sign up SIGN UP

Kabar Baik! Satu Diet Ini Bisa Turunkan Risiko Kanker Payudara Pada Perempuan!

Cica Rahmania | Beautynesia
Selasa, 28 Jun 2022 07:00 WIB
Kabar Baik! Satu Diet Ini Bisa Turunkan Risiko Kanker Payudara Pada Perempuan!
caption
Jakarta -

Apa yang kita makan sering kali berpengaruh pada kondisi kesehatan secara keseluruhan. Tak terkecuali terbentuknya sel kanker payudara pada perempuan. Konon, konsumsi daging bisa meningkatkan risiko penyakit tersebut.

Dikutip dari Eat This, ada diet tertentu yang bisa menurunkan risiko kanker payudara, yaitu pola makan nabati tertentu. Selama NUTRITION 2022, pertemuan tahunan American Society for Nutrition, ditampilkan hasil penelitian yang melibatkan 65.574 peserta yang dikumpulkan antara 1993 hingga 2014, per Medscape.

5 Tips Diet Hailey Bieber Agar Tubuhnya Tetap Ramping, Mudah Dicontek!Ilustrasi diet kanker payudara. / Foto: Getty Images/iStockphoto/karandaev

Dari data yang diperoleh menunjukkan orang-orang yang makan sedikit daging memiliki kemungkinan 14% lebih kecil untuk terkena kanker payudara. Namun, hasil itu hanya berlaku untuk peserta yang menjalani pola makan berbasis nabati.

Di sisi lain, mereka yang mengonsumsi makanan nabati tapi juga mengonsumsi makanan dan minuman yang tidak sehat justru bisa mengalami peningkatan risiko kanker payudara sebesar 20%.

"Hasil menunjukkan bahwa pola makan nabati terbaik untuk pencegahan kanker payudara adalah pola makan nabati yang sehat yang terdiri dari buah, sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan, dan kacang-kacangan," kata Sanam Shah, MBBS, FCPS, MPH, kandidat doktor dalam bidang epidemiologi di Universitas Paris-Saclay, Prancis, yang juga peneliti utama studi tersebut.

Veganuary, diet vegan khusus di bulan JanuariDiet nabati. (Foto: Pexels.com/Jill Wellington)

Shah menambahkan bahwa pola makan nabati juga bisa jadi pola makan yang tidak sehat, yaitu ketika makanan yang dikonsumsi berasal dari produk olahan. Orang yang menjalani pola makan nabati tidak sehat akan lebih kecil untuk pencegahan kanker payudara.

"Temuan ini menambah bukti yang menunjukkan bahwa makanan yang sangat halus, seperti keripik kentang, kentang goreng, dan jus, sementara vegetarian, kekurangan banyak nutrisi yang berkontribusi pada risiko kanker yang lebih rendah, termasuk serat, vitamin, mineral, dan fitonutrien," jelas Elizabeth Ward, MS, RDN, dan rekan penulis The Menopause Diet Plan, A Natural Guide to Hormones, Health and Happiness kepada Eat That.

Salad with tomatoes and cheese in the bowl on the wooden table with green healthy ingredients. Healthy food conceptIlustrasi diet nabati. / Foto: Getty Images/iStockphoto/RossHelen

Lebih lanjut, menurut Ward, pola makan nabati yang seimbang dan terencana bisa mengurangi risiko kanker. Konsumsi buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, kacang-kacangan, makanan kedelai dan biji-bijian dan tanaman lainnya juga memberi kebutuhan vitamin dan mineral seperti antioksidan, serat, dan fitonutrien, senyawa pelindung.

"Antioksidan dalam makanan nabati membantu melindungi sel dari bermutasi menjadi tumor."

Masalah lain yang perlu diperhatikan setelah pola makan nabati adalah kalori. Menurut Ward, "terlalu banyak makanan yang relatif tinggi kalori dapat menyebabkan kelebihan berat badan yang berhubungan dengan bentuk kanker payudara tertentu."

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fer/fer)

Our Sister Site

mommyasia.id