sign up SIGN UP

Suka Pakai Bra Saat Tidur? Ternyata Ini Dampak Buruknya untuk Kesehatan!

Natasha Riyandani | Beautynesia
Senin, 25 Jul 2022 15:30 WIB
Suka Pakai Bra Saat Tidur? Ternyata Ini Dampak Buruknya untuk Kesehatan!
caption

Saat tidur di malam hari, beberapa perempuan memilih untuk tidak melepaskan bra yang digunakan dan tetap memakainya. Sebagin orang berpikir bisa saja payudara mengendur karena tidak menggunakan bra saat tidur.

Hal tersebut karena kita semua mengetahui fungsi dari bra itu sendiri yakni untuk menopang payudara agar tetap kencang. Namun, sebagian orang mengatakan bahwa mengenakan bra saat tidur tidak baik untuk kesehatan.

Nah, kira-kira penggunaan bra saat beristirahat di malam hari berdampak apa untuk tubuh? Melansir dari beberapa sumber, salah satunya Firstcry Parenting, berikut dampak yang bisa saja terjadi bagi kesehatan karena penggunaan bra saat tidur. Simak yuk, Beauties!

1. Menghambat Sirkulasi Darah

Penggunaan bra saat tidur dapat menghambar sirkulasi darah dalam tubuhMenghambat Sirkulasi Darah/ Foto: Freepik.com/author/freepik

Mengenakan bra saat tidur dapat menghambat sirkulasi darah dalam tubuh, sehingga tidak dapat bergerak bebas. Selain itu, jika Beauties mengenakan bra kawat saat tidur dapat membuat tubuh terasa sesak dan sempit. Bahkan efek buruknya, kawat pada bra dapat menusuk kulit.

2. Pigmentasi

Apabila Beauties mengenakan bra secara terus menerus saat tidur dapat menyebabkan pigmentasi atau iritasi kulit di sekitar payudara. Kulit di sekitar payudara akan terasa gatal dan sakit karena penggunaan bra kawat yang menyentuh permukaan kulit payudara yang lembut.

Hal ini dapat membuat warna kulit di sekitar payudara menggelap. Sehingga, sebaiknya Beauties tidak menggunakan bra saat tidur atau menggunakan bra yang longgar dan lembut.

3. Tidur Tidak Nyaman

Penggunaan bra yang mengganggu dapat membuat tidur tidak nyaman
Tidur Tidak Nyaman/ Foto: Freepik.com/author/tirachardz

Kenyamanan saat tidur dapat dilakukan dengan memposisikan tubuh agar dapat bergerak bebas. Sementara itu, mengenakan bra di malam hari dapat membuat tidur tidak nyaman, yang akhirnya dapat memengaruhi kualitas tidur yang Beauties miliki.

4. Kanker Payudara

Kanker payudara dapat terjadi karena penggunaan bra saat tidur
Ilustrasi Kanker Payudara/ Foto: Freepik.com/author/diana-grytsku

Meski belum ada penelitian yang membuktikan dampak menggunakan bra saat tidur menyebabkan kanker payudara. Namun, seiring penggunaan yang terus menerus dilakukan dapat memberi dampak pada kesehatan.

Karena bra menarik bagian payudara terlalu kencang dan dapat membuat payudara terasa sakit. Sehingga, memungkinkan terjadinya kanker payudara.

5. Menyebabkan Benjolan di Payudara

Tidur menggunakan bra dapat menyebabkan benjolan pada payudara
Ilustrasi Periksa Benjolan di Payudara/ Foto: Freepik.com/author/stefamerpik

Benjolan atau kista payudara dapat terjadi pada orang yang menggunakan bra di malam hari. Payudara terasa kencang dan tertarik sehingga memicu penyebab peradangan kulit dan drainase yang dapat menyebabkan munculnya benjolan jinak di payudara.

6. Menyebabkan Jamur di Payudara

Menggunakan bra seharian dan tetap dikenakan hingga malam hari dapat menciptakan suasana lembap. Karena keringat yang terserap pada bra dapat berkembang biak dan memicu munculnya jamur.

Kulit di sekitar payudara dapat terasa gatal dan kemerahan. Jadi, sebaiknya bra harus diganti ya Beauties saat akan tidur di malam hari.

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id