STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600

UNESCO Nyatakan Baguette sebagai Warisan Budaya Penting, Ini Faktanya!

Retno Anggraini | Beautynesia
Kamis, 26 Jan 2023 06:15 WIB
UNESCO Nyatakan Baguette sebagai Warisan Budaya Penting, Ini Faktanya!
Baguette dipilih UNESCO jadi warisan budaya penting/Foto: Freepik.com/azerbaijan_stockers

Jika ada satu makanan yang identik dengan negara Prancis, tentunya baguette tidak boleh terlupakan. Dibuat hanya dari air, garam, tepung, dan ragi, sepotong roti kering yang telah menjadi makanan pokok masyarakat Prancis selama berabad-abad ini secara resmi telah menjadi bagian integral dari warisan budaya manusia.

Baguette, dipilih UNESCO jadi warisan budaya penting
Baguette/Foto: Freepik.com

Pada 30 November tahun lalu, UNESCO dan PBB menambahkan baguette ke dalam daftar Intangible Cultural Heritage, yang terdiri dari sekitar 600 tradisi dari 130 negara, sebagaimana dilansir dari Eat This Not That. Menurut badan tersebut, tradisi atau ekspresi hidup yang diwariskan dari nenek moyang akan diwariskan kepada keturunan kelak.

Seperti yang disoroti dalam rancangan nominasi Prancis, baguette berbeda dari jenis roti Prancis lainnya karena memiliki praktik sosial dan metode konsumsi yang unik. Ini termasuk kunjungan ke toko roti setiap hari dan penggunaan rak pajangan khusus yang sesuai dengan bentuk roti yang panjang.

Baguette, dipilih UNESCO jadi warisan budaya penting
Baguette/Foto: Unsplash.com/Bas Peperzak

Dalam hal proses produksi, calon pembuat roti akan menjalani pelatihan berbasis kerja yang memadukan kursus sekolah dan magang di toko roti, yang dirancang untuk membekali mereka dengan pengetahuan yang diperlukan tentang bahan, alat, dan proses. Meski konsumsi roti menurun dari waktu ke waktu, toko roti di Prancis masih menjual lebih dari enam miliar baguette setiap tahun.

Menurut Reuters, Audrey Azoulay selaku direktur jenderal UNESCO mengatakan bahwa status baguette yang baru dicetak merayakan cara hidup Prancis. Baguette merupakan ritual harian, elemen penataan makanan, serta identik dengan berbagi dan keramahan.

"Penting agar keterampilan dan kebiasaan sosial ini terus ada di masa depan," Azoulay menambahkan.

Baguette, dipilih UNESCO jadi warisan budaya penting
Baguette/Foto: Unsplash.com/Sergio Arze

Keputusan untuk melindungi roti Prancis yang ikonik ini muncul setelah Kementerian Kebudayaan Prancis meminta perhatian pada penurunan terus-menerus dalam jumlah toko roti tradisional. Mereka mencatat bahwa sekitar 400 toko roti tradisional tutup setiap tahun selama 50 tahun terakhir, sebagaimana dikutip dari Associated Press.

Untuk membantu orang Prancis lebih terhubung dengan warisan mereka, pemerintah negara tersebut akan membuat hari baguette artinasal, yang disebut Open Bakehouse Day. Selain baguette Prancis, tradisi kuliner lain yang masuk dalam daftar UNESCO Intangible Cultural Heritage termasuk praktik pembuatan teh tradisional Tiongkok, seni pizza Neopolitan, dan pembuatan kimchi.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE