BILLBOARD
970x250

Ternyata 5 Makanan Superfood Ini Memiliki Kandungan yang Tidak Disangka-sangka!

Agatha Kharisma | Beautynesia
Minggu, 04 Jun 2017 07:00 WIB
Ternyata 5 Makanan Superfood Ini Memiliki Kandungan yang Tidak Disangka-sangka!
Seiring dengan meningkatnya kesadaran masyarakat luas akan pentingnya kesehatan, banyak perhatian tertuju pada superfood. Makanan yang tergolong sebagai superfood dianggap super karena padat nutrisi. Hanya dengan mengonsumsi beberapa jenis makanan berikut ini secara teratur, tubuhmu akan mendapat asupan gizi yang cukup.


 


Chia Seed


Karena membentuk lapisan gel ketika terkena cairan, chia seed sering dianggap selasih. Padahal, sebenarnya chia seed lebih tepat disebut sebagai saudara sepupu dari selasih, Beautynesian.

Chia seed lolos sebagai salah satu dari macam-macam makanan superfood karena beberapa kandungan berikut ini:

        
  • Vitamin (A, B,E dan D) 
  •     
  • Mineral (kalsium, zat besi, magnesium, mangan, molybdenum, niacin, fosfor, potassium, sodium, sulphur, thiamine dan zinc)
  •     
  • Protein
  •     
  • Serat (2.75 sdm chia seed mengandung 11 gram serat)
Perlu diketahui bahwa chia seed mengandung delapan kali lipat kandungan omega-3 yang terdapat dalam ikan salmon, lho. Mengkonsumsinya pun tidak sulit, kamu dapat mencampurnya ke dalam sereal, oatmeal, jus, maupun hidangan penutup lainnya seperti jelly, puding, atau buah-buahan. Praktis bukan?
Foto: https://www.realsimple.com/food-recipes/shopping-storing/food/superfoods/chia-seeds


 


Açai Berry


Dapat ditemukan di hutan hujan Amerika Selatan, Açai Berry mengandung antioksidan anthocyanin yang sangat tinggi, sehingga dapat dimanfaatkan untuk melawan kanker maupun penyakit jantung. Secara umum, antioksidan akan membantu menjaga daya tahan serta fungsi organ tubuh. Açai Berry juga banyak mengandung asam oleat yang sehat untuk jantung.
 


Foto: https://www.rightshape.com/acai-berry/


 


Kale


Kale adalah salah satu jenis sayuran yang sedang diminati sebagai superfood. Uniknya, kale penuh dengan antioksidan seperti vitamin C, beta-karoten, kaempferol dan quercetin. Kandungan antioksidan ini kemudian secara aktif mengikat radikal bebas yang berpotensi menyebabkan berbagai penyakit, termasuk kanker.

Beberapa studi yang telah dirampungkan menunjukkan potensi kale sebagai makanan anti-kanker. Kale mengandung glucosinolates yang diubah oleh tubuh menjadi isothiocyanates, yang berpotensi mampu mencegah kanker.


Foto: https://www.discoverkale.co.uk/


 


Quinoa


Tak hanya termasuk dalam macam-macam makanan superfood, quinoa juga patut disebut sebagai supergrain. Quinoa mengandung protein terbanyak diantara kelompok biji-bijian lainnya, serta kaya zat besi dan potassium. Quinoa adalah bijih-bijihan yang mirip beras dengan tekstur mirip couscous. Sekitar 70 gram quinoa sudah mengandung 14 gram protein serta 6 gram serat.


Foto: https://www.well-beingsecrets.com/health-benefits-of-quinoa/


 


Buah Merah Papua


Sering dikira sebagai buah naga, Buah Merah Papua adalah sebutan bagi tumbuhan endemik asli Papua yang bernama Latin Pandanus conoideus Lam. Buahnya yang mirip jagung berwarna merah dapat tumbuh hingga satu meter dengan berat hingga sepuluh kilogram. Masyarakat Papua telah lama memanfaatkan Buah Merah sebagai obat dan makanan. 

Rahasia 'super' Buah Merah Papua terletak pada kandungan antioksidan yang sangat tinggi. Buah ini sangat kaya akan beta-karoten, Selenium, serta vitamin A, C, D, dan E. Bahkan, nutrisi yang terdapat dalam Buah Merah Papua jauh lebih tinggi dibanding wortel, apUkat, dan jeruk.


Foto: https://reps-id.com/buah-merah-pandanus-conoideus-lam/



 


(ebn/ebn)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE