sign up SIGN UP

3 Bumbu Dapur yang Dipercaya Ampuh Mencerahkan Wajah Secepat Kilat, Wah Antimahal Deh!

Octavia Tunggal Dewi | Beautynesia
Sabtu, 13 Aug 2022 15:30 WIB
3 Bumbu Dapur yang Dipercaya Ampuh Mencerahkan Wajah Secepat Kilat, Wah Antimahal Deh!
caption

Selain berfungsi sebagai racikan dalam memasak dan rempah-rempah dalam memasak yang menambah kelezatan makanan, ternyata sebagian bumbu dapur juga memiliki manfaat dalam membantu mencerahkan wajah lho.

Kandungan dalam beberapa bumbu dapur memiliki manfaat tersendiri bagi kulit wajah. Namun, hal ini jarang diketahui oleh masyarakat pada umumnya. Lalu, bumbu dapur apa saja yang dapat membantu mencerahkan wajah?

Nah ini dia deretan bumbu dapur yang mampu mencerahkan wajah secara alami. Simak yuk!

1. Kunyit

Kunyit
Kunyit/Foto: Freepik.com/Jigsawstocker

Bumbu dapur yang dapat mencerahkan wajah secara alami yang pertama yaitu kunyit. Kunyit memiliki kandungan kurkumin yang mempunyai sifat antioksidan serta anti inflamasi.

Dikutip dari Wolipop, kandungan tersebut dapat menghilangkan radikal bebas berbahaya di kulit. Selain itu, kunyit mampu meningkatkan produksi kolagen serta membuat kulit elastis dan bercahaya. Kamu cukup menjadikan kunyit sebagai masker wajah.

2. Jahe

Jahe
Jahe/Foto: Freepik.com/Racool_studio

Selain dapat dijadikan bumbu dapur dan jamu, ternyata jahe juga memiliki manfaat lain lho! Jahe termasuk salah satu bumbu dapur yang dapat membantu mencerahkan wajah.

Dikutip dari detikcom, jahe dapat berfungsi sebagai antiseptik serta pembersih untuk membantu mendetoks kulit kamu. Kandungan dari jahe bahkan juga mampu membantu membunuh bakteri, mengurangi kemerahan, mencegah kerusakan kulit, serta mencerahkan kulit yang kusam.

3. Cengkeh

Cengkeh
Cengkeh/Foto: Freepik.com/Rawpixel.com

Cengkeh bahkan mengandung antioksidan paling tinggi bila dibandingkan menggunakan rempah-rempah lainnya. Dikutip dari Wolipop, minyak cengkeh mempunyai kandungan yang dapat mengatasi rasa gatal serta memberikan sensasi menenangkan pada kulit.

Selain itu, cengkeh juga mengandung polifenol yang berfungsi menjadi antioksidan dan bersifat anti mikroba jika dioleskan pada kulit kamu. Menurut Valori Treloar, pakar dermatologi dari Massachusetts, cengkeh efektif digunakan sebagai cleanser untuk membersihkan kulit seperti residu makeup, kotoran, dan bakteri. Untuk penggunaannya, cengkeh alami bisa diolah menjadi minyak terlebih dahulu.

Nah Beauties, itu dia deretan bumbu dapur yang dapat membantu mencerahkan wajah. Tentunya bahan-bahan di atas aman digunakan di kulit wajah kalian karena tidak mengandung bahan-bahan kimia yang berbahaya. Semoga bermanfaat!

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id