sign up SIGN UP

Terobosan Nyata, Pengobatan Kanker Payudara AstraZeneca Ini Bisa Perpanjang Umur Pasien Lebih dari 6 Bulan!

Nadya Quamila | Beautynesia
Kamis, 09 Jun 2022 14:00 WIB
Terobosan Nyata, Pengobatan Kanker Payudara AstraZeneca Ini Bisa Perpanjang Umur Pasien Lebih dari 6 Bulan!
caption
Jakarta -

Kanker payudara menjadi salah satu jenis kanker yang paling mematikan. Baru-baru ini, terbit data baru tentang pengobatan kanker payudara dari perusahaan farmasi AstraZeneca dan pembuat obat Jepang Daiichi Sankyo yang membuat para dokter kanker takjub. 

Obat bernama Enhertu, diklaim dapat membuat pasien yang mengidap kanker payudara stadium lanjut hidup enam bulan lebih lama daripada pasien yang diobati dengan kemoterapi konvensional. Tidak hanya kanker payudara, bukti menunjukkan bahwa obat ini suatu hari nanti dapat digunakan untuk mengobati jenis tumor lainnya.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan di The New England Journal of Medicine, Enhertu menargetkan dan memblokir HER2, protein yang mendorong pertumbuhan sel kanker. Untuk uji klinis, peneliti menganalisis 557 pasien dengan kanker payudara metastatik yang dikategorikan sebagai HER2-rendah, di mana memiliki sedikit sel HER2, seperti dikutip dari People.

Para dokter menyebut hasil penggunaan obat ini sebagai 'perubahan praktik'. Sebab, tumor pada pasien yang menggunakan Enhertu berhenti bertumbuh selama 10,1 bulan dibandingkan dengan 5,4 bulan pasien yang menjalani kemoterapi biasa. Selain itu, Enhertu meningkatkan kelangsungan hidup secara keseluruhan menjadi 23,4 bulan dibandingkan dengan 16,8 bulan bagi mereka yang menjalani perawatan standar.

Woman hand checking lumps on her breast for signs of breast cancer on gray background. Healthcare concept.Ilustrasi kanker payudara/ Foto: Getty Images/iStockphoto/spukkato

Dr Halle Moore, direktur onkologi medis payudara di Klinik Cleveland, mengatakan kepada bahwa uji klinis yang sukses biasanya menambah beberapa minggu usia hidup namun tidak melihat manfaat untuk bertahan hidup.

"Tidak pernah terdengar percobaan kemoterapi pada kanker payudara metastatik untuk meningkatkan kelangsungan hidup pasien hingga enam bulan," tambah Moore, dikutip People dari The New York Times.

Enhertu sendiri telah disetujui oleh Food and Drug Administration pada 4 Mei lalu untuk pasien dewasa dengan kanker payudara HER2-positif yang tidak dapat direseksi atau metastasis. Sebagai informasi, metastasis adalah penyebaran kanker dari situs awal ke tempat lain di dalam tubuh.

tipe penyakit kanker yang paling banyak terjadi di IndonesiaIlustrasi kanker payudara/Foto: Pexels.com/anna tarazevich/ Foto: Nisrina Salsabila

"Strategi ini adalah terobosan nyata," kata Dr. Eric Winer, spesialis kanker payudara dan direktur Pusat Kanker Yale.

"Ini lebih dari sekadar obat ini [Enhertu] atau bahkan kanker payudara. Keuntungan sebenarnya adalah memungkinkan kita untuk melakukan terapi ampuh langsung ke sel kanker," imbuhnya.

Dikutip dari Bloomberg, Enhertu dikenal sebagai antibody-drug conjugate (ADC), karena menggunakan antibodi untuk masuk ke dalam sel tumor sebelum melepaskan muatan kemoterapi beracun untuk membunuhnya. Antibodi obat ini memusatkan perhatian pada protein yang disebut HER2, sinyal pertumbuhan yang pada beberapa kanker payudara menjadi terlalu meningkat.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id