sign up SIGN UP

Vaksin Moderna Dinyatakan Aman untuk Anak Usia 6-11 Tahun, Kapan Siap Pakai?

Rini Apriliani | Rabu, 27 Oct 2021 07:30 WIB
Vaksin Moderna Dinyatakan Aman untuk Anak Usia 6-11 Tahun, Kapan Siap Pakai?
caption
Jakarta -

Vaksinasi Covid-19 saat ini tengah gencar-gencarnya dilakukan. Tidak hanya di Indonesia saja, tapi hampir seluruh dunia yang terkena dampak virus berbahaya ini juga terus berupaya untuk memberikan vaksinasi dan melakukan berbagai pembaharuan agar seluruh lapisan masyarakatnya dapat divaksin demi menciptakan kekebalan tubuh agar penyebaran Covid-19 bisa terhenti.

Moderna Inc baru-baru ini memberikan kabar membahagiakan untuk seluruh negara yang memanfaatkan vaksin Moderna. Dimana sebelumnya vaksin yang satu ini hanya dapat diberikan untuk mereka yang berusia 18 tahun ke atas dan sedang menunggu tanggapan untuk usia 12 sampai 17 tahun, kini memberikan kabar terbaru jika vaksin Moderna terbukti aman untuk usia 6 hingga 11 tahun.

vaksin covid-19Vaksin Moderna/ Foto: Instagram.com/kemenkes_ri

Hal ini didapatkan setelah adanya respons kekebalan yang kuat untuk usia tersebut. Saat ini Moderna Inc berencana untuk segera mengirimkan data tersebut ke regulator global. 

Moderna menyampaikan jika vaksin dua dosisnya dapat menghasilkan antibodi penetral virus pada anak-anak dan keamanannya sebanding dengan yang sebelumnya terlihat dalam uji klinis remaja dan dewasa. Hal ini masih mengutip data sementara yang belum ditinjau rekan sejawat.

Nantinya, untuk anak berusia 6 sampai 11 tahun akan menerima vaksin Moderna dengan dosis 50 mikrogram, yaitu setengah dari kekuatan yang digunakan untuk vaksin utama orang dewasa dan sama dengan dosis booster yang diizinkan untuk usia dewasa. 

Hingga kini masih belum jelas kapan regulator AS akan mempertimbangkan vaksinasi untuk anak tersebut. 

Efek Samping Vaksinasi Covid-19Vaksinasi Covid-19/ Foto: Freepik.com/master1305

Rivalnya, yaitu Pfizer Inc dan BioNTech sudah lebih dulu disahkan untuk usia 12 tahun ke atas sejak Mei lalu. Sedangkan untuk anak usia 5 sampai 11 tahun, Panel PDA baru akan memutuskan direkomendasikan atau tidak vaksin Pfizer untuk usia anak tersebut pekan ini.

Dosis yang akan diberikan oleh Moderna ini 10 mikrogram lebih tinggi dari yang direncanakan oleh Pfizer untuk anak-anak. Lalu, seperti yang dilansir dari Reuters, Moderna mengatakan jika dalam uji coba pada 4.753 orang, efek sampingnya adalah sebagian besar ringan hingga sedang. 

Efek Samping Vaksinasi Covid-19Efek Samping Vaksinasi Covid-19/ Foto: Freepik.com

Adapun beberapa efek samping dari vaksin Moderna secara umum adalah sebagai berikut:

  • Kelelahan
  • Sakit Kepala
  • Demam
  • Nyeri di Tempat Suntikan

Untuk kabar yang sempat beredar, dimana vaksin Moderna dapat menyebabkan miokarditis tidak disampaikan oleh Moderna Inc. Namun, beberapa penelitian menunjukkan tingkat kejadian pada vaksin Moderna lebih tinggi dari penerima vaksin Pfizer ini mungkin karena dosis vaksinnya yang lebih kuat.

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id