sign up SIGN UP

Tanpa Perlu Bergantung dengan Obat Tidur, 5 Cara Ini Bantu Atasi Masalah Insomnia yang Menyerangmu

Zeyra Haya | Minggu, 08 Aug 2021 23:15 WIB
Tanpa Perlu Bergantung dengan Obat Tidur, 5 Cara Ini Bantu Atasi Masalah Insomnia yang Menyerangmu
caption

Umumnya minimal waktu tidur ideal seorang dewasa adalah 8 jam per hari. Faktanya di Indonesia, presentase penderita insomnia diperkirakan mencapai 10% atau sekitar 23 juta jiwa diantaranya menderita insomnia, dengan waktu tidur hanya 6 jam atau bahkan kurang.

Insomnia adalah kondisi gejala kelainan dalam tidur yang sering dialami banyak orang, terutama mereka yang memiliki kesibukan dan jadwal padat. Kondisi ini perlu menjadi perhatian dan harus cepat ditangani karena dapat berpengaruh terhadap kesehatan tubuh.

Selain berdampak pada kesehatan tubuh, insomnia juga mempengaruhi konsentrasi seseorang. Kurang tidur juga dapat berdampak pada ketidakstabilan emosi yang dapat memicu stress hingga depresi.

Tidur tepat waktu dapat mengurangi gejala insomnia/Foto: freepik.com
Tidur tepat waktu dapat mengurangi gejala insomnia/Foto: freepik.com

Untuk mengurangi insomnia, yang dapat dilakukan adalah menerapkan kebiasaan cepat tidur atau tidur tepat pada waktunya. Namun seringkali sangat sulit bagi kita untuk menemukan cara tidur cepat yang sesuai dan efektif.

Tidak perlu bingung! Beauties, berikut adalah 5 tips cepat tidur yang bisa kamu coba saat sedang mengalami insomnia.

1. Buat Jadwal Tidur

Terapkan kebiasaan tidur teratur dengan melakukan hal ini/Foto: pexels.com
(Terapkan kebiasaan tidur teratur dengan melakukan hal ini/Foto: pexels.com)

Membuat jadwal tidur dapat membantu kamu membiasakan diri untuk tidur teratur. Kebiasaan ini akan membuat jam biologis tubuh terbentuk sehingga seiring berjalannya waktu, kualitas tidur mu menjadi lebih baik.

2. Matikan Alat Elektronik

Bahaya main Handphone sebelum tidur/Foto: freepik.com
(Bahaya main Handphone sebelum tidur/Foto: freepik.com)

Cahaya biru atau blue light yang terpancar dari alat elektronik seperti handphone, laptop dan televisi akan membuat rasa kantuk kamu hilang sehingga tubuh tetap terjaga. Untuk itu agar bisa tidur cepat, matikan barang elektronik mulai dari 30 menit sebelum tidur.

3. Mandi Air Hangat

Manfaat mandi air hangat untuk kurangi insomnia/Foto: freepik.com
(Manfaat mandi air hangat untuk kurangi insomnia/Foto: freepik.com)

Mandi air hangat dapat membuat tubuh kita rileks. Faktanya sebuah penelitian mengatakan bahwa 36% partisipan yang melakukan mandi air hangat bisa tidur dengan lebih cepat. Buat kamu yang mau coba, di rekomendasikan untuk mandi air hangat satu hingga dua jam sebelum tidur.

4. Meminum Teh

Minum teh bikin cepat tidur. Mitos atau fakta?/Foto: freepik.com
(Minum teh bikin cepat tidur. Mitos atau fakta?/Foto: freepik.com)

Kandungan theanine dalam teh bekerja mengurangi hormon yang berhubungan dengan stress dan meningkatkan fungsi neuron kebahagiaan dalam otak. Untuk itu, mengkonsumsi teh sebelum tidur dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas tidur kamu dengan baik. Namun tidak direkomendasikan meminum teh terlalu dekat dengan waktu tidur karena dikhawatirkan akan mengganggu kualitas tidur karena tubuh menampung cairan sehingga akan sering buang air kecil.

5. Berolahraga

Olahraga teratur dapat mengurangi insomnia/Foto: freepik.com
(Olahraga teratur dapat mengurangi insomnia/Foto: freepik.com)

Tips cepat tidur yang terakhir adalah dengan berolahraga. Tidak perlu berat, berjalan selama beberapa menit dalam sehari saja sudah cukup menjadi olahraga yang dapat membantu kamu cepat tidur. Tak hanya mengurangi insomnia, kamu juga dapat manfaat tubuh yang bugar dan sehat jika melakukan olahraga secara rutin.

Itulah beberapa tips mengatasi insomnia yang dapat kamu coba. Coba diatasi perlahan-lahan agar tubuh dapat lebih sehat lagi, Beauties! 

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id