STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Dangdut Didaftarkan Jadi Warisan Budaya Takbenda Indonesia, Ini Alasannya

Tim Redaksi CNN Indonesia | Beautynesia
Kamis, 08 Dec 2022 14:30 WIB
Dangdut Didaftarkan Jadi Warisan Budaya Takbenda Indonesia, Ini Alasannya

Beauties, kamu pasti sudah tidak asing dengan kata dangdut. Ya, dangdut adalah salah satu genre musik tradisional Indonesia. Baru-baru ini, Kementerian Pariwisata Ekonomi dan Kreatif sedang berupaya mengajukan dangdut sebagai warisan budaya takbenda Indonesia ke UNESCO.

Menparekraf Sandiaga Uno mengatakan dangdut merupakan identitas budaya Indonesia. Sehingga, ia tidak ingin dangdut diklaim sebagai budaya negara lain.

"Musik dangdut menjadi kebanggaan bangsa dan identitas budaya. Kami ingin segera mengajukan supaya ini tercatat dan supaya juga ini nanti tidak diklaim negara lain," kata Sandiaga Uno, seperti diberitakan detikcom, Rabu (7/12).

"Sedang kami siapkan dokumentasinya. Pengajuannya kerja sama dengan kementerian dan lembaga lainnya juga," tuturnya.

Alasan Dangdut Didaftarkan Jadi Warisan Budaya Takbenda Indonesia

Menparekraf Sandiaga Uno mengunjungi studio rekaman milik Rhoma Irama di Studio Record, Cilodong.Menparekraf Sandiaga Uno mengunjungi studio rekaman milik Rhoma Irama di Studio Record, Cilodong./ Foto: (Devi/detikcom)

Sandiaga menegaskan begitu banyak orang menggantungkan hidupnya pada sektor dangdut. Kondisi tersebut yang kemudian semakin mendorong Kemenparekraf ingin mengajukan dangdut sebagai warisan budaya takbenda Indonesia.

Hal tersebut diketahui saat bertemu dengan pedangdut legendaris Indonesia Rhoma Irama di Soneta Record, Sukma Jaya, Depok.

"Kami mendapat informasi dari bang haji Rhoma Irama bahwa puluhan juta orang Indonesia yang menggantungkan hidupnya di sektor musik khususnya genre dangdut," kata Sandi.

Budaya Indonesia yang Masuk ke Warisan Budaya Takbenda

Perajin gamelan di UD Supoyo, Desa Wirun, Kecamatan Mojolaban, Kabupaten Sukoharjo.Perajin gamelan di UD Supoyo, Desa Wirun, Kecamatan Mojolaban, Kabupaten Sukoharjo./ Foto: Agil Trisetiawan Putra/detikJateng

Terkait musik, UNESCO baru mengakui beberapa alat musik tradisional Indonesia sebagai warisan budaya takbenda, seperti angklung pada 2010.

Selain angklung, gamelan juga resmi ditetapkan sebagai Warisan Budaya Takbenda (Intangible Cultural Heritage) UNESCO. Kabar tersebut diumumkan Presiden Joko Widodo melalui akun media sosial pada Desember 2021.

"Kabar baik hari ini datang dari kantor pusat UNESCO di Paris. Badan PBB itu menetapkan gamelan sebagai Warisan Budaya Takbenda (Intangible Cultural Heritage) UNESCO," tulis Presiden Jokowi.

Jokowi menyebut gamelan telah lama menjadi bagian kehidupan sehari-hari rakyat berbagai daerah di Indonesia. Gamelan juga memberi inspirasi dan pengaruh terhadap musik dunia.

Secara keseluruhan, gamelan menjadi budaya Indonesia ke-12 yang masuk daftar Warisan Budaya Takbenda Indonesia UNESCO.

Sebelumnya, ada beberapa budaya Indonesia yang telah masuk daftar tersebut. Apa saja? Lanjutkan membaca DI SINI!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE