sign up SIGN UP

Tanpa Disadari, 6 Kebiasaan Sehari-hari Ini Dapat Merusak Fungsi Otak! Salah Satunya Kurang Tidur

Raudiya Nurfadilah | Jumat, 01 Oct 2021 08:45 WIB
Tanpa Disadari, 6 Kebiasaan Sehari-hari Ini Dapat Merusak Fungsi Otak! Salah Satunya Kurang Tidur
caption

Otak merupakan salah satu organ tubuh yang paling penting dan kompleks, yang berfungsi mengendalikan semua proses yang ada dalam tubuh.

Sama seperti organ tubuh yang lainnya, otak pun harus kita jaga untuk tetap sehat, karena jika fungsi otak terganggu maka bisa menghambat kinerjanya dalam melakukan tugas, yang tentunya juga berpengaruh pada fungsi bagian tubuh lainnya.

Beauties, secara tidak sadar, ada beberapa kebiasaan yang sering kita lakukan ternyata dapat merusak fungsi otak, lho. Berikut ini ada beberapa kebiasaan yang bisa merusaknya dan harus segera kita hindari.

Terlalu Banyak Makan Gula

Banyak makan gula bisa mengurangi fungsi otak
Banyak makan gula bisa mengurangi fungsi otak/ Foto: Freepik/ Wayhomestudio

Bagi kamu pecinta makanan manis, sebaiknya harus mengurangi asupan gula, nih! Karena mengutip laman Live Strong, ada sebuah penelitian yang dilakukan pada hewan oleh Harvard Medical School, dan menunjukkan hubungan antara konsumsi gula dan penuaan sel serta kekurangan memori dan kognisi.

Jika pada manusia, kamu dapat melihat dengan jelas dampak yang terjadi jika mengonsumsi gula berlebih yakni menderita diabetes. Penyakit yang ditandai dengan kadar glukosa darah yang tinggi secara kronis ini dapat memengaruhi konektivitas fungsional otak, mengecilkan atau menyebabkan penyakit pembuluh darah kecil, yang menghambat aliran darah di otak, sehingga terjadinya kesulitan secara kognitif.

Merokok

Kebiasaan merokok dapat merusak fungsi otak
Kebiasaan merokok dapat merusak fungsi otak/ Foto: Freepik/ Nensuria

Kebiasaan merokok memang bisa memberi dampak buruk bagi kesehatan seperti bisa menyebabkan kanker, penyakit jantung, penyakit yang berhubungan dengan paru-paru, hingga dapat merusak hampir semua organ tubuh.

“Merokok dapat merusak lapisan pembuluh darah dan dapat menyebabkan penyempitan, yang dapat menyebabkan berkurangnya aliran darah ke otak,” ujar Rahul Jandial, MD. PhD, seorang ahli bedah saraf  juga ilmuwan yang berbasil di LA.

Semakin sedikit darah beroksigen membasahi otak, maka semakin sedikit pula nutrisi mendasar yang diterimanya.

Tidak Cukup Tidur

Ubah kebiasaan begadang agar tidak merusak fungsi otak
Ubah kebiasaan begadang agar tidak merusak fungsi otak/ Foto: Freepik/ Freepik

Kebiasaan lain yang dapat merusak fungsi otak adalah tidak cukup tidur. Sebuah studi yang dilakukan pada September 2018 di Sleep menyimpulkan bahwa kinerja kognitif –termasuk memori, penalaran, pemecahan masalah, dan keterampilan komunikasi, terganggu pada orang-orang yang biasanya tidur kurang dari tujuh atau lebih delapan jam per malam.

Melewatkan Sarapan

Melewatkan jam sarapan ternyata bisa merusak fungsi otak
Melewatkan jam sarapan ternyata bisa merusak fungsi otak/ Foto: Freepik/ Tirachardz

Kebiasaan ini harus diubah ya, Beauties, karena otak kita juga membutuhkan nutrisi yang tepat pada waktu yang tepat pula agar bisa berfungsi dengan baik. Mengutip laman Medindia, gaya hidup yang serba cepat, membuat kita menghindari atau melewatkan sarapan untuk menghemat waktu pada pagi hari.

Hal tersebut bisa mengakibatkan suplai gula yang rendah dan suplai nutrisi yang buruk ke otak. Otak membutuhkan glukosa murni untuk berfungsi dengan baik. Jika nutrisi yang diserap buruk, berisiko memiliki efek berbahaya jangka panjang seperti degenerasi sel-sel otak.

Kurang Bersosialisasi

Harus mulai bersosial agar fungsi otak tetap baik
Harus mulai bersosial agar fungsi otak tetap baik/ Foto: Freepik/ Jcomp

Bersosialisasi dan berbicara, mendorong pertumbuhan dan perkembangan otak. Percakapan intelektual dapat memperkuat fungsi otak dan meningkatkan kapasitasnya untuk bekerja.

Kamu dapat meningkatkan kreativitas dengan bertemu orang dan mencari teman baru. Jika kamu tidak melakukan sosialisasi dengan orang lain atau dengan kata lain kebiasaan berkomunikasimu cenderung rendah, kamu pun jadi merasa rendah diri dan tertekan.

Kurang Olahraga

Kurang olahraga membuat fungsi otak berkurang
Kurang olahraga membuat fungsi otak berkurang/ Foto: Freepik/ Tirachardz

Manfaat yang dirasakan setelah olahraga bukan hanya membuat tubuh menjadi sehat tetapi bisa membuatmu lebih fleksibel dan meningkatkan mobilitas. Jika kamu kurang berolahraga, mobilitas dan daya gerak otak berkurang, serta bisa menurunkan stabilitas dan keterampilan motorik.

Sebuah penelitian menunjukkan olahraga dapat membuat kita lebih awet muda dengan melepaskan hormon bahagia yang disebut endorfin.

Itulah beberapa kebiasaan yang ternyata tanpa disadari bisa membuat fungsi otak kita menurun. Oleh karena itu, ayo kita ubah gaya hidup menjadi lebih sehat, karena manfaat yang dirasakan bukan hanya otak saja tetapi tubuh kita pun bisa menjadi lebih sehat.

---------------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!


Our Sister Site

mommyasia.id