sign up SIGN UP

Tanpa Disadari, 5 Kebiasaan Ini Ternyata Bisa Merusak Fungsi Otak Lho!

Zeyra Haya | Beautynesia
Jumat, 01 Apr 2022 10:00 WIB
Tanpa Disadari, 5 Kebiasaan Ini Ternyata Bisa Merusak Fungsi Otak Lho!
caption

Sebagai pusat kendali seluruh tubuh, menjaga kesehatan otak dari risiko kerusakan adalah hal penting yang harus diperhatikan. Salah satu gejala kerusakan otak adalah terjadinya penurunan fungsi kerja otak.

Menurunnya fungsi otak seperti daya ingat dan kognitif sangat berbahaya karena dapat memicu timbulnya risiko penyakit otak seperti Demensia dan Alzheimer. Tak hanya pola makan, kebiasaan-kebiasaan buruk yang sering kali kita sepelekan juga dapat memperlambat kerja otak.

5 Kebiasaan Ini Ternyata Bisa Merusak Fungsi Otak

Direktur Pusat Pencegahan Gerakan Alzheimer Wanita di Klinik Cleveland, Jessica Caldwell mengatakan, mengubah kebiasaan buruk dapat membantu tubuh menua dengan sehat.

"Mengubah satu dari kebiasaan ini dapat mengubah cara kerja otakmu dan membantu kamu menua dengan lebih sehat dan lebih baik. Tidak ada kata terlambat untuk memulai," katanya.

Untuk itu, kita perlu lebih memperhatikan aktivitas keseharian kita. Beauties, berikut adalah beberapa kebiasaan yang harus dihindari karena terbukti dapat memicu kerusakan otak.

1. Mendengar Musik dengan Volume Terlalu Kencang

Sering dilakukan anak muda, mendengarkan musik terlalu kencang ternyata bisa merusak fungsi otak/Foto: pexels.com/Karolina Grabowska
(Sering dilakukan anak muda, mendengarkan musik terlalu kencang ternyata bisa merusak fungsi otak/Foto: pexels.com/Karolina Grabowska)

Mendengarkan musik menggunakan earphone tentu sudah jadi hal lumrah bagi banyak orang. Terkadang, saat terlarut dalam suasana kita sering tak menyadari seberapa kencang volume musik yang kita pasang. Siapa sangka, kebiasaan menaikkan volume lebih dari 60% dari volume maksimum justru dapat membahayakan kesehatan otak.

Pakar Charles Patrick Davis, MD, PhD mengungkapkan, kebiasaan ini akan menimbulkan gangguan pendengaran yang kemudian menjadikan otak harus bekerja lebih keras untuk memproses apa yang dikatakan dan tidak mampu menyimpan apa yang didengar ke dalam memori. Jika hal ini terjadi secara berulang, maka akan terjadi kerusakan fungsi otak.

2. Jarang Sarapan

Jangan abaikan sarapan! Kebiasaan skip sarapan justru bisa merusak otak/Foto: pexels.com/George Milton
(Jangan abaikan sarapan! Kebiasaan skip sarapan justru bisa merusak otak/Foto: pexels.com/George Milton)

Terutama bagi millenials, sarapan kerap disepelekan. Namun ternyata kebiasaan ini justru akan membawa dampak buruk bagi otak.

Setelah tidur dan bangun di pagi hari, tubuh membutuhkan pemenuhan nutrisi penting. Melewatkan sarapan akan berakibat pada kurangnya asupan kadar glukosa sehingga tekanan darah akan merendah dan berdampak pada penurunan kerja otak.

3. Menutup Kepala Saat Tidur

Menutup kepala saat tidur bisa menghambat aliran oksigen ke otak, stop lakukan kebiasaan tidur yang satu ini!/Foto: pexels.com/Karolina Grabowska
(Menutup kepala saat tidur bisa menghambat aliran oksigen ke otak, stop lakukan kebiasaan tidur yang satu ini!/Foto: pexels.com/Karolina Grabowska)

Siapa sangka, kebiasaan sepele ini ternyata juga memicu penurunan kerja otak. Kebiasaan menutup kepala saat tidur akan menghambat aliran darah sehingga mengurangi pasokan oksigen masuk ke otak. Oksigen sendiri berperan penting dalam proses kerja otak.

Kurangnya oksigen pada otak akan membuat seseorang cepat mengantuk serta mengalami penurunan daya ingat dan konsentrasi. Sel-sel otak sangat rentan terhadap perubahan pasokan oksigen. Bahkan jika terjadi gangguan pasokan oksigen ke otak untuk jangka waktu lama, dapat menyebabkan koma atau kematian.

4. Terlalu Banyak Makan tapi Kurang Minum Air Putih

Jangan sampai otak kekurangan air. Ini bahayanya/Foto: pexels.com/Andrea Piacquadio
(Jangan sampai otak kekurangan air. Ini bahayanya/Foto: pexels.com/Andrea Piacquadio)

Kebiasaan yang harus dihindari selanjutnya adalah kebiasaan kurang minum air putih tapi terlalu banyak makan. Perlu diketahui 80 persen bagian otak terdiri dari air, sehingga otak membutuhkan banyak asupan air agar dapat bekerja normal untuk berpikir cepat dan fokus.

Sementara kebiasaan terlalu banyak makan akan menyebabkan penumpukan kalori pada tubuh. Sejumlah penelitian mengungkap, menerima asupan kalori berlebihan dalam jangka waktu yang lama akan menyebabkan otak kehilangan memori atau memicu gangguan kognitif ringan (MCI) di masa depan.

5. Keseringan Multitasking

Sering dianggap bisa meningkatkan kemampuan, terlalu sering Multitasking justru dapat memicu penurunan fungsi otak/Foto: pexels.com/Karolina Grabowska
(Sering dianggap bisa meningkatkan kemampuan, terlalu sering Multitasking justru dapat memicu penurunan fungsi otak/Foto: pexels.com/Karolina Grabowska)

Terlalu sering multitasking atau mengerjakan banyak pekerjaan secara bersamaan juga dapat memicu kerusakan fungsi otak. Penerimaan terlalu banyak informasi dapat mengurangi daya ingat seseorang.

Alih-alih meningkatkan kecerdasan, penelitian dari University of London mengatakan bahwa multitasking justru dapat menurunkan skor IQ untuk sementara hingga 15 persen. Untuk itu, hindari kebiasaan multitasking ya.

Melansir dari detikNews, itulah beberapa kebiasaan yang sering kita lakukan setiap hari namun ternyata dapat memicu kerusakan otak. Beauties, bagaimana menurutmu?

_________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id