BILLBOARD
970x250

Turunkan Berat Badan Selama Bulan Puasa Ternyata Mudah Saja, Terapkan 6 Cara Diet Sehat Berikut!

Ade Irma Suryani | Beautynesia
Senin, 27 Mar 2023 03:33 WIB
6 Cara Diet yang Sehat untuk Menurunkan Berat Badan Saat Puasa: Menu yang Seimbang!

Sebagaimana yang telah diketahui, berpuasa di bulan Ramadan juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Salah satunya, bisa menjadi momen yang tepat untukmu dalam membantu menurunkan berat badan.

Melansir dari detikHealth, kamu dapat melakukan diet yang sehat untuk menurunkan berat badan selama puasa. Berikut beberapa cara yang dapat kamu lakukan di bawah ini!

1. Tidak Melewatkan Sahur

Jangan pernah melewatkan sahur agar tubuh tidak kekurangan energi.
Tidak Melewatkan Sahur/ Foto: pexels.com/Thirdman 

Penting bagimu untuk tidak melewatkan sahur selama puasa. Hal ini dilakukan agar tubuh tidak kekurangan energi dan juga untuk menjaga berat badan lho, Beauties. 

Dengan melakukan sahur, maka dapat memberi energi bagi tubuh untuk kuat menjalankan puasa seharian. Terlebih lagi bagi kamu yang memiliki banyak aktivitas di bulan puasa. Selain itu, sahur juga ikut membantumu untuk tidak menyantap makanan secara berlebihan saat berbuka puasa.

2. Minum Air Putih yang Banyak

Saat puasa, minum air putih yang banyak.
Minum Air Putih yang Banyak/ Foto: pexels.com/Pixabay 

Seperti yang telah diketahui, bahwa saat berpuasa tubuh tidak akan makan dan minum lebih dari 13 jam. Karena itu penting bagimu untuk memperbanyak minum air putih demi mencegah dehidrasi saat berpuasa.

Dikutip dari CNN IndonesiaKetua Indonesia Hydration Working Group (IHWG) sekaligus dokter Spesialis Gizi Diana Sunardi mengatakan, saat berpuasa sebaiknya tetap mengonsumsi 2 liter air setiap harinya, di luar kandungan air dalam makanan. Selain mencegah dehidrasi, hal ini juga dilakukan untuk membantu detoksifikasi tubuh dan menjaga nafsu makan saat puasa. 

6 Cara Diet yang Sehat untuk Menurunkan Berat Badan Saat Puasa: Menu yang Seimbang!

3. Buka Puasa dengan Menu Seimbang

Untuk menjaga berat badan selama puasa, berbukalah dengan menu makanan yang seimbang. Awali dengan minum air putih terlebih dahulu dan dilanjutkan dengan mengonsumsi buah-buahan.

Selain itu, kamu juga dapat mengonsumsi makanan yang mengandung kacang-kacangan untuk menjaga keseimbangan pola makan. 

 

4. Hindari Makanan yang Tidak Sehat

Hindari makanan yang tidak sehat saat puasa.
Hindari Makanan yang Tidak Sehat/ Foto: pexels.com/Tim Samuel

Saat berbuka puasa, kamu perlu menghindari makanan dan minuman yang tidak sehat, Beauties. Meski dianjurkan untuk berbuka puasa dengan yang manis, bukan berarti kamu boleh mengonsumsi makanan dan minuman manis secara berlebihan. Karena jika berlebihan hal ini bisa menaikkan berat badanmu.

Selain itu, hindari juga makanan yang digoreng. Karena makanan tersebut banyak mengandung kalori dan bisa mengganggu asupan kalori di dalam tubuh. Disamping itu, makanan yang digoreng juga tinggi lemak.

5. Penuhi Asupan Serat dan Protein

Selama puasa penuhi asupan serat dan protein.
Penuhi Asupan Serat dan Protein/ Foto: pexels.com/Ronit HaNegby

Salah satu cara diet yang sehat selama puasa, kamu perlu memenuhi kebutuhan serat dan protein dalam tubuh. Hal ini dapat kamu lakukan saat makan sahur.

Konsumsi sayuran yang cukup untuk membantu menjaga sistem pencernaan. Kandungan serat dalam sayuran dapat membuatmu kenyang lebih lama dan menjaga nutrisi dalam tubuh. Selain itu, makanan yang kaya akan serat juga dapat menjaga sistem kekebalan tubuh, mengurangi peradangan, dan menurunkan kadar kolesterol. 

Sementara itu, penuhi kebutuhan protein dengan mengonsumsi daging tanpa lemak, telur, dan kacang-kacangan. Makanan tersebut membutuhkan waktu lebih lama dicerna, sehingga dapat membuatmu kenyang lebih lama. 

6. Lakukan Olahraga Ringan

Lakukan olahraga ringan saat puasa.
Lakukan Olahraga Ringan/ Foto: pexels.com/Andrea Piacquadio 

Tak ketinggalan, kamu juga perlu melakukan olahraga ringan untuk mendukung diet sehatmu selama bulan puasa. Olahraga ringan akan membantu membakar lemak ekstra tanpa harus membuatmu merasa lelah atau dehidrasi.

Lakukan olahraga ringan seperti jalan santai, jogging, dan olahraga ringan lainnya. Kamu dapat melakukannya di waktu setengah jam sebelum sahur atau 2-3 jam setelah berbuka puasa. 

Itulah beberapa cara diet sehat untuk menurunkan berat badan saat puasa. Semoga bermanfaat, Beauties!

_____

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DISINI!

 

(ria/ria)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE