sign up SIGN UP

4 Cara Menjadi Perempuan dengan Gaya Hidup Minimalis, Tertarik Coba?

Sherley Gucci Permata Sari | Beautynesia
Kamis, 07 Apr 2022 07:15 WIB
4 Cara Menjadi Perempuan dengan Gaya Hidup Minimalis, Tertarik Coba?
caption
Jakarta -

Beauties, barangkali kamu sudah pernah mendengar gaya hidup minimalis. Yup, menjalani hidup dengan gaya hidup minimalis kini menjadi sebuah tren baru di kalangan masyarakat, khususnya kaum milenial. Tren ini semakin dikenal berawal dari kepopuleran gaya hidup minimalis dari menata rumah ala Marie Kondo.

Namun gaya hidup minimalis tak hanya mencakup soal rumah atau memiliki sedikit barang saja, lho, Beauties! Melansir dari The Minimalists, gaya hidup minimalis adalah sebuah alat atau cara untuk kamu mendapatkan kebebasan, seperti bebas dari rasa khawatir, bebas dari rasa bersalah, bebas dari rasa depresi, hingga bebas dari jebakan budaya yang melekat di masyarakat yang semestinya tak harus selalu dilakukan.

Hidup di zaman yang serba cepat dengan segala perubahannya, tak jarang membuat kamu mungkin ingin mencoba atau mengikuti segala perkembangannya atau dikenal dengan istilah FOMO (Fear of Missing Out). Sehingga menerapkan gaya hidup minimalis dapat menjadi solusi untuk perempuan dalam mengatasi masalah-masalah tersebut. 

Apa saja cara menjadi perempuan dengan gaya hidup minimalis? Yuk, simak ulasan yang sudah Beautynesia rangkum berikut ini!

Declutter

Declutter merupakan salah satu langkah awal untuk belajar memulai gaya hidup minimalis
Declutter/Foto: Pexels.com/shvets-production

Kebanyakan perempuan memang dianggap suka mengoleksi banyak barang, mulai dari barang penting hingga barang-barang yang unik dan lucu. Sehingga tak jarang ini menyebabkan banyaknya barang menumpuk di rumah, khususnya kamar tidur.

Tentu hal ini dapat memengaruhi tingkat stres pada perempuan, apalagi melihat banyaknya pakaian yang tertumpuk di lemari pakaian. Salah satu solusi yang dapat dilakukan adalah dengan declutter. Selain mengurangi faktor pemicu stres, dengan melakukan declutter kamu juga dapat membantu orang lain dengan membagikan barang-barang yang sudah tak terpakai lagi.

Belanja Sesuai Kebutuhan

Belanja sesuai kebutuhan merupakan salah satu bentuk dari gaya hidup minimalis
Belanja Sesuai Kebutuhan/Foto: Pexels.com/rodnae-productions

Salah satu kebiasaan perempuan dalam berbelanja adalah suka dengan hal-hal yang berbau lucu, tidak mau ketinggalan dengan tren fashion baru, hingga tidak ingin melewatkan sale. Bahkan, tak jarang mereka tidak memikirkan apakah barang yang ingin dibeli tersebut benar-benar butuh atau tidak. 

Salah satu kiat menjalani gaya hidup minimalis agar kamu benar-benar merasakan bebas dari rasa stres adalah dengan menerapkan belanja sesuai kebutuhan. Yup, selain mencegah terjadinya penumpukan barang di rumah, ini juga dapat membantumu dalam mengelola finansial dengan perasaan yang bebas dan tenang.

Eits, ini bukan berarti kamu orang yang pelit lho, Beauties! Dalam berbelanja penting untuk selalu utamakan nilai fungsional daripada hasrat semata.

Mindful dalam Menggunakan Media Sosial

Mindful dalam menggunakan sosial media merupakan slaah satu langkah untuk menjalani hidup minimalis
Ilustrasi/Foto: Pexels.com/Pixabay

Di era internet yang cepat dan bebas seperti saat ini juga dibarengi dengan perkembangan media sosial yang semakin signifikan. Hampir semua orang diseluruh dunia memiliki dan terhubung dengan media sosial. Memang, media sosial memiliki manfaat apabila digunakan dengan bijak.

Namun tak jarang, berseluncur di media sosial membuat orang-orang tidak produktif dan hanya membuang-membuang waktu. Bahkan, terlalu banyak menghabiskan waktu di media sosial juga dapat menjadi pemicu stres, karena menimbulkan perasaan tak ingin ketinggalan dengan tren baru yang ditampilkan orang lain. Selain itu juga perlu disadari bahwa kamu tak selamanya harus mengikuti tren-tren yang bermunculan di sekitarmu.

Mengatur Skala Prioritas

Belajar mengatur skala prioritas jufa dapat menjadi langkah untuk memulai gaya hidup minimalis
Ilustrasi/Foto: Pexels.com/cedric-fauntleroy

Mengatur skala prioritas jadi kiat terakhir yang dapat kamu lakukan untuk mencoba memulai gaya hidup minimalis, nih, Beauties. Yup, dengan mengatur skala prioritas ini juga akan membantumu mencegah timbulnya rasa khawatir, stres, hingga burnout yang muncul. Kamu bisa membuat to do list untuk membantumu mengatur skala prioritas yang harus dilakukan. 

Nah, itu tadi cara bagi kamu yang ingin mencoba menjalani gaya hidup minimalis. Selamat mencoba!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id