sign up SIGN UP

LIFE

7 Tips Sederhana Ini Bikin Kamu Rajin Minum Air Putih

Ratih Dewi | Jumat, 19 Feb 2021 09:45 WIB
7 Tips Sederhana Ini Bikin Kamu Rajin Minum Air Putih
caption

Mengonsumsi air putih setiap hari sangat penting untuk kesehatan tubuh. Beberapa sumber menganjurkan untuk mengonsumsi 8 gelas sehari untuk memenuhi kebutuhan air di tubuh kita, namun beberapa dari kita mungkin masih kurang dalam mengkonsumsi air putih dan malah mengkonsumsi minuman lainnya seperti kopi, soda, sirup, dan lainnya. 

Padahal mencukupi kebutuhan air putih setiap harinya sangat penting untuk kesehatan organ tubuh, ada beberapa kasus yang menyebabkan komplikasi bahkan kematian jika kurang mengkonsumsi air putih. Nah, berikut beberapa tips sederhana yang bisa kamu terapkan agar rajin dan tidak malas untuk minum air putih.

1. Gunakan Pengingat atau Alarm di Smartphone

Gunakan Pengingat atau Alarm di Smartphone
Gunakan Pengingat atau Alarm di Smartphone/Foto : freepik.com

Teknologi semakin canggih setiap harinya, sekarang dengan smartphone kamu bisa melakukan apapun termasuk mengunduh aplikasi pengingat untuk kamu minum. Setiap saatnya pasti tidak bisa jauh dengan penggunaan smartphone, dengan mengunduh aplikasi pengingat untuk minum sangat membantu jika kamu lupa atau malas. 

Aplikasi tersebut juga bisa melihat sudah berapa banyak kamu mengkonsumsi air putih apakah sudah mencukupi atau kurang. Kamu juga bisa menambahkan seperti kata-kata motivasi supaya selalu ingat untuk minum air putih. 

2. Botol Minum yang Menarik atau Unik

Botol Minum yang Menarik atau Unik
Botol Minum yang Menarik atau Unik/Foto : freepik.com

Sesuatu yang menarik, unik, menggemaskan pasti selalu menjadi pusat perhatian kita. Kamu bisa membeli botol minum yang memiliki botol dengan bentuk yang unik, warna kesukaan kamu, atau bahkan karakter yang unik dan kamu sukai. Dengan begitu kamu akan merasa ingin selalu menggunakannya dan tidak lupa untuk minum. 

Sudah banyak botol minum dengan bentuk, warna, dan corak yang menarik dan unik termasuk juga reusable cup yang estetik dan sederhana, itu bisa menjadi opsi kamu tidak malas lagi untuk mengkonsumsi air putih, menjadi lebih rajin, dan bersemangat untuk minum setiap harinya. 

3. Biasakan Minum Setelah Bangun Tidur

Biasakan Minum Setelah Bangun Tidur
Biasakan Minum Setelah Bangun Tidur/Foto : freepik.com

Biasakan selalu minum satu gelas air putih setelah bangun tidur untuk mengembalikan kadar air di tubuh kamu dan membuat kamu lebih sadar. Jika kamu mudah lupa, taruh gelas atau botol minum dekat dengan tempat tidur kamu, ketika bangun kamu langsung teringat untuk minum air terlebih dahulu. 

Jika terus melakukan hal ini setiap pagi, tanpa kamu sadari kamu akan terbiasa setiap bangun tidur untuk selalu minum air putih. Terkadang beberapa orang masih tidak terbiasa dengan mengonsumsi air putih setiap pagi dan langsung mengkonsumsi minuman lainnya seperti kopi, namun kebiasaan seperti ini tidak baik untuk kesehatan tubuh dalam jangka panjang.

4. Letakkan Botol Minum Dekat dengan Aktivitasmu

Letakan Botol Minum Dekat dengan Aktivitasmu
Letakan Botol Minum Dekat dengan Aktivitasmu/Foto : freepik.com

Selalu dekatkan botol minum dimanapun kamu sedang beraktivitas, misalkan sedang bekerja atau belajar, taruh botol minum di meja kamu supaya terbiasa dan tidak malas mengambil air, jika sedang makan taruh juga botol minum dekat dengan kamu, pastikan minum 1 jam sebelum makan dan minum juga setelah makan. 

Sebelum dan menjelang tidur juga pastikan kamu siapkan botol minum di dekat tempat tidur kamu agar tidak lupa. Kamu juga bisa menuliskan seperti notes atau catatan kecil di laptop, meja, atau lainnya yang setiap kali kamu lihat, sesibuk apapun kamu harus tetap ingat untuk minum air putih. 

5. Konsumsi Buah dan Sayur dengan Kadar Air Tinggi

Konsumsi Buah dan Sayur dengan Kadar Air Tinggi
Konsumsi Buah dan Sayur dengan Kadar Air Tinggi/Foto : freepik.com

Kalau kamu suka mengkonsumsi buah untuk cemilan, pastikan kamu memilih buah yang memiliki kadar air yang cukup tinggi misalkan seperti semangka, jeruk, nanas, atau lainnya supaya kebutuhan air dalam tubuh kamu terpenuhi dan tidak menyebabkan kamu menjadi dehidrasi. 

Bisa konsumsi buah dalam bentuk buah langsung atau olahan lain seperti jus dan es krim. Biasanya buah dalam keadaan dingin lebih menyegarkan dan membuat kamu menjadi lebih segar saat mengonsumsinya. Saat makan, pastikan kamu juga ada sayur dengan kadar air yang cukup tinggi. 

6. Tambahkan Es Batu atau Buah Segar

Tambahkan Es Batu atau Buah Segar
Tambahkan Es Batu atau Buah Segar/Foto : freepik.com

Minuman yang dingin memang sangat menyegarkan ketika di konsumsi, kalau kamu biasa mengkonsumsi minuman perasa yang dingin, kamu bisa tambahkan es batu atau minum air yang dingin supaya merasa lebih segar dalam minum air putih. Kamu juga bisa menambahkan buah-buahan segar layaknya infused water

7. Ingat dengan Kesehatan Tubuh

Ingat dengan Kesehatan Tubuh
Ingat dengan Kesehatan Tubuh/Foto : freepik.com

Selalu ingat dengan kesehatan tubuh kamu. Air memiliki peranan penting dalam tubuh kita, seperti mempermudah tubuh mengedarkan darah ke seluruh tubuh kita, membuat ginjal berfungsi dengan baik, dan rutin mengkonsumsi air putih juga membuat kamu tidak mudah mengantuk karena aliran darah ke otak tidak terhambat. 

Ada banyak kasus yang cukup mengerikan bahkan sampai kematian jika tidak mengonsumsi air putih yang cukup untuk kebutuhan tubuh kita. Selalu terapkan mindset "sehat itu mahal", jadi kamu tidak akan mengambil risiko untuk sakit hanya karena tidak mengkonsumsi air putih yang cukup. 

Nah, itu dia tips sederhana yang bisa kamu terapkan dan bagikan ke orang lain supaya rajin minum air setiap harinya, good luck

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id