STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

9 Cara Cerdas dan Efektif untuk Mengelola Emosi di Tempat Kerja, Bukan Langsung Diluapkan!

Rizqa Fitriana | Beautynesia
Senin, 14 Nov 2022 05:00 WIB
9 Cara Cerdas dan Efektif untuk Mengelola Emosi di Tempat Kerja, Bukan Langsung Diluapkan!

Beauties, namanya juga manusia pastilah punya emosi yang kadang tidak tertahankan. Apalagi kalau menghadapi pekerjaan dengan tekanan tinggi.  

Nggak heran sih, karena pekerjaan memang memengaruhi kesehatan mental kita. Akui saja bahwa emosi di tempat kerja itu valid dan normal. Tapi tentunya kamu harus bijak dalam mengelola emosi di kantor agar nggak membuat suasana menjadi runyam ya.

Dilansir dari Very Well Mind, berikut ini beberapa cara cerdas yang bisa kamu coba untuk menghadapi dan mengelola emosi yang muncul saat bekerja. Simak!

1. Akui Emosi yang sedang Kamu Rasakan

Akui emosi yang sedang kamu rasakan/ Foto: unsplash.com/Jeshoots
Akui emosi yang sedang kamu rasakan/ Foto: unsplash.com/Jeshoots

Dengarkan sinyal yang diberikan tubuhmu. Seringkali, kita merasakan emosi kita di tubuh kita sebelum kita dapat mengidentifikasinya. Apakah wajah kamu memerah atau jantung berdebar kencang? Kamu mungkin lebih cemas daripada yang disadari.

Cobalah untuk tidak membuat keputusan apa pun saat merasa kesal atau gelisah. Penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pengambilan keputusan kita akan terganggu ketika merasa cemas. Maka tahanlah sejenak.

2. Sesuaikan dengan Budaya Perusahaan

Budaya setiap perusahaan berbeda dan beberapa perusahaan mungkin lebih rentan secara emosional daripada yang lain. Bahkan kalau kamu bekerja untuk perusahaan yang lebih terbuka untuk mendiskusikan emosi, tetaplah bijak untuk menerapkan beberapa batasan dalam hal pribadi.

3. Temukan Teman Diskusi

Temukan teman diskusi/ Foto: unsplash.com/Christina Wocintechchat
Temukan teman diskusi/ Foto: unsplash.com/Christina Wocintechchat

Terkadang nggak apa-apa untuk berbagi perasaan dengan rekan kerja. Namun, hati-hati dalam memilih teman di kantor dan jangan sampai salah meletakkan kepercayaan. Temukan sekutu terpercaya di tempat kerja yang dapat kamu ajak curhat saat keadaan terasa sulit.

4. Terima Bahwa Kamu Tidak Dapat Memilih Rekan Kerja

Kamu tidak bisa memilih dengan siapa kamu bekerja. Memang nggak dapat dihindari di tempat kerja, akan ada banyak kepribadian dan gaya kerja yang berbeda.

Nggak apa-apa sih, malah dengan adanya variasi umur dan karakter, membuat kamu belajar banyak mengenai orang lain. Namun terkadang rekan kerja inilah yang menyulut emosimu di tempat kerja. Jaga jarak dengan orang yang menyebalkan dan fokus saja menyelesaikan pekerjaan.

Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE