih ataupun jalinan percintaan yang merujuk pada hubungan tidak sehat. Padahal nggak hanya sebatas itu, Beauties. Sebuah hubungan persahabatan, persaudaraan, rekan kerja, hingga relasi bisnis pun bisa mengalami hubungan yang tak sehat. Kebiasaan untuk terus ada di lingkaran ini sebaiknya juga dihindari.

Dilansir dari Forbes, kelilingi dengan orang-orang yang toxic tak memberikan manfaat apapun dalam hidup. Selain itu, berada di antara mereka juga dapat menguras energi dan membuang waktu secara percuma.

Cobalah untuk mengembangkan jaringan dengan dikelilingi orang-orang yang memberi dampak positif. Cara ini diharapkan dapat membantu kamu mengembangkan diri menjadi lebih baik lagi.

People Pleaser

Mempertahankan kebiasaan sebagai people pleaser jadi kebiasaan buruk yang harus dihindari.
Sederet kebiasaan yang bisa buang-buang energi jadi sia-sia/freepik/rawpixel.com

Membuat orang lain senang tentu jadi kebahagiaan dan kepuasan tersendiri bagi banyak orang. Tapi kalau hal itu dilakukan dengan terlalu sering mengorbankan diri sendiri, hati-hati mungkin kamu bisa menjadi sosok people pleaserMasih dilansir dari laman sebelumnya, perlu diketahui kalau kamu tidak akan pernah bisa menyenangkan semua orang.

Hal terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan menyenangkan diri sendiri. Cobalah untuk mencari apa yang membuat kamu bahagia dan juga bangga atas diri sendiri, selama masih berada di jalur yang tepat. Kalau ada orang yang tak menyukai dirimu, itu bukan masalah kamu, melainkan urusan mereka.

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.