sign up SIGN UP

Ups! Ternyata Ini Penyebab Wajahmu Terlihat 'Boros', Hobi Rebahan Salah Satunya

Shinta Khoiru Nikmah | Beautynesia
Jumat, 11 Mar 2022 07:45 WIB
Ups! Ternyata Ini Penyebab Wajahmu Terlihat 'Boros', Hobi Rebahan Salah Satunya
caption

Siapa yang tidak suka dibilang awet muda? Kamu tentu akan tersipu-sipu jika dipuji demikian. Tapi apa jadinya jika kamu dikatai memiliki wajah 'boros' alias kelihatan lebih tua dari umur sebenarnya?

Sakit hati tentunya, namun kamu juga perlu introspeksi diri. Mungkin memang ada sebabnya kamu memiliki wajah 'boros' selain faktor genetik. Contohnya mungkin kamu memiliki beberapa kebiasaan yang memicu wajahmu jadi terlihat tua dari usia sebenarnya.

Kebiasaan apa saja yang dimaksud?

Merokok

Berhenti merokok
Berhenti merokok/ Foto: freepik.com/jcomp

Kebiasaan merokok menjadi salah satu faktor utama yang membuatmu terlihat lebih tua dari usia sebenarnya. Mengapa demikian? Melansir dari laman Mayo Clinic, merokok dapat mempercepat proses penuaan normal pada kulit, serta berkontribusi pada kerutan dan perubahan lain pada penampilan wajah.

Perubahan yang dimaksud termasuk kerutan di kaki, garis yang menonjol di antara alis, warna kulit yang tidak merata, warna keabu-abuan pada kulit yang lebih terang, lipatan dalam dan bengkak di bawah mata, kerutan di sekitar mulut, dan bibir yang lebih tipis.

Untuk itu, jika masih memiliki kebiasaan merokok, sebaiknya kamu bisa mulai berhenti dari sekarang. Demi penampilan yang lebih fresh dan tidak lagi memiliki wajah yang 'boros', Beauties.

Begadang

Kebiasaan begadang
Kebiasaan begadang/ Foto: freepik.com/KamranAydinov

Tidur adalah salah satu kebutuhan utama bagi tubuh. Tidur yang cukup bisa membuatmu lebih segar dan memiliki kulit yang lebih sehat. Sebaliknya, jika kamu terbiasa mengurangi waktu tidur di malam hari alias sering begadang, maka akan berdampak buruk bagi kesehatan juga penampilan.

Tidur tidak cukup membuat regenerasi kulit tidak berjalan dengan baik. Akibatnya, kulit akan kehilangan kelembapan alami dan terlihat kusam. Semakin sering kamu begadang, kulit akan semakin kusam dan perlahan kamu mengalami penuaan dini. Untuk itu, jangan lupa untuk tidur cukup di malam hari ya, Beauties.

Hobi Rebahan

Hobi rebahan
Hobi rebahan/ Foto: freepik.com/wayhomestudio

Nah, kamu yang hobi rebahan perlu perhatikan kenapa bisa jadi salah satu faktor yang menyebabkan penampilan wajah terlihat lebih tua. Hobi rebahan biasanya sejalan dengan kurangnya motivasi untuk berolahraga.

Padahal melansir dari laman Marie Claire Inggris, kurang olahraga tidak hanya dapat membuat kita terlihat lebih gemuk, tetapi para ilmuwan mengungkap bahwa tidak berolahraga sebenarnya dapat membuat kita terlihat lebih tua juga.

Hal tersebut dikarenakan kurangnya fleksibilitas tubuh sehingga membuat kulit lebih rentan mengalami keriput di usia dini dan bagian tubuh yang menggelambir. Mumpung masih muda, jangan habiskan waktumu untuk rebahan aja, tapi segera bangun dan mulai olahraga ya. 

Minum dengan Sedotan

Minum dengan sedotan
Minum dengan sedotan/ Foto: freepik.com/freepik

Kebiasaan kecil minum dengan sedotan ternyata berpengaruh terhadap penampilan wajah lho, Beauties. Melansir dari laman USA Today, minum menggunakan sedotan membuatmu  mengerucutkan bibir secara teratur sehingga dapat menyebabkan kulit kehilangan elastisitas lebih cepat, serta menyebabkan garis-garis dini dan kerutan di sekitar mulut.

Lebih aman jika kamu mulai mengurangi kebiasaan minum menggunakan sedotan. Sebagai gantinya, kamu bisa menuangkan minuman pada gelas dan langsung meminumnya.

Melupakan Sunscreen

Jangan lupa pakai sunscreen
Jangan lupa pakai sunscreen/ Foto: freepik.com/rawpixel.com

Paparan sinar matahari secara langsung ke permukaan kulit menjadi salah satu pemicu utama kulit wajah terlihat tua. Kulit tanpa perlindungan akan mudah terlihat kusam di bawah paparan sinar matahari. Untuk itu kamu perlu melindungi kulit dengan rutin menggunakan sunscreen.

Sayangnya, masih banyak yang melupakan sunscreen padahal sedang beraktivitas di luar ruangan. Kebiasaan menggunakan sunscreen perlu kamu bentuk agar wajah tidak lagi terlihat 'boros'. Percuma bukan, jika kamu rajin menggunakan skincare tapi lupa mengaplikasikan sunscreen

Nah, mulai sekarang jangan lupakan sunscreen meski sedang beraktivitas di dalam ruangan ya, Beauties?

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id