sign up SIGN UP

LIFE

Kurangi Hormon Stres dalam Tubuh dengan Cara Alami Ini!

Astari Dewi Larasati | Selasa, 23 Feb 2021 20:00 WIB
Kurangi Hormon Stres dalam Tubuh dengan Cara Alami Ini!
Cara alami untuk mengurangi hormon stres/ foto: freepik.com
Jakarta -

Kortisol atau hormon stres memengaruhi banyak hal dalam tubuh termasuk tekanan darah, peradangan, dan mengatur makronutrien (lemak, protein, dan karbohidrat). Terlalu banyak kortisol tidak hanya membuat stres, tapi juga memberi tekanan pada tubuh, mengakibatkan penambahan berat badan, kelelahan, penurunan sistem kekebalan, dan lebih buruk lagi. Oleh karena itu hormon ini harus dikurangi, coba cara alami berikut ini.

Lakukan teknik relaksasi

Bantu cegah dengan melakukan teknik relaksasi seperti teknik bernapas hingga mendengarkan jenis musik.
Freepik.com

Stres kronis pada dasarnya terkait dengan setiap masalah kesehatan. Ketika stres meningkat, otak memproduksi kortisol dan mengirimkan sinyal ke seluruh tubuh, termasuk jantung, paru-paru, dan sistem pencernaan.

Sehingga stres pada tubuh dapat menyebabkan masalah kesehatan jangka panjang. Bantu cegah dengan melakukan teknik relaksasi seperti teknik bernapas, mendengarkan jenis musik tertentu, serta meditasi untuk mengurangi kortisol.

Gunakan adaptogen

Gunakan adaptogen seperti ashwaganda, basil, dan cordyceps.
Freepik.com

Herbal adaptogen telah digunakan selama berabad-abad untuk mengurangi stres dan meningkatkan kesehatan. Adaptogen tertentu dapat membantu kelelahan, menyeimbangkan tekanan darah serta gula darah, sebagai antidepresan, hingga masalah peradangan. Gunakan adaptogen seperti ashwaganda, basil, dan cordyceps dalam bentuk bubuk untuk dimasukkan ke dalam minuman.

Konsumsi makanan penyeimbang hormon

Jaga pola makanan dengan mengonsumsi tinggi serat, antioksidan, fitonutrien, dan membatasi gula, kafein, serta alkohol.
Freepik.com

Tingkat peradangan dan kadar gula darah yang tinggi dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon, termasuk kortisol berlebihan. Jaga pola makanan dengan mengonsumsi tinggi serat, antioksidan, fitonutrien, dan membatasi gula, kafein, serta alkohol. Pastikan cukup mendapatkan lemak sehat seperti minyak zaitun, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Latih kesehatan mental tiap pagi

Selain meditasi, bisa melakukan cara lain antara lain berjalan, menulis jurnal, dan menerapkan pikrian positif.
Freepik.com

Studi menunjukkan bahwa meditasi minimal lima menit pada pagi hari bermanfaat untuk meningkatkan pengendalian diri, meningkatkan produktivitas, dan mengurangi kecemasan. Selain meditasi, bisa melakukan cara lain antara lain berjalan, menulis jurnal, dan menerapkan pikiran positif. Menambahkan kesehatan mental di pagi hari tidak hanya mengubah isi otak, tetapi kadar kortisol akan turun dalam jangka panjang.

Pakai essensial oil

Gunakan minyak seperti myrrh, bergamot, dan lavender.
Freepik.com

Saat ini memakai essensial oil bisa ditambahkan ke rutinitas perawatan kulit, membuat rumah harum, dan membantu rileks. Gunakan minyak seperti myrrh, bergamot, dan lavender yang mengandung bahan aktif.

Bermanfaat mengurangi peradangan, meningkatkan kualitas tidur, menyeimbangkan hormon, meningkatkan kekebalan, dan memperbaiki fungsi pencernaan. Hiruplah minyak atau gunakan sebagai losion mandi.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id