STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Tanam Tanaman dan Bumbu Dapur Sendiri di Rumah untuk Menghemat Uang Belanja, Simak Tipsnya Ini, yuk!

Meuthia Khairani | Beautynesia
Sabtu, 07 Jan 2023 12:30 WIB
Tanam Tanaman dan Bumbu Dapur Sendiri di Rumah untuk Menghemat Uang Belanja, Simak Tipsnya Ini, yuk!

Pandemi Covid-19 yang disusul oleh wabah hepatitis misterius, gagal ginjal misterius, dan varian wabah-wabah lainnya menimbulkan dampak pada kenaikan harga BBM, biaya listrik, dan harga barang, seiring kehidupan masyarakat mulai normal kembali.

Selain tetap mematuhi prokes, tampaknya masyarakat juga tetap perlu pintar-pintar mengelola keuangan agar lebih siap dan tidak panik tentang bagaimana belanja bahan makanan sehari-hari.

Salah satu caranya adalah dengan mengurangi belanja di pasar lalu mencoba menanam bahan dan bumbu masak sendiri, seperti lima tanaman dan bumbu dapur di bawah ini, Beauties.

1. Cabai

Cabai, salah satu bumbu dapur yang bisa ditanam sendiri/Foto: Pexels/ROMAN ODINTSOV
Cabai, bumbu dapur yang bisa ditanam sendiri/Foto: Pexels/ROMAN ODINTSOV

Beauties yang pecinta makanan pedas, perlu banget nih buat menanam cabai sendiri. Dilansir dari Instructables, cara menanam cabai ternyata cukup mudah. Kamu hanya perlu menanam biji cabai dan kubur di tanah.

Bijinya akan berkecambah dalam waktu sekitar satu minggu. Ada baiknya bila kamu menyiram tanahnya setiap hari agar terjaga kelembapannya. Hindari angin dan sengatan sinar matahari ya, Beauties.

Kamu juga perlu mengenakan sarung tangan saat menanam biji cabai dan hindari menyentuh mata, wajah, dan kulitmu saat menanam agar tidak mengakibatkan iritasi.

2. Bawang Merah

Bawang merah, bumbu dapur yang bisa ditanam sendiri/Foto: Pexels/Miguel Á. Padriñán
Bawang merah, bumbu dapur yang bisa ditanam sendiri/Foto: Pexels/Miguel Á. Padriñán

Bawang merah merupakan bumbu dasar yang paling sering muncul di resep-resep masakan Indonesia, sehingga stoknya harus selalu cukup untuk memasak sehari-hari. Bila harga di pasar sedang mahal, kamu tetap bisa mendapatkan bawang merah, yaitu dari hasil tanaman sendiri.

Mengutip SFG, bawang yang ditanam dari biji membutuhkan waktu sekitar lima bulan untuk matang dan bisa dipanen. Jika kamu menanam bawang dari bijinya, kamu perlu membuat suhu tanah menghangat sebelum disemai.

3. Serai

Serai, salah satu bumbu dapur yang bisa ditanam sendiri/Foto: Unsplash/volant
Serai, bumbu dapur yang bisa ditanam sendiri/Foto: Unsplash/volant

Dikutip dari Homes & Gardens, kamu bisa memulainya dari menabur benih serai ke dalam tanah, lalu tutupi dengan kompos dan pastikan tanamanmu tidak kekurangan cahaya untuk mempercepat berkecambah. Perkecambahan serai bisa terjadi sekitar 10-20 hari.  

Pastikan juga kamu selalu ingat untuk mengganti air setiap beberapa hari ya Beauties, demi mencegah pertumbuhan bakteri. Bila akar serai mulai muncul dan semakin memanjang, pindahkan ke pot yang sudah diisi kompos.

Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE