sign up SIGN UP

Tetap Makan Enak, Ini Rekomendasi Menu Diet Saat Puasa

Phanie Fauziah | Selasa, 13 Apr 2021 15:30 WIB
Tetap Makan Enak, Ini Rekomendasi Menu Diet Saat Puasa
caption
Jakarta -

Bulan ramadhan adalah bulan yang paling dinanti dengan banyak keistimewaan di dalamnya. Salah satu hal yang paling dirindukan saat bulan ramadhan adalah kenikmatan saat berbuka puasa. Beautinesians pasti rindu dengan kudapan-kudapan buka puasa yang dominan adalah kudapan manis, sampai lupa dengan program diet. Eh! Tapi bisa ya tetap melakukan diet selama berpuasa? Tentu bisa. Yuk intip menu diet puasa yang tetap bisa dinikmati dengan enak.

Ikan

Baked Salmon
Baked Salmon/Freepik

Saat diet selama berpuasa, ikan jadi salah satu makanan yang bisa disantap dengan olahan yang lezat. Beautinesians bisa menggunakan ikan tuna atau salmon yang tentunya baik bagi kesehatan. Kandungan asam lemak omega 3 dalam kedua jenis ikan ini mampu mengurangi kolesterol dalam darah. Cobalah dengan mengolah ikan tuna dan salmon dengan cara dibakar, direbus, atau dipanggang dengan tujuan menghindari penggunaan minyak yang mengandung banyak lemak.

Daging

Steak Daging Sapi
Steak Daging Sapi/Freepik

Meskipun sedang menjalankan program diet, mengonsumsi daging sapi bukan lagi menjadi pantangan. Beautinesians tetap bisa menikmati lezatnya olahan daging sapi saat diet dengan porsi yang tepat. Pilihlah daging sapi tanpa lemak dengan cara pengolahan yang tepat seperti dipanggang atau dibakar. Bagaimana dengan bumbunya? Saat diet, Beautinesians bisa menggunakan merica, air lemon, dan garam.

Jika olahan steak terlalu kering untuk dikonsumsi, cobalah mengolahnya menjadi kuah seperti soto dan rawon.

Nasi Merah

Nasi Merah
Nasi Merah/Freepik

Nasi putih menjadi salah satu yang perlu dihindari saat sedang diet karena kandungan kalori yang tinggi dan lebih cepat dicerna tubuh sehingga beresiko menaikan glukosa dalam darah. Beautinesians bisa mengganti nasi putih dengan nasi merah. Kandungan karbohidrat komplek dalam nasi merah akan lebih lama dicerna tubuh, sehingga orang yang mengonsumsinya akan lebih lama merasa kenyang. Kombinasikan nasi merah dengan makanan pendamping yang sehat saat berbuka puasa.

Makanan Berserat

Salad Sayur
Salad Sayur/Freepik

Selama diet saat berpuasa, pastikan untuk tetap mengonsumsi makanan yang berserat tinggi yang baik untuk pencernaan dan kesehatan tubuh. Konsumsi makanan yang merupakan sumber serat terbaik seperti buah-buahan dan sayuran. Buatlah salad dari buah atau sayur sebagai hidangan pembuka atau sebagai takjil.

Hindari Santan

Santan
Santan/Freepik

Saat puasa, kolak atau kudapan dengan campuran santan merupakan salah satu godaan terberat. Pasalnya kudapan-kudapan ini lah yang paling enak dinikmati saat berbuka. Namun, saat sedang menjalankan diet selama berpuasa, pastikan untuk tidak mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung santan. Makanan berbahan santan kaya akan lemak yang mudah menaikkan kadar kolesterol dan juga turut menaikan kadar gula dan tekanan darah.

Pastikan juga untuk tidak mengonsumsi minuman bersoda, makanan siap saji, dan juga makanan instan ketika ingin menjalankan program diet selama berpuasa.

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id