STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600

Tips Agar Tidurmu Lebih Nyenyak dan Berkualitas

Liana Dewi | Beautynesia
Rabu, 03 Mar 2021 18:27 WIB
Tips Agar Tidurmu Lebih Nyenyak dan Berkualitas

Tidur merupakan elemen tak terpisahkan dari manusia. Karena sebagai makhluk hidup, manusia perlu beristirahat untuk memperbaiki dan mengembalikan energi dalam tubuh. Tapi sayangnya, sulit tidur atau insomnia dianggap lumrah terjadi. Padahal hal ini bisa mengakibatkan banyak gangguan pada tubuh.

Di sini, Beautynesia akan memberikan beberapa tips supaya kamu lebih mudah tidur dan supaya tidurmu lebih berkualitas.

1. Memiliki Waktu Tidur Reguler

Waktu Tidur Reguler
Waktu Tidur Reguler/freepik.com

Matt Walker, Profesor Neurosains dari Universitas Berkeley menyarankan untuk tidur dan bangun pada waktu yang sama. Tubuh memiliki jam biologis atau disebut carcadian rhythm sehingga tubuh mengharapkan kerja yang reguler. Usahakanlah tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap harinya.

Waktu tidur reguler ini termasuk saat weekend dan weekday, lho. Jadi kamu tidak disarankan untuk menambal kekurangan waktu tidurmu saat weekday dengan "balas dendam" tidur seharian ketika weekend. Sehari semalam orang dewasa perlu waktu tidur 7-9 jam. Supaya memiliki waktu tidur yang reguler, jadwalkan mulai tidur jam 9 malam lalu bangun jam 5 pagi.

2. Berjemur Pagi Hari

berjemur
Berjemur/freepik.com

Berjemur 15-30 menit di pagi hari akan membantu mengembalikan jam biologismu. Seperti yang sudah disinggung pada poin sebelumnya, jam biologis mengharapkan kerja tubuh secara reguler, kapan saatnya bekerja dan kapan saatnya tidur.

Cahaya matahari saat berjemur di pagi hari menjadi "sinyal" yang memberitahukan bahwa pagi adalah saatnya untuk beraktivitas. Sebaliknya ketika malam tiba, gelap menjadi pemberitahuan saatnya tubuh untuk beristirahat. Jika sudah teratur, jam biologismu akan kembali seperti semula dan secara otomatis kamu akan mengantuk jika sudah saatnya untuk tidur.

3. Menurunkan Temperatur Ruangan

Temperatur Ruangan
Temperatur Ruangan/freepik.com

Tahu kenapa saat hujan kamu jadi lebih mudah mengantuk? Karena saat hujan, temperatur udara otomatis menurun. Secara natural, manusia perlu menurunkan suhu tubuhnya agar bisa tertidur dan ini merupakan kerja alami otak manusia. Turunnya temperatur ruangan adalah stimulus dari luar untuk mempercepat penurunan suhu tubuh.

Sebelum tidur, kamu bisa menyalakan AC dengan suhu 18-22 derajat celcius sebagai temperatur ideal saat terlelap. Jika ruanganmu tidak ber-AC, kamu bisa menggunakan kipas angin atau sedikit membuka jendela kamarmu agar udara dari luar bisa masuk dan kamar tidurmu jadi lebih dingin.

4. Mematikan Gadget dan Lampu Sebelum Tidur

Penggunaan gadget sebelum tidur tidak disarankan karena membuatmu malah semakin sulit tertidur. Lebih baik matikan gadget sekitar satu atau dua jam sebelum tidur untuk menurunkan stimulasi otak agar tidak terus bekerja.

Selain itu, matikanlah lampu kamar saat hendak tidur. Ruangan gelap dibutuhkan agar hormon melatonin dapat dilepaskan. Hormon melatonin bekerja untuk mengatur waktu tidur. Siklus tidurmu bisa terganggu jika proses pelepasan hormon melatonin juga terganggu. Kalau belum terbiasa dengan ruangan gelap, mulailah dengan menggunakan lampu tidur terlebih dahulu.

5. Melakukan Relaksasi

Proses untuk tidur tidak terjadi begitu saja dalam hitungan detik. Ada otak yang perlu secara perlahan-lahan berhenti "sibuk". Jika diibaratkan seperti sprint, otak perlu melambat dari berlari kencang, berlari pelan, berjalan, baru kemudian berhenti. Proses ini dapat mempengaruhi kualitas tidur kita. Karena itu, relaksasi sebelum tidur menjadi penting untuk dilakukan.

Banyak hal yang bisa dilakukan untuk relaksasi. Misalnya mendengarkan musik instrumental, menyalakan lilin wangi, bermeditasi, atau stretching. Lakukanlah hal yang paling bisa membuatmu nyaman dan tenang. Dengan demikian, kamu akan lebih mudah mengantuk dan tidur.

(mel/mel)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE